Inspirasi dekorasi setiap ruangan dengan wallpaper

Estetika dinding tak melulu hanya melibatkan pemilihan warna cat yang tepat. Menggunakan wallpaper dengan motif yang senada dengan konsep interior secara keseluruhan, ternyata juga dapat mengubah mood ruangan dalam waktu singkat. Selain lebih efisien dan juga hemat waktu, pemasangan wallpaper ini juga bisa menjadi solusi bagi Anda yang senang mengubah konsep ruangan di rumah setiap tahun.

Tentunya, setiap ruang di rumah Anda membutuhkan konsep wallpaper yang berbeda. Simak beberapa inspirasi pemasangan wallpaper untuk hunian Anda dalam artikel berikut ini.

Pemasangan wallpaper untuk setiap ruangan di hunian

Wallpaper memang memiliki banyak warna, corak, dan juga style yang menarik. Tidak hanya itu, pemasangannya pun relatif mudah serta bisa dilakukan sendiri di rumah. Tak heran jika banyak pemilik hunian yang menggunakan wallpaper sebagai alternatif dekorasi dinding selain cat.
Hanya saja, sebelum mulai memasang wallpaper di rumah, sebaiknya ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan, yakni:
  • Perencanaan. Agar pemasangan wallpaper di rumah lebih sukses, pikirkan dulu matang-matang mengenai penggunaannya. Mulai dari pemilihan motif, berapa banyak kertas yang dibutuhkan, dan lokasi pemasangan. Memiliki perencanaan yang matang akan membuat Anda memiliki plan dan tahu apa saja yang perlu dipersiapkan.
  • Konsep ruangan. Seperti yang sudah disinggung di atas, setiap ruangan memiliki konsep yang berbeda. Ada gaya yang ditonjolkan dalam setiap area di rumah, misalnya ruang tamu mengesankan nuansa hangat dan welcome, ruang makan mengangkat nuansa yang ceria, ruang kerja dengan nuansa semiformal, dan lain sebagainya. Tentunya, pemilihan wallpaper perlu dipertimbangkan dengan melihat konsep ruang ini, ya.
  • Sesuaikan dengan furnitur. Selain menyesuaikan dengan konsep ruangan, mempertimbangkan pemilihan wallpaper dengan furniture yang sudah ada juga bisa dijadikan pilihan. Motif senada dengan furnitur Anda di rumah bisa memberikan kesan elegan secara keseluruhan.

Pemasangan wallpaper untuk setiap ruangan di hunian

Setelah tiga poin di atas sudah dipersiapkan dan direncanakan secara matang, barulah kita simak inspirasi pemasangan wallpaper untuk setiap ruang di hunian Anda.
 

Ruang tamu

Sebagai area yang digunakan untuk menyambut kerabat yang datang ke rumah, ruang tamu memang membutuhkan perlakuan khusus dan didesain sedemikian rupa. Ruang tamu diharapkan dapat memberikan persona dan juga menjadi perwakilan identitas si pemilik rumah. Untuk menghadirkan kesan tersebut, Anda bisa menggunakan wallpaper motif marmer yang elegan dan juga hangat atau bahkan motif lain yang senada dengan selera Anda.
Selain itu Anda juga bisa melengkapi estetika dinding dengan memadankannya bersama sofa di rumah. Misalnya, jika sofa di ruang tamu berwarna nude atau bahkan cokelat muda, untuk wallpaper Anda bisa memilih solid color atau mungkin motif floral yang simpel serta menawan. Bisa juga memilih motif ruang tamu seperti batu concrete untuk menghadirkan kesan modern nan artistik.

Kamar tidur

Kamar yang nyaman akan membuat tidur menjadi lebih nyenyak dan meningkatkan kualitas hidup. Untuk itu, tak sedikit dari Anda yang melengkapi kamar tidur dengan kasur empuk serta berkualitas. Hanya saja, menciptakan kenyamanan kamar tidur tidak melulu ditunjang dengan kasur yang bagus, lho.
Anda juga bisa menambahkan elemen-elemen dekoratif di kamar, misalnya saja dengan mempercantik area dinding. Untuk menghadirkan kesan tenang dan zen, Anda bisa memilih wallpaper yang menunjang Japan style, misalnya saja dengan palet warna kayu atau earthy tones yang sederhana. Atau bisa juga menggunakan motif wallpaper sederhana dengan aksen geometris yang mungil.

Kamar anak

Mendekorasi kamar anak tak melulu harus dengan menghadirkan berbagai permainan di dalamnya. Anda juga bisa lho menggunakan wallpaper untuk membuat kamar terasa semarak, serta memantik imajinasi dan kreativitas anak. Misalnya, bisa dengan menggunakan wallpaper bermotif hutan, ruang angkasa, atau bahkan tokoh kartun favoritnya.
Jika anak memang sudah cukup besar untuk dilibatkan, ajak anak untuk memilih wallpaper kesukaan untuk menghias kamarnya. Dengan demikian, anak akan semakin betah dan nyaman menghabiskan waktu di dalam kamarnya. Supaya makin menarik, sesuaikan juga wallpaper dengan furniture yang sudah ada di dalam rumah, ya!

Ruang makan

Khusus untuk ruang makan, motif wallpaper dinding herringbone juga sangat cocok untuk dijadikan pilihan. Herringbone sendiri merupakan sebuah motif yang membentuk pola tulang ikan, sehingga menghasilkan nuansa minimalis dan juga menawan. Wallpaper ini cocok digunakan untuk menghias ruang makan Anda, terutama jika nuansa di ruang makan mengangkat konsep hunian modern atau Skandinavia. Padankan dengan meja makan yang terbuat dari kayu untuk menonjolkan kesan ceria serta hangat di ruang makan, ya!

Dapur

Tidak hanya ruang makan, dapur juga bisa didekorasi dengan menggunakan wallpaper. Selain lebih efisien dan ekonomis karena ramah di kantong jika dibandingkan melapisi dinding dengan keramik, pilihan opsi wallpaper yang digunakan juga lebih beragam. Misalnya saja, jika Anda ingin menghadirkan nuansa dapur yang clean, Anda bisa memilih wallpaper dengan motif marmer putih.
Jika ingin menghadirkan nuansa Japandi, Anda bisa melapisi dinding dengan wallpaper bermotif bata putih dan memadukannya dengan kitchen set kayu. Jika ingin membuat dapur terasa lebih cerah, bisa juga memilih lapisan kertas dengan motif geometri sederhana – seperti segi enam, misalnya.

Ruang kerja

Keberadaan ruang kerja di rumah memang sudah menjadi hal yang biasa, terutama di era work from home seperti sekarang. Area mungil di rumah disulap sedemikian rupa untuk menjadi ruang bekerja yang nyaman, fokus, dan juga tanpa distraksi. Nah, mengingat ruang kerja biasanya tidak memiliki ruang yang terlalu luas, Anda tidak perlu memasang wallpaper pada keseluruhan dinding.
Sebagai inspirasi, Anda bisa memberikan aksen pada salah satu dinding, dengan menambahkan sebidang wallpaper saja. Atau jika ingin tetap menggunakan wallpaper full, Anda bisa memilih warna yang agak gelap agar bisa bekerja lebih fokus dan membuat ruangan terlihat lebih berkelas.

Kamar mandi

Terakhir adalah kamar mandi. Meskipun tidak banyak orang yang memilih untuk mendekorasi dinding kamar mandi dengan wallpaper, namun tak ada salahnya untuk dicoba. Entah itu untuk menghadirkan suasana minimalis, kontemporer, klasik Victorian style, atau bahkan Japandi, semuanya bisa dengan menggunakan pilihan motif wallpaper yang tepat.
Sesuaikan juga dengan wastafel, lantai keramik, atau bathtub yang sudah ada di kamar mandi. Sempurnakan tampilan kamar mandi Anda dengan kaca bundar atau bahkan rak minimalis untuk menyimpan peralatan mandi agar tampilan semakin memukau.

Itu dia rekomendasi pemasangan wallpaper untuk setiap ruang di hunian Anda, semoga menginspirasi, ya! Buat rumah lebih nyaman dengan melakukan personalisasi di setiap ruang. Jangan lupa juga lengkapi setiap ruangan di rumah Anda dengan aneka furnitur multifungsi dari IKEA agar dekorasi rumah lebih modern. Yuk, wujudkan rumah nyaman bersama IKEA!



cross