Lakukan 5 Hal Ini Agar Sepatumu Bebas Jamur

Sepatu yang disimpan dalam keadaan lembap seringkali mengundang pertumbuhan jamur. Misalnya saat Anda mencuci sepatu namun sepatu belum kering sepenuhnya. Atau sepatu basah karena keringat dan disimpan saat masih lembap. Lemari penyimpanan sepatu yang gelap dan lembap juga merupakan tempat yang sempurna untuk jamur berkembang biak.  Sepatu yang dihinggapi jamur tentu akan lebih cepat rusak dan tidak awet. Berikut beberapa cara untuk mencegah jamur muncul di sepatu Anda.
 

Cara Menyimpan Sepatu Yang Benar

1. Keringkan sepatu dengan benar

Setelah menggunakan atau mencuci sepatu, keringkan di tempat yang berventilasi baik. Beberapa jenis sepatu tertentu bahkan dapat dijemur di bawah sinar matahari langsung. Atau bisa juga menggunakan pengering rambut dengan tingkat panas rendah untuk mempercepat proses pengeringan.

2. Gunakan bungkus gel silika

Biasanya saat membeli sepatu baru, Anda akan menemukan bungkusan gel silika. Jangan dibuang, karena fungsinya adalah untuk menyerap kelembapan berlebih serta menghilangkan bau tidak menyenangkan dari sepatu. Letakkan di dalam dan di sekitar sepatu Anda agar tetap kering saat disimpan.
 

3. Sumpal dan bungkus sepatu dengan tisu bebas asam 

Kertas tisu penyerap dan bebas asam mempertahankan tingkat kelembapan yang tepat. Masukkan secukupnya ke dalam sepatu lalu bungkus dan letakkan di tempat penyimpanan. Cara ini dapat membantu menjaga sepatu Anda tahan lama serta mempertahankan bentuk sepatu.

4. Pilih penyimpanan sepatu yang cocok

Penyimpanan sepatu juga berperan penting dalam mencegah tumbuhnya jamur pada sepatu. Sebaiknya gunakan rak atau kabinet terbuka untuk menyimpan sepatu yang sering Anda kenakan. Tujuannya adalah agar udara bersirkulasi dengan baik di dalam dan sekitar sepatu Anda sehingga sepatu tetap kering dan tidak bau. Sedangkan untuk sepatu yang jarang digunakan, Anda dapat memilih solusi penyimpanan tertutup seperti lemari kaca atau kabinet tertutup. Cara ini membuat sepatu terlindung dari debu, kotoran, ataupun suhu ekstrem. Namun pastikan terlebih dahulu bahwa sepatu sudah bersih dan kering, serta dibungkus dengan aman sehingga tahan lama. Buka lemari setidaknya seminggu sekali untuk mengontrol kelembapan dan suhu di dalam penyimpanan. Kelembaban tinggi dan suhu rendah mendukung pertumbuhan jamur, yang membuat sepatu rapuh, melemahkan kain, dan menyebabkan lem menjadi longgar.
 

5. Bersihkan sepatu secara berkala

Tips terakhir adalah membersihkan sepatu secara teratur. Anda perlu sering membersihkan sepatu untuk mencegah jamur pada sepatu. Keringkan sepatu bersih dengan cairan khusus pembersih sepatu untuk menghilangkan debu permukaan, atau cuci sepatu dengan air dan deterjen ringan.
Demikian tips-tips menjaga sepatu dari jamur dan cara menyimpan sepatu yang benar. Jika Anda sedang mencari tempat penyimpanan yang pas untuk sepatu Anda, IKEA menyediakan beragam solusi dan inspirasi penyimpanan sepatu mulai dari kotak penyimpanan gantung, pengait, rak dinding, hingga lemari kaca display, kabinet dan sebagainya. Nikmati juga penawaran menarik dari program sale akhir tahun untuk perabot dan aksesori IKEA selama periode berlangsung.

TRONES

Kabinet/tempat sepatu, hitam, 52x18x39 cm

Rp499.000

Rp449.000

25 Nov 2022 - 29 Des 2022

atau selama persediaan masih ada

Tersedia lebih banyak pilihan

0 (0)

KLEPPSTAD

Lemari pakaian 2 pintu, putih, 79x176 cm

Rp1.799.000

Rp1.499.000

25 Nov 2022 - 29 Des 2022

atau selama persediaan masih ada

Tersedia lebih banyak pilihan

0 (0)

KLEPPSTAD

Lemari pakaian dg pintu geser, putih, 117x176 cm

Rp2.899.000

Rp2.499.000

25 Nov 2022 - 29 Des 2022

atau selama persediaan masih ada

0 (0)

KLEPPSTAD

Lemari pakaian 3 pintu, putih, 117x176 cm

Rp2.399.000

Rp1.999.000

25 Nov 2022 - 29 Des 2022

atau selama persediaan masih ada

Tersedia lebih banyak pilihan

0 (0)


cross