Wajib tahu! Informasi terlengkap seputar akrilik

Pemilihan bahan baku akrilik sebagai perabotan rumah tangga merupakan tindakan yang tepat. Karena selain bahan baku ini membuat perabotan lebih kokoh dan tahan lama, tampilan fisik perabotannya membuat rumah terlihat lebih elegan.

Penggunaan dan pemilihan dekorasi atau hiasan yang tepat akan membuat Anda lebih betah tinggal berlama-lama di rumah. Karena selain memberikan efek elegan, akrilik juga bisa membuat rumah Anda tampak lebih indah dan tertata rapi seperti hunian baru lagi.

Selain itu, memilih produk furniture dan dekorasi dari bahan baku yang satu ini memiliki daya tarik tersendiri bagi masyarakat dan para pebisnis properti. Selain memiliki tampilan yang menarik, produk yang ditawarkan juga memiliki harga yang relatif lebih murah daripada bahan baku lainnya.

Penataan dekorasi dan pemilihan furniture yang tepat akan membuat rumah terasa lebih nyaman dan dapat menghilangkan rasa lelah setelah beraktifitas seharian diluar. Yuk, simak ulasan berikut untuk mengetahui fakta menarik mengenai pengertian akrilik beserta fakta menarik lainnya.

Pengertian dan jenis akrilik

Akrilik merupakan plastik polimer transparan yang berbentuk lembaran. Biasanya, bahan baku ini dijadikan sebagai bahan substitusi yang terbuat dari kaca dengan bobot yang sangat ringan. Bahkan persentase bobot bahan baku yang satu ini sekitar 30 persen lebih ringan daripada bahan baku kaca seperti pada umumnya.

Bahan baku yang satu ini berasal dari pencampuran bahan asam metacrilik dan methanol. Dari percampuran tersebut terbentuklah methyl methacrylate dan disebut sebagai akrilik yang pertama kali ditemukan pada tahun 1930. Bahan baku yang satu ini ditemukan oleh dua orang ilmuwan asal Inggris yang bernama John Crawford dan Rowland Hill.
Selain itu disaat yang bersamaan pada tahun 1933, dua orang kimiawan yaitu Haas AG dan Otto Rohm yang berasal dari Jerman juga menciptakan bahan baku akrilik. Mereka menciptakan bahan baku ini dengan cara memisahkan 2 molekul yang ada pada kaca.

Sebutan akrilik yang ditemukan oleh dua orang ilmuwan asal Inggris dan kimiawan asal Jerman ini memiliki sebutan yang berbeda-beda. Jenis akrilik yang ditemukan oleh John Crawford dan Rowland Hill disebut sebagai Perspex. Sedangkan hasil penemuan Haas AG dan Otto Rohm disebut dengan Plexiglass.

Selain mengetahui pengertian diatas, Anda juga perlu memahami 4 jenis akrilik yang paling umum dan mudah ditemukan. Berikut ini jenis-jenis akrilik yang bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan dan keinginan. 

1. Cast acrylic (akrilik cetak)

Pembuatan bahan baku Cast Acrylic melibatkan pencampuran bahan-bahan untuk kemudian di lelehkan dalam bentuk cairan panas. Setelah proses kimia dari pencampuran bahan selesai, cairan tersebut akan dituang ke dalam cetakan bentuk lembaran. Sehingga, dalam proses pembentukannya membutuhkan banyak tenaga manusia.
 

2. Extruded acrylic (akrilik ekstrusi)

Perbedaan Extruded Acrylic dengan Cast Acrylic terletak pada proses pembentukannya. Pada jenis ini, akrilik dibentuk menggunakan mesin yang secara otomatis menekannya menjadi bentuk tertentu, sehingga sedikit melibatkan tenaga manusia.

3. Clear acrylic sheeting (akrilik lembaran transparan)

Jenis ketiga adalah Clear Acrylic Sheeting yang menjadi bahan baku dekorasi paling mudah untuk Anda temukan. Dalam bentuk lembaran transparan, jenis bahan baku yang satu menjadi salah satu bahan pengganti kaca untuk membuat meja makan. 
 

4. Colored acrylic sheeting (akrilik lembaran berwarna)

Untuk membuat rumah lebih berwarna dan elegan, memilih bahan baku dekorasi dari Colored Acrylic Sheeting adalah pilihan yang tepat. Karena Anda bisa memilih perpaduan warna sesuai dengan keinginan Anda.

Kelebihan dan kekurangan akrilik

Kelebihan Kekurangan
Transfer cahaya lebih mudah Mudah patah jika terkena tekanan sangat keras
Tahan panas Mudah kotor
Lebih kuat dari kaca Tidak tahan gores
Dapat dicetak dalam berbagai bentuk Tidak tahan panas dalam suhu tertentu

Perawatan Furniture berbahan akrilik

Membahas furniture dari bahan akrilik tentu banyak macamnya. Namun pastikan Anda melakukan perawatan rutin sehingga perabotan di rumah berbahan akrilik dapat bertahan lama. Bagaimana cara merawatnya? Berikut tim IKEA berikan beberapa cara mudah merawat akrilik berikut ini. 

1. Bersihkan debu

Bersihkan debu yang menempel pada setiap bagian furniture akrilik. Gunakan kemoceng yang berbahan halus demi menghindari goresan pada akrilik tersebut. Selain kemoceng, Anda juga bisa menggunakan kanebo untuk membersihkan debu dari akrilik.  Pastikan kanebo dalam keadaan lembab sehingga bisa mengangkat kotoran pada lapisan akrilik.
 

2. Semprotkan spray wax

Setelah menghilangkan debu, gunakan spray wax untuk mengembalikan kilap pada akrilik sehingga kembali kinclong seperti baru. 

Produk IKEA dengan bahan akrilik yang menarik

Rekomendasi dekorasi akrilik di Rumah yang hemat bujet merupakan salah satu rekomendasi yang seringkali masyarakat cari. Berikut ini 6 rekomendasi produk dari IKEA yang bisa Anda pilih untuk membuat rumah lebih terasa nyaman.

1. Set meja makan akrilik

Salah satu rekomendasi dekorasi yang hemat bujet untuk rumah minimalis Anda adalah set meja makan akrilik. Selain memiliki harga yang lebih terjangkau, dekorasi yang satu ini lebih kuat dan tahan lama.

2. Laci serbaguna akrilik

Pemilihan laci dari jenis bahan baku Clear Acrylic Sheeting adalah hal yang sangat tepat. Selain karena harganya yang cukup terjangkau, Anda juga bisa dengan mudah menemukan barang-barang yang ada di dalamnya karena bahan baku yang transparan.

3. Meja ruang tamu akrilik

Rekomendasi produk IKEA yang pertama adalah meja ruang tamu. Untuk membuat rumah terasa lebih nyaman, Anda bisa menempatkan meja yang estetik dan bagus. Sehingga, Anda bisa membuat suasana ruang tamu lebih nyaman untuk ditempati dalam jangka waktu yang cukup lama.
 

4. Kursi akrilik

Selanjutnya adalah memilih kursi yang terbuat dari bahan baku akrilik. Selain untuk membuat dekorasi lebih bagus, kursi yang satu ini lebih nyaman dipakai, kuat, awet dan tahan lama.
 

5. Toples akrilik

Kemudian bagi ibu rumah tangga, memilih toples wadah makanan ringan dari bahan baku akrilik adalah hal yang sangat tepat. Selain memiliki tampilan yang menarik dan bagus, toples dari bahan baku ini bisa membuat makanan didalamnya tampak lebih menggugah selera.

6. Rak akrilik

Terakhir, Anda bisa memilih rak untuk meletakkan buku ataupun aksesoris kecantikan yang elegan dan modern. Dengan banyaknya pilihan tampilan toples, Anda bisa memilih toples dengan warna dan bentuk sesuai dengan keinginan.
Bagaimana, menarik bukan beberapa ulasan di atas untuk membuat Anda lebih mudah memilih beberapa produk atau dekorasi IKEA dari bahan baku akrilik. Demikian ulasan singkat mengenai akrilik, semoga bermanfaat.



cross