Produk Pembanding

Anda memiliki dari 8 produk yang dapat dibandingkan.

Produk Pembanding

Anda memiliki dari 8 produk yang dapat dibandingkan.


Bandingkan sekarang

Tempat tidur tingkat sebagai solusi untuk kamar tidur kecil

inspirasi tempat tidur tingkat
Tidur adalah hal paling mendasar bagi setiap orang dan tidur yang sempurna selalu dimulai dari tempat tidur yang nyaman. Tempat tidur yang dapat mengakomodasi berbagai kebutuhan untuk mengawali dan mengakhiri hari Anda. Namun ada beberapa masalah yang akan membuat tidur Anda tidak nyenyak ketika Anda belum menemukan tempat tidur yang tepat. 
 
Apakah Anda memiliki ruangan yang berukuran kecil dan tidak sebanding dengan jumlah anggota keluarga yang banyak? Atau rumah Anda sering didatangi tamu jauh yang ingin menginap namun Anda tak memiliki tempat tidur ekstra? Coba siasati masalah Anda dengan cerdas menggunakan solusi tempat tidur tingkat yang dapat mengakomodasi berbagai macam kebutuhan Anda. Tempat tidur tingkat dapat dipergunakan oleh dewasa dan juga anak-anak, karena itulah sangat tepat bagi Anda yang memiliki ukuran ruangan yang terbatas. Maksimalkan penataan ruang dengan baik menggunakan kreativitas dan daya imajinasi Anda agar dapat menciptakan kamar tidur yang tetap terasa nyaman walaupun berukuran mungil.

Tentunya memilih tempat tidur tingkat memang tidak semudah yang Anda bayangkan. Ada banyak hal yang harus Anda perhatikan dengan seksama ketika akan menggunakan tempat tidur tingkat untuk ruang Anda, seperti apa saja kebutuhan yang ingin Anda penuhi, dan tentunya juga dari segi kenyamanan maupun segi keamanannya.
 

Jenis-jenis tempat tidur tingkat:

1. Tempat tidur tingkat dengan dua tempat tidur yang bagian bawah ranjangnya diperuntukkan sebagai tempat penyimpanan

 Tempat tidur tingkat dengan dua tempat tidur yang bagian bawah ranjangnya
Tempat tidur tingkat dengan dua tempat tidur yang dapat

Tempat tidur tingkat ini memiliki dua tempat tidur di bagian bawah dan atas, yang dapat menampung dua orang. Pada bagian bawah ranjang terdapat ruang ekstra yang dapat dimanfaatkan dengan baik untuk penyimpanan tambahan. Letakkan kotak penyimpanan untuk perlengkapan tidur cadangan, seperti seprai, quilt, sarung quilt, sarung bantal, selimut kecil, bantal sofa, dan sebagainya agar terlindung dari debu dan kotoran. Mudah ditarik karena tempat penyimpanan dilengkapi gagang. Anda juga dapat memanfaatkan kotak penyimpanan untuk menyimpan barang-barang musiman yang sedang tidak digunakan.


Apabila Anda tinggal sendiri, ranjang bagian bawah tempat tidur tingkat dapat dimanfaatkan sebagai tempat tidur serbaguna, misalnya sebagai tempat duduk-duduk yang nyaman untuk membaca ataupun mengerjakan berbagai hobi kegemaran Anda, dapat juga menjadi tempat favorit teman-teman Anda ketika mereka datang berkunjung. Dan apabila teman Anda ada yang ingin menginap, tentu bisa menggunakan ranjang cadangan ini. Lalu ranjang bagian atas diperuntukkan khusus sebagai tempat tidur Anda agar terasa lebih personal. Tangganya dapat dipasang di sisi kanan atau di sisi kiri tempat tidur tingkat menyesuaikan kebutuhan Anda.  

Anda juga dapat menambahkan fungsi lain pada dinding-dinding tempat tidur tingkat, seperti memasang pengait, gantungan, papan to-do-list ataupun rak yang sesuai dengan aktivitas Anda.
 

2. Tempat tidur tingkat dengan dua tempat tidur yang dapat dijadikan ranjang twin
tempat tidur tingkat dengan tiga tempat tidur
Tempat tidur anak tingkat jenis ini dapat diubah menjadi dua tempat tidur single. Tempat tidur anak tingkat ini dapat ini digunakan selama bertahun-tahun mengikuti pertumbuhan anak Anda, yaitu ketika anak-anak Anda masih kecil, gunakan tempat tidur tingkat. Lalu dapat diubah menjadi ranjang twin ketika mereka telah beranjak dewasa untuk memberikan privasi dan kenyamanan lebih.
 

3. Tempat tidur tingkat dengan tiga tempat tidur

Tempat tidur tinggi
Ukur luas ruangan untuk tempat tidur tingkat
Tempat tidur tingkat multifungsi yang sangat praktis ini dapat dikombinasikan dengan tempat tidur tarik tambahan yang diletakkan di bagian bawahnya. Tempat tidur tingkat tipe ini dapat memberikan Anda lebih banyak ruang untuk bersantai dan bermain, dan Anda juga akan memiliki tempat khusus bagi teman yang ingin menginap. Tangganya dapat dipasang di sisi kanan atau di sisi kiri tempat tidur tingkat menyesuaikan kebutuhan dan preferensi Anda.  
 

4. Tempat tidur tinggi

Tentukan jenis tempat tidur tingkat yang diinginkan
tempat tidur tingkat anak
Tentukan fitur tempat tidur tingkat yang dibutuhkan
Tempat tidur tinggi sangat cocok ketika Anda ingin mengkombinasikan beberapa fungsi sekaligus di dalam ruang berukuran terbatas. Ketinggiannya dapat menciptakan ruang yang nyaman di bawahnya untuk berbagai aktivitas seperti area duduk untuk bersantai, ruang kerja, ruang pakaian – ataupun tempat untuk memarkir sepeda kesayangan. Anda dapat menentukan sendiri dimana letak tangganya karena dapat dipasang di sisi kanan atau di sisi kiri menyesuaikan keinginan Anda.
 

Berikut ini adalah tips membeli tempat tidur tingkat: 

 Tentukan material dan gaya tempat tidur tingkat yang diinginkan

1. Ukur luas ruangan untuk tempat tidur tingkat

Tempat tidur tingkat sangat tepat untuk Anda yang memiliki ukuran ruangan yang kecil namun akan memiliki banyak kelebihan juga jika diletakkan di ruangan besar. Mulailah mengukur ruangan Anda. Hitung luas area lantai dan juga tinggi plafon. Sisakan ruang yang cukup antara tempat tidur tingkat dan plafon untuk mencegah kepala Anda terbentur. Meskipun ketinggian tempat tidur bervariasi, namun rata-rata ketinggiannya adalah 1,5 sampai 1,8 meter.  
 

2. Tentukan jenis tempat tidur tingkat yang diinginkan

Ada beberapa jenis tempat tidur tingkat yang dapat memenuhi berbagai kebutuhan, seperti tempat tidur tingkat dua tempat tidur dengan bagian bawah bisa untuk tempat kotak penyimpanan, tempat tidur tingkat dua tempat tidur yang dapat dijadikan tempat tidur twin, tempat tidur tingkat dengan tiga tempat tidur, tempat tidur tinggi dengan bagian bawah yang dapat disesuaikan dengan kegiatan Anda.  Dari sisi desain pun, Ada berbagai pilihan tempat tidur tingkat mulai dari model tempat tidur tingkat minimalis modern sampai desain tradisional.
 

3. Tentukan fitur tempat tidur tingkat yang dibutuhkan

Ada berbagai fitur yang dapat ditambahkan untuk mengakomodasi kebutuhan Anda di kamar tidur. Fitur khusus, seperti area kerja, tempat penyimpanan, dan juga area duduk untuk bersantai dapat mendukung Anda untuk memilih tipe tempat tidur tingkat seperti apa yang paling tepat untuk Anda. 
 

4. Tentukan material dan gaya tempat tidur tingkat yang diinginkan

Tempat tidur tingkat memiliki bermacam material yang dapat Anda pilih menyesuaikan keinginan Anda, seperti kayu, kayu solid, dan baja. Tempat tidur tingkat dengan bahan baja sangat kuat dan kokoh. Sedangkan bahan kayu padat yang tidak diolah dapat bertahan dalam kurun waktu yang lama. Dapat dicat dengan warna favorit dan dapat pula didaur ulang. Bahan kayu solid adalah bahan alami yang tahan pakai dan dapat memberikan nuansa hangat di ruangan Anda. Sesuaikan pilihan material dengan konsep desain rumah Anda secara keseluruhan agar terlihat serasi.

Untuk kamar anak, lebih baik menggunakan tempat tidur tingkat dengan bahan kayu karena bahan baja untuk tempat tidur tingkat lebih berisiko yaitu licin, dingin dan keras jika terbentur. Bahan kayu cenderung lebih aman dan dapat membuat nuansa kamar tidur menjadi lebih hangat.    

Bahan kayu yang dipakai untuk tempat tidur tingkat oleh IKEA seluruhnya terbuat dari bahan yang terbarukan. Kami memiliki persyaratan jelas untuk kayu yang kami gunakan, termasuk larangan penebangan kayu secara illegal. Pada tahun 2020, kami ingin semua bahan kayu berasal dari sumber yang lebih berkelanjutan, yang berarti kayu yang bersertifikasi atau daur ulang, dan tentu ramah lingkungan. 
 

5. Pastikan tempat tidur tingkat terpasang dengan benar agar aman

Tempat tidur anak tingkat wajib untuk dipasang dan dikencangkan ke dinding agar aman dan tidak terbalik lalu mencelakakan Anda. Tempat tidur anak tingkat bagian atas dan tempat tidur tinggi tidak cocok untuk anak berusia dibawah usia 6 tahun untuk menghindari risiko terluka akibat terjatuh. Penting untuk tidak memasang kait pada tempat tidur atau menggantung tali atau sabuk yang dapat mengganggu anak-anak saat bermain. Beban maksimal mengindikasikan berat statis, dengan kata lain beban yang dapat ditahan tempat tidur jika Anda berbaring atau duduk di atasnya.
 
Kami yakin kreativitas selalu menginspirasi, dan IKEA bangga menjadi bagian dari kreasi dekorasi rumah Anda. Namun, jika perabot dimodifikasi sehingga mengubah fungsi asli, maka ini akan mengakhiri masa garansi.

Penulis: Ayu Nindyakirana