Cari tahu jenis dan bahan handuk beserta kegunaan

Handuk adalah salah satu benda yang penting di rumah. Handuk digunakan untuk mengeringkan tubuh setelah mandi atau mencuci wajah. Tapi tahukah Anda, selain handuk mandi masih ada banyak jenis handuk lain dengan fungsi yang berbeda. Tidak hanya jenisnya, bahan-bahan handuk pun juga beragam dengan kelebihan serta kekurangannya masing-masing. Yuk cari tahu apa saja kegunaan handuk berdasarkan jenis dan bahannya.

Jenis dan kegunaan handuk

1. Handuk mandi

Sesuai dengan namanya, kegunaan handuk mandi adalah untuk mengering tubuh setelah mandi. Ukuran handuk mandi biasanya besar sekitar 70x140cm, hal ini untuk memudahkan Anda mengeringkan semua bagian tubuh. Saat memilih handuk mandi, pastikan Anda memilih handuk yang mudah menyerap sehingga Anda dapat mengeringkan tubuh lebih cepat.
 

2. Handuk wajah

Setelah mencuci muka hindari mengeringkan wajah dengan handuk mandi yang biasa Anda pakai. Hal ini dikarenakan handuk mandi yang lembap menjadi tempat yang nyaman bagi bakteri untuk berkembang. Agar lebih higienis pastikan Anda memiliki handuk wajah untuk rutinitas mencuci muka Anda. Handuk wajah juga biasanya memiliki bahan yang lebih halus dibandung handuk mandi sehingga tidak membuat kulit wajah menjadi iritasi, terutama jika wajah Anda termasuk tipe yang sensitif. Ukuran handuk wajah relatif kecil karena memang kegunaan handuk ini hanya untuk mengeringkan wajah.
 

3. Handuk kepala

Jika handuk mandi untuk mengeringkan badan, kegunaan handuk kepala adalah untuk mengeringkan rambut serta kulit kepala yang basah. Ukuran handuk tidak sebesar handuk mandi namun tidak sekecil handuk wajah. Handuk kepala biasanya memiliki ukuran sekitar 70x30 cm, cukup untuk mengeringkan rambut Anda setelah keramas. Mengeringkan rambut dengan handuk kepala dipercaya lebih baik untuk kesehatan rambut dibandingkan dengan menggunakan hairdryer, meskipun Anda perlu waktu lebih sampai rambut benar-benar kering.
 

4. Jubah handuk

Saat Anda menginap di hotel terutama hotel bintang 5 tentu Anda akan menemukan handuk satu ini, yaitu jubah handuk. Jubah handuk berfungsi untuk mengeringkan seluruh tubuh secara perlahan sambil Anda dapat melakukan aktivitas lain, misalnya menggunakan skincare atau mengeringkan rambut. Jubah handuk juga sangat berguna saat Anda akan berenang. Jubah handuk akan menutupi dan membuat tubuh Anda lebih hangat saat keluar dari kolam renang dan berjalan ke kamar mandi untuk bilas.
 

5. Handuk tangan

Handuk tangan biasanya ditempatkan di dekat area wastafel, wastafel kamar mandi maupun dapur. Sesuai dengan namanya kegunaan handuk tangan adalah untuk mengeringkan tangan setelah Anda mencuci tangan. Menggunakan handuk tangan tentu lebih ramah lingkungan ketimbang Anda menggunakan tissue untuk mengeringkan tangan.
 

6. Keset handuk

Kegunaan keset handuk adalah menjaga area lantai tetap kering terutama area depan kamar mandi. Dengan keset handuk Anda dapat mengurangi resiko tergelincir karena kegunaan keset ini adalah menjaga kaki Anda agar tetap kering. Karena sering digunakan di dekat area basah, sebaiknya Anda mengganti keset handuk tiga hari sekali untuk mencegah berkumpulnya bakteri di sela-sela handuk.

AVLOPPSBRUNN

Karpet, bulu tipis, merah geometris, 120x180 cm

Rp1.499.000

Tersedia lebih banyak pilihan

0 (0)

VATTENSKIDOR

Karpet, bulu tipis, merah, 120x180 cm

Rp2.299.000

Tersedia lebih banyak pilihan

0 (0)

BUSSFIL

Karpet, bulu tipis, biru tua, 120x180 cm

Rp1.499.000

Rp1.399.000

25 Nov 2022 - 29 Des 2022

atau selama persediaan masih ada

Tersedia lebih banyak pilihan

0 (0)

BUSSFIL

Karpet wol/nilon, bulu tipis, abu-abu tua, 120x180 cm

Rp1.499.000

Tersedia lebih banyak pilihan

0 (0)

RUMSMALVA

Bantal ergonomis, tidur terlentang/miring, 50x80 cm

Rp299.000

Rp269.000

25 Nov 2022 - 29 Des 2022

atau selama persediaan masih ada

0 (0)

NATTJASMIN

Sarung bantal, abu-abu toska, 50x80 cm

Rp99.900

Rp49.900

25 Nov 2022 - 29 Des 2022

atau selama persediaan masih ada

0 (0)

INGRUN

Selimut kecil, abu-abu, 130x170 cm

Rp249.000

Rp149.000

25 Nov 2022 - 29 Des 2022

atau selama persediaan masih ada

Tersedia lebih banyak pilihan

0 (0)

LENDA

Gorden dengan pengikat, 1 pasang, putih, 140x250 cm

Rp349.000

Tersedia lebih banyak pilihan

0 (0)

BOWLINGHALL

Karpet, bulu tipis, putih/hitam silang, 120x180 cm

Rp1.799.000

0 (0)

Bahan-bahan handuk

1. Handuk microfiber

Bahan microfiber adalah bahan sintetis yang diameternya lebih tipis dibanding helaian rambut. Karena itu bahan microfiber sangat cepat dan sangat banyak meyerap air. Selain digunakan sebagai handuk, bahan microfiber juga sering dipakai sebagai bahan lap. Handuk berbahan microfiber cenderung lebih cepat kering dibanding handuk bahan lain.
 

2. Handuk katun

Kegunaan handuk katun biasanya untuk mengelap wajah atau tubuh karena handuk katun memiliki bahan yang lembut dan dapat menyerap air dengan cepat. Katun sendiri merupakan serat kapas yang kemudian diolah menjadi benang.
 

3. Handuk serat bambu

Handuk serat bambu memiliki bahan yang lebih lembut dibandingkan katun. Selain itu kelebihan handuk serat bambu adalah ia memiliki anti bakteri alami yang mencegah bakteri berkembang biak dan cocok digunakan untuk Anda yang memiliki kulit sensitif.

Jarang diketahui bahwa handuk memiliki banyak sekali jenis dan bahan. Tentu saja fungsi handuk pun berbeda-beda sesuai dengan jenisnya. Itulah beberapa jenis dan kegunaan handuk yang perlu Anda ketahui. Apakah Anda sudah memiliki semua jenis handuk di atas? Dapatkan handuk berkualitas dengan harga terjangkau di Promo IKEA 11.11. Nikmati diskonnya selama periode promo.

cross