7 inspirasi kursi teras idaman untuk hunian Anda

Teras merupakan bagian luar rumah yang dapat berada di depan atau belakang. Keduanya dapat dimanfaatkan sebagai lokasi untuk menikmati udara luar ruangan sambil bersantai atau sebagai tempat menerima tamu. Teras mungkin juga menjadi area favorit Anda yang suka pemandangan kebun rumah atau sekadar menikmati angin sejuk.
 

Tips memilih kursi teras

Terdapat beberapa jenis dan pilihan material untuk kursi teras Anda. Anda dapat menyesuaikan pilihan kursi dengan kondisi tempat tinggal serta kebutuhan. Berikut adalah beberapa tips dalam mempertimbangkan kursi teras yang mungkin Anda butuhkan.
 

1. Pertimbangkan fungsinya

Jika Anda masih bingung memilih jenis kursi teras yang akan ditempatkan di rumah, cobalah untuk mempertimbangkan fungsi dan kegunaannya kelak. Misalnya, apakah kursi teras nanti akan digunakan untuk menyambut beberapa tamu dan mengobrol, atau hanya untuk penghuni rumah bersantai?
 

2. Pertimbangkan lokasi dan lingkungan sekitar

Memilih kursi teras idaman tentunya perlu disesuaikan dengan lokasi penempatannya dan lingkungan tempat tinggal. Misalnya, apakah kursi teras akan terkena paparan sinar matahari langsung atau air hujan, atau apakah kursi dan meja akan langsung ditempatkan di atas tanah kebun atau di atas lantai keramik.

Cuaca dan penempatan kursi teras dapat memengaruhi keputusan Anda dalam memilih materialnya. Jika Anda khawatir dengan terpaan cuaca dan kursi Anda tidak berada di tempat teduh, Anda perlu memilih material yang tahan segala cuaca dan mudah dibersihkan. Jika lokasi hunian Anda berangin kencang, sebaiknya tidak memilih material kursi yang ringan.
 

3. Perawatan kursi teras

Seperti perabot rumah lainnya, kursi teras juga membutuhkan perawatan rutin agar tetap dalam kondisi prima dan awet. Namun, Anda perlu mempertimbangkan apakah jenis dan material kursi teras yang diinginkan akan minim perawatan atau membutuhkan perawatan ekstra.

Perawatan memang berkaitan erat dengan material dan finishing yang digunakan. Frekuensi perawatan juga tergantung pada lokasi setempat dan cuaca tempat tinggal Anda. 

Material tertentu mungkin hanya perlu dilap sesekali, misalnya kursi teras plastik. Sedangkan material lain mungkin memerlukan perawatan khusus seperti diberi lapisan pelindung setiap tahun, biasanya pada material kayu.
 

7 inspirasi kursi teras untuk rumah Anda

Setelah mengetahui kondisi teras, Anda dapat mulai menentukan tema dekorasi dan perabot yang sesuai dengan teras. Secara umum, menjaga perabot dari paparan sinar matahari langsung dan air hujan dapat memperpanjang umur perabot teras. 

Kursi teras juga dapat dibuat nyaman dengan tambahan bantal kursi, atau lengkapi dengan meja luar ruangan untuk menyulap teras Anda menjadi area makan sambil menikmati suasana luar.
Berikut adalah beberapa inspirasi kursi teras untuk melengkapi hunian minimalis.
 

1. Kursi teras lipat dari kayu solid

Jika Anda punya area teras terbatas, memiliki kursi teras lipat adalah salah satu solusi yang dapat dipertimbangkan. Bahan kursi dari kayu solid dapat menambah keindahan alami untuk teras, balkon, atau kebun minimalis Anda.

IKEA memiliki beberapa produk kursi teras yang menggunakan kayu akasia solid dan telah dilapisi cat semi transparan agar tampilan kayu alami bertahan lebih lama.

Kayu akasia solid pada dasarnya cukup tahan terhadap cuaca yang normal, namun agar lebih awet, sebaiknya perabot kayu akasia tidak langsung ditempatkan di atas tanah. 

Hindari juga perabot menjadi terlalu basah akibat hujan. Anda dapat menutup perabot teras dengan penutup tahan air serta mengelapnya dengan kain kering dan bersih untuk membersihkannya dari debu. 

Anda juga dapat mewarnai ulang perabot secara teratur untuk menghindari permukaan menjadi terlalu kering, retak, dan cairan masuk ke dalam kayu.
 

2. Kursi teras anyaman plastik modular

Jika Anda lebih suka perabot yang minim perawatan, kursi teras plastik adalah jawabannya. Bahan plastik yang fleksibel dan warna-warni memungkinkan kursi teras Anda terlihat berbeda dari kursi plastik biasa, misalnya dengan bentuk menyerupai anyaman dari rotan yang terlihat alami.

Kursi teras dari plastik lebih tahan terhadap segala cuaca. Sifatnya yang anti air dapat membebaskan Anda dari kekhawatiran material akan rusak akibat kelembapan, karat, atau jamur. Jika terkena air hujan dan debu, Anda cukup mengelap kursi dengan kain bersih.

Kursi teras modular dapat Anda posisikan sendiri atau digabungkan bersama produk lain untuk menciptakan sofa yang lebih panjang dan nyaman untuk keluarga. Anda juga dapat menambahkan bantalan duduk agar waktu bersantai Anda semakin nyaman.
 

3. Kursi teras dengan bantalan

Jika Anda kebetulan punya teras yang teduh dan tidak terkena hujan, Anda mungkin dapat memilih kursi teras dengan bantalan yang nyaman. Kursi teras yang dilengkapi bantalan memberikan sensasi serupa duduk di sofa ruang tengah. Kini, waktu bersantai di teras akan semakin nyaman.

Pilih bantal kursi santai yang dilengkapi sarung tahan air agar dapat menangkal percikan air dari hujan ringan, mudah dirawat karena sarung dapat dilepas dan dicuci dengan mesin. Kursi juga dapat digabungkan dengan aksesoris untuk menciptakan kursi berlengan, sofa dua dudukan, atau lebih.
 

4. Kursi teras recliner

Jika Anda menyukai nuansa santai seperti di pinggir pantai atau kolam renang, Anda dapat memilih kursi teras dengan fitur recliner.
 
Kursi teras recliner dapat disesuaikan kemiringannya sesuai dengan selera dan kebutuhan. Sandaran kursi yang tegak memungkinkan kursi berfungsi sebagai kursi makan, sedangkan sandaran yang lebih miring dapat digunakan sebagai kursi malas yang nyaman.

Agar lebih nyaman, Anda juga bebas menambahkan bantal atau alas kursi yang dapat dicocokkan sesuai dengan dekorasi teras. Kursi juga dapat dilipat untuk menghemat ruang teras yang terbatas ketika sedang tidak dipakai.
 

5. Kursi teras dengan ruang penyimpanan

Kursi teras dengan ruang penyimpanan dapat menjadi pelengkap area teras yang unik dan fungsional. Dilengkapi dengan tutup atas, kursi teras dapat dijadikan tempat duduk biasa, bangku kaki, atau digabungkan dengan kursi dengan sandaran untuk dijadikan sofa panjang. 

Tak perlu lagi khawatir dan bingung menyimpan aksesoris dan peralatan kecil tercecer di teras dengan ruang penyimpanan di bawah tutupnya.
 

6. Kursi teras dari rotan

Rotan merupakan material perabot yang umum dijumpai di Indonesia. Menggunakan rotan sebagai material kursi teras dapat menjadi salah satu pilihan karena sifatnya yang ringan, tahan lama, dan tahan terhadap kelembapan. Kursi teras rotan juga dapat memperindah teras dan kebun Anda dengan memberikan nuansa dekorasi yang alami.

Agar semakin nyaman, kursi teras dari rotan dilengkapi dengan bantalan duduk yang membuat Anda betah berlama-lama bersantai di teras. Padukan juga dengan meja teras berbahan serupa agar dekorasi teras Anda lebih harmonis dan cantik.
 

7. Kursi teras bahan logam

Jika Anda lebih menyukai kursi teras yang minim perawatan, kuat, tahan lama, dengan harga terjangkau, mungkin Anda akan menyukai kursi teras dari bahan logam seperti baja. Kursi teras baja biasanya juga telah diberi cat anti karat untuk memperpanjang umur perabot. Jika terkena hujan, Anda cukup mengeringkannya dengan lap kering dan kursi kembali siap digunakan.

Masih membutuhkan inspirasi untuk menata area luar ruangan? Kunjungi IKEA terdekat di kota Anda dan temukan berbagai inspirasi ruangan untuk mewujudkan hunian idaman.



cross