Produk Pembanding

Anda memiliki dari 8 produk yang dapat dibandingkan.

Produk Pembanding

Anda memiliki dari 8 produk yang dapat dibandingkan.


Bandingkan sekarang

5 jenis gorden jendela yang perlu Anda ketahui

Meski kurang diperhatikan, gorden jendela memiliki peranan penting di rumah. Selain mempercantik ruangan, gorden atau tirai juga menghalau sinar matahari serta memberikan privasi yang Anda butuhkan. Gorden jendela dibagi ke dalam beberapa jenis dengan fungsi yang berbeda sehingga Anda perlu memilihnya sesuai kebutuhan. Berikut ini adalah 5 jenis gorden jendela dengan fungsi yang perlu Anda ketahui.

Gorden jendela penggelap ruangan

Ketika Anda menginginkan waktu istirahat yang tenang tanpa diganggu sinar matahari atau pandangan dari luar yang mengintip, gorden jendela penggelap ruangan adalah pilihan yang tepat. Gorden jendela yang menggelapkan ruang mencegah sebagian besar cahaya masuk dan memberikan privasi baik siang maupun malam dengan menghalangi pandangan dari luar. 

Selain menghalau sinar matahari, gorden jendela penggelap ruangan juga dapat meminimalisir aliran udara dingin dan hawa panas dari luar. Gorden jendela penggelap ruangan dapat Anda tempatkan di kamar tidur agar suasana ruangan menjadi terasa lebih nyaman untuk beristirahat. Padukan penggunaan gorden penggelap ruangan dengan vitrase. Jadi ketika Anda ingin membuka gorden penggelap ruangan masih ada gorden tipis atau vitrase yang menjaga privasi Anda.
 

Gorden jendela tipis atau vitrase

Jika gorden penggelap ruangan digunakan untuk menghalau sinar matahari agar tidak dapat masuk sama sekali, gorden jendela tipis memungkinkan Anda untuk menikmati sinar matahari namun tetap mendapatkan privasi yang dibutuhkan. Jadi Anda tetap dapat membawa suasana luar ke dalam rumah sambil menghalangi pandangan dari luar ke dalam. Vitrase cenderung digunakan sebagai tirai pelapis yang dipadukan dengan gorden penggelap ruangan. Biasanya ketika pagi dan siang hari, orang-orang akan membuka gorden penggelap ruangan mereka dan membiarkan vitrase tetap tertutup.

Gorden jendela tipis atau vitrase memiliki bahan yang ringan dan biasanya dibuat dari material nylon, polyester, sutra, atau kain sintetis. Karena bahannya yang memang tipis, jadi Anda perlu berhati-hati saat mencuci vitrase agar tidak robek. Selain menjadi gorden jendela, vitrase juga sangat cocok untuk dijadikan kelambu untuk tempat tidur Anda.

Gorden jendela lipat

Jika Anda menginginkan model gorden yang sederhana, gorden jendela lipat dapat menjadi pilihan. Gorden lipat dapat Anda gunakan pada jendela kecil maupun besar. Terdapat pegangan atau tali yang dapat ditarik pada bagian bawah gorden untuk membuka dan menutup gorden lipat. Kelebihan dari gorden jendela lipat adalah mudah dipasang, bahkan tanpa perlu menggunakan bor.
Gorden jendela lipat juga dibagi menjadi beberapa jenis: transparan, semi transparan dan anti tembus cahaya. Untuk jenis gorden jendela lipat transparan dan semi transparan, mereka dapat mengurangi intensitas cahaya yang masuk sambil membuat ruangan Anda tetap terang. Sedangkan untuk gorden lipat anti tembus cahaya, mereka akan memblokir sinar matahari sehingga ruangan akan gelap – sempurna jika Anda ingin beristirahat di siang hari. Namun baik jenis transparan, semi transparan dan anti tembus cahaya, gorden lipat dapat memberikan privasi yang Anda butuhkan.

Gorden jendela gulung

Gorden jendela gulung hampir mirip dengan gorden jendela lipat, namun bedanya tirai ini berbentuk seperti gulungan. Gorden gulung atau biasa disebut roller blind juga dibuka dan ditutup menggunakan pegangan atau tali yang ada di bagian bawah gorden. Gorden jendela gulung yang sederhana sangat cocok digunakan di ruangan dengan desain minimalis.
Gorden jendela gulung hadir dalam jenis block-out atau anti tembus cahaya dan jenis dim-out atau yang menghalau cahaya namun tidak 100% sehingga ruangan akan tetap terlihat terang. Untuk roller blind jenis block-out dapat mencegah sinar matahari masuk 100% sehingga cocok bagi Anda yang ingin tidur lebih lama. Sedangkan gorden gulung jenis dim-out cocok digunakan di ruang tamu agar ruangan tetap terasa segar meski gorden jendela harus ditutup untuk mendapatkan privasi. 

Gorden jendela roman

Gorden jendela roman adalah jenis gorden yang memiliki lipatan dan di setiap lipatan terdapat pemberat seperti besi atau kayu sehingga memberi tampilan unik untuk ruangan Anda. Gorden jendela roman cocok dipasang pada jendela berukuran kecil maupun besar. Desain gorden jendela roman yang sederhana sangat sesuai jika dipasang pada ruangan berkonsep minimalis atau klasik. Tidak hanya untuk indoor, gorden jendela roman juga hadir untuk area outdoor untuk menghalau angin kencang ketika Anda ingin bersantai.
Gorden jendela roman hadir dalam berbagai warna dan motif sehingga Anda dapat memadupadankannya dengan desain ruangan. Pilih gorden roman dengan material yang mudah dicuci agar gorden selalu tampak baru dan segar.
Gorden termasuk aksesoris yang multifungsi. Tidak hanya digunakan pada jendela, gorden dan tirai juga memiliki fungsi lain, di antaranya:
 

Sebagai penutup lemari pakaian terbuka Anda

Selain untuk menutup jendela, gorden atau tirai juga dapat Anda manfaatkan untuk menutup lemari pakaian terbuka. Gunakan gorden yang panjang agar dapat menutupi keseluruhan lemari pakaian. Dengan dipasangnya tirai, Anda dapat menyembunyikan isi lemari pakaian Anda yang sedikit berantakan agar tidak mengganggu pemandangan di dalam kamar tidur. 

Agar tampilan kamar tetap harmonis, Anda dapat memilih gorden atau tirai yang sesuai dengan desain kamar. Misalnya jika kamar tidur memiliki desain minimalis, maka Anda dapat menggunakan tirai polos dengan warna lembut seperti putih, krem atau abu-abu muda. Pemakaian gorden jendela sebagai penutup lemari pakaian terbuka juga bermanfaat untuk menjaga koleksi busana dan aksesoris Anda dari debu.
 

Sebagai pembatas ruangan

Jika tinggal di apartemen tipe studio yang mengharuskan Anda memanfaatkan satu ruang untuk banyak aktivitas, gorden jendela dapat digunakan sebagai pembatas ruangan atau sekat yang terjangkau. Anda hanya perlu memasang batang tirai dan tirai yang diinginkan. Tutup tirai jika Anda menginginkan ruangan yang lebih privasi dan buka tirai untuk mendapatkan kesan lega dan terbuka. Ide tirai pembatas ruangan ini juga berguna ketika Anda harus berbagi kamar dengan orang lain.
Tidak perlu membuat partisi sebagai pembatas ruang, tirai dan gorden jendela adalah pembatas ruangan yang hemat biaya dan lebih lembut. Dan ketika Anda menginginkan perubahan suasana di rumah, Anda dapat dengan mudah mengganti gorden atau tirai dan menyesuaikannya dengan nuansa yang diinginkan. 

Baca artikel lain: Saran ahli tentang penggunaan cahaya di rumah
 

Untuk menutupi bagian yang terlihat berantakan

Tak hanya menutupi lemari pakaian terbuka Anda, gorden jendela juga dapat dimanfaatkan sebagai penutup untuk area lain yang terlihat berantakan, salah satunya rak buku. Dengan memasang gorden, Anda dapat membuat ruangan menjadi rapi kembali secara cepat terutama jika mendadak ada tamu yang datang ke rumah.
Sebelum memasang gorden, pastikan Anda telah mengukur tinggi dan lebar area yang akan ditutupi sehingga Anda dapat memilih ukuran gorden yang sesuai. Tak hanya ukuran, pastikan juga warna dan motif gorden yang digunakan juga sesuai dengan desain ruangan Anda.

Sebagai solusi penyimpanan

Gorden jendela dapat Anda kreasikan dengan banyak cara, salah satunya menjadikannya sebagai solusi penyimpanan. Anda hanya perlu memotong bagian bawah gorden yang terlalu panjang lalu menjahitnya pada bagian tengah gorden. Dengan cara ini Anda tidak hanya mendapatkan tirai untuk menghalau sinar matahari tapi juga penyimpanan untuk meletakkan aksesoris atau kebutuhan Anda lainnya.

Anda dapat menempatkan gorden dengan penyimpanan ini di ruang mana saja. Baik di kamar tidur ataupun di ruang tamu. Tentukan jumlah dan seberapa besar penyimpanan yang akan dibuat pada gorden Anda. Dengan membuat kreasi seperti ini tentunya gorden Anda dapat menjadi lebih bermanfaat. Namun pastikan gunakan gorden yang cukup tebal agar penyimpanan tidak mudah robek.
Banyaknya koleksi gorden memungkinkan Anda untuk memilih gorden sesuai dengan bentuk jendela dan kebutuhan Anda. Namun apa pun jenis gorden jendela yang Anda pilih, pastikan gorden tersebut dibuat dari material yang berkualitas agar dapat digunakan hingga bertahun-tahun. Mari temukan beragam pilihan gorden dengan kualitas terbaik di toko IKEA atau di IKEA.co.id.

Kami yakin kreativitas selalu menginspirasi, dan IKEA bangga menjadi bagian dari kreasi dekorasi rumah Anda. Namun, jika perabot dimodifikasi sehingga mengubah fungsi asli, maka ini akan mengakhiri masa garansi.
 

Dibuat oleh


Penulis: Anita