Produk Pembanding

Anda memiliki dari 8 produk yang dapat dibandingkan.

Produk Pembanding

Anda memiliki dari 8 produk yang dapat dibandingkan.


Bandingkan sekarang

7 pilihan sofa ruang tamu kecil agar ruangan terasa lebih luas

Sofa adalah salah satu perabot utama di ruang tamu. Oleh karena itu desain sofa yang Anda pilih berpengaruh besar pada suasana ruang tamu atau ruang keluarga. Ketika Anda memiliki ruang tamu yang kecil, sofa yang digunakan pun harus dapat menyesuaikan agar ruangan tidak terkesan sempit. Berikut ini beberapa pilihan sofa ruang tamu kecil yang dapat Anda gunakan untuk menyiasati luas ruangan.

Sofa ruang tamu kecil bentuk L untuk kesan ruangan yang lebih luas 

Sofa bentuk L cocok untuk ruang tamu kecil karena menciptakan ilusi ruang yang lebih luas. Sofa ini dapat memberi kesan terbuka pada ruang tamu Anda sehingga ruangan akan terlihat lebih lengang. Tak hanya dapat menciptakan kesan luas, sofa bentuk L juga lebih nyaman digunakan untuk bersantai karena dilengkapi dengan kursi malas sehingga Anda dapat berbaring dan meregangkan kaki. Sofa bentuk L juga menyediakan ruang yang cukup luas ketika Anda membutuhkan tempat duduk untuk tamu yang datang. Dengan sofa bentuk L Anda dapat menampung hingga 4-5 orang. 

Dari segi penempatan, sofa ruang tamu kecil bentuk L sempurna ditempatkan di tengah ruang atau di area sudut sehingga Anda dapat dengan mudah menatanya. Anda juga dapat menggunakan sofa bentuk L menjadi pembatas ruang sempurna jika ruang tamu Anda terhubung langsung dengan ruangan lainnya. Jika Anda membutuhkan sofa dan solusi penyimpanan, banyak sofa bentuk L yang hadir dengan ruang penyimpanan di bagian dalamnya.

Sofa tempat tidur yang berfungsi selama 24 jam

Ketika Anda tinggal di sebuah apartemen studio di mana ruang tamu dan kamar menjadi satu, maka sofa ruang tamu kecil yang dapat dijadikan tempat tidur adalah pilihan yang sempurna. Dengan sofa tempat tidur, Anda dapat memiliki ranjang dan tempat duduk sekaligus. Perabot ini tentunya memungkinkan Anda untuk menghemat ruangan dan menghemat anggaran. Namun pastikan Anda memilih sofa tempat tidur yang sangat nyaman karena sofa tidak hanya digunakan sebagai tempat duduk tapi juga sebagai tempat tidur.
Jika Anda ingin membeli sofa tempat tidur, pastikan Anda memilih sofa dengan material ringan untuk memudahkan Anda saat akan membersihkan atau menata ulang perabot. Selain material yang ringan, sebaiknya Anda juga memilih sofa tempat tidur dengan sarung yang dapat dilepas. Hal ini penting karena sofa tempat tidur digunakan hampir 24 jam sehingga sarungnya perlu rutin dibersihkan. Dengan sarung yang dapat dilepas, sofa akan lebih mudah untuk dicuci.

Sofa dua dudukan untuk ruang tamu kecil

Saat memilih sofa, Anda perlu menyesuaikannya dengan kondisi ruangan dan kebutuhan Anda. Jika Anda tinggal sendiri dan ruang tamu memiliki luas terbatas, sofa dua dudukan adalah pilihan yang tepat. Ukurannya yang tidak terlalu besar cocok sebagai sofa ruang tamu kecil. Sebelum membeli sofa dua dudukan, pastikan Anda telah mengukur ruang tamu Anda karena setiap model sofa dua dudukan memiliki lebar yang berbeda-beda. 

Sesuaikan model sofa dua dudukan dengan desain ruang tamu Anda. Jika Anda memiliki ruang tamu bernuansa putih, Anda dapat menggunakan sofa warna putih untuk menciptakan kesan ruang lebih luas dan ‘clean’. Selain model, hal utama yang perlu diperhatikan adalah kenyaman dari sofa ruang tamu kecil yang akan dibeli. Pastikan dudukan serta sandaran sofa dapat menopang tubuh dengan baik sehingga Anda dapat merasa rileks. 

Baca juga: Memperkenalkan sofa baru yang dirancang untuk menyambut Anda

Sofa ruang tamu kecil dengan warna lembut

Ketika Anda mencari sofa ruang tamu kecil, pilihlah sofa dengan warna lembut dan netral seperti warna putih, abu-abu muda atau krem untuk menciptakan suasana lebih tenang dan lapang di ruangan yang luasnya terbatas. Hindari penggunaan sofa berwarna gelap atau terlalu terang di ruang tamu kecil karena akan membuat ruangan terlihat pengap. Tak hanya dari segi warna, untuk ruang tamu kecil, sofa polos lebih disarankan dibanding sofa bermotif. Sofa polos akan membuat suasana ruang yang sempit terasa lebih lega, sedangkan sofa bermotif ramai akan menciptakan kesan ruang yang semakin penuh.
Selain membawa ketenangan di ruang tamu, sofa ruang tamu kecil berwarna lembut juga lebih mudah dipadu-padankan dengan perabot rumah lainnya jadi Anda bebas berkreasi dengan beragam model dan warna perabot. Tak hanya itu, sofa berwarna lembut atau netral juga memiliki keindahan klasik yang tak akan lekang oleh waktu.

Sofa ruang tamu kecil dengan penyimpanan

Sofa ruang tamu kecil haruslah multifungsi, misalnya dapat menjadi solusi penyimpanan juga agar Anda tidak perlu memenuhi ruangan dengan banyak perabot. Dengan menggunakan sofa yang memiliki tempat penyimpanan Anda tentunya dapat lebih menghemat tempat dan anggaran. Penyimpanan di dalam sofa dapat Anda manfaatkan untuk menyimpan berbagai barang, seperti sarung bantal sofa, buku, atau selimut jika ada teman Anda yang ingin menginap. Pilihlah sofa dengan penyimpanan yang cukup besar dan dalam agar Anda dapat memuat lebih banyak barang.

Agar barang-barang di dalam sofa dapat tetap tertata rapi, Anda dapat menggunakan kotak pengaturan untuk mengelompokkan barang-barang di dalam penyimpanan sofa. Dengan memastikan semuanya rapi, tentu Anda dapat menemukan barang yang dibutuhkan dengan lebih mudah. Selain itu jika Anda menggunakan kotak dengan penutup atau tas penyimpanan, Anda dapat melindungi barang-barang di dalam sofa dari debu.

Sofa dengan desain minimalis sempurna untuk ruang tamu kecil

Memiliki ruang tamu kecil mengharuskan Anda untuk pintar memilih perabot agar ruangan tetap terasa nyaman. Jika luas ruangan terbatas, sebaiknya gunakan sofa ruang tamu kecil dengan desain minimalis. Sofa berdesain minimalis dan ramping akan menciptakan kesan lega di ruang tamu Anda yang kecil. Selain berdesain minimalis, sofa ruang tamu kecil dengan kaki tinggi dan ramping juga dapat menyiasati ruang tamu yang kecil. Sofa ruang tamu kecil dengan kaki tinggi akan membuat ruang tamu yang sempit terlihat lebih luas. Tak hanya memberi kesan ruang yang lebih luas, sofa dengan kaki tinggi juga akan memudahkan Anda untuk membersihkan bagian bawah sofa.

Untuk Anda yang ingin membeli sofa ruang tamu kecil, sebaiknya gunakan sofa dengan sarung yang dapat dilepas dan dicuci dengan mesin. Selain untuk menjaga kebersihan sofa, sarung yang dapat dilepas memudahkan Anda mengubah tampilan sofa seiring perubahan suasana di ruang tamu. Jadi ketika Anda menginginkan suasana baru di rumah, Anda cukup mengganti sarung sofa jadi tidak perlu membeli sofa baru.

Sofa modular siasati ruang tamu kecil Anda

Ketika tidak ada sofa ruang tamu kecil yang sesuai dengan ruangan atau selera Anda, sofa modular dapat menjadi solusi sempurna. Sofa modular adalah sofa yang dapat dipisah dan digabung sesuai keinginan Anda. Dengan sofa modular Anda dapat berkreasi dan menciptakan kombinasi tempat duduk yang sesuai dengan kebutuhan dan luas ruangan. Dapat digabung atau dipisah sesuai keinginan membuat sofa modular sangat fleksibel ditempatkan di mana saja, baik di tengah ruangan atau di area sudut. Jika Anda menginginkan komposisi yang unik, Anda dapat menggabung beberapa sofa modular dalam warna yang berbeda namun tetap terlihat harmonis. 

Keuntungan lain dari menggunakan sofa modular adalah Anda seolah dapat memiliki sofa baru hanya dengan menambah komposisi sofa modular. Jadi ketika Anda pindah ke rumah baru dengan ruang tamu yang lebih besar, Anda hanya cukup membeli sofa modular tambahan. Selain itu beberapa sofa modular memiliki lengan yang juga dapat dilepas dan dipasang kembali sehingga Anda dapat menyesuaikannya sesuai kebutuhan. 
 
Itulah 7 pilihan sofa ruang tamu kecil yang dapat Anda gunakan untuk menyiasati ruangan dengan luas terbatas. Apa pun model sofa yang Anda pilih pastikan sofa tersebut dibuat dari bahan berkualitas agar dapat terasa nyaman hingga bertahun-tahun. Mari jelajahi koleksi sofa di IKEA dan temukan sofa yang sesuai dengan ruang tamu Anda.

Kami yakin kreativitas selalu menginspirasi, dan IKEA bangga menjadi bagian dari kreasi dekorasi rumah Anda. Namun, jika perabot dimodifikasi sehingga mengubah fungsi asli, maka ini akan mengakhiri masa garansi.
 

Dibuat oleh

Penulis: Anita