Produk Pembanding

Anda memiliki dari 8 produk yang dapat dibandingkan.

Produk Pembanding

Anda memiliki dari 8 produk yang dapat dibandingkan.


Bandingkan sekarang

5 ide menyajikan jamuan masakan buka puasa agar lebih berkesan

Momen buka puasa adalah hal yang paling ditunggu setelah kita menahan haus dan lapar seharian. Jika tidak memungkinkan untuk berbuka puasa di restoran favorit, jadikan rumah sebagai tempat berbuka yang lebih berkesan dengan beberapa penataan pada meja makan yang rapih atau pemilihan peralatan makan yang tepat. Berikut ini adalah beberapa ide menyajikan jamuan masakan buka puasa di rumah yang dapat Anda coba agar terasa lebih spesial.

Buka puasa tidak harus di meja makan, menyantap makanan sambil menonton televisi bersama keluarga adalah ide yang menyenangkan

Jika berbuka puasa di meja makan sudah terlalu biasa dan terasa membosankan, bagaimana jika Anda menyajikan jamuan masakan ke depan televisi. Anda dapat menikmati sajian buka puasa sambil menonton serial televisi favorit bersama keluarga. Untuk memudahkan Anda menyiapkan semuanya, meja troli kami menyediakan ruang yang cukup untuk membawa makanan hingga peralatan makan - jadi Anda tidak perlu bolak-balik lagi ke dapur. Kami menyediakan banyak pilihan model troli dengan harga yang bervariasi sehingga Anda dapat menemukan meja troli yang sesuai dengan selera dan anggaran. 
Selain troli, Anda juga dapat menggunakan meja baki seperti GLADOM untuk membantu membawa makanan dan minuman ke ruang menonton. Namun karena permukaan baki tidak terlalu besar, Anda tetap perlu menyediakan meja tamu di ruang menonton untuk menyajikan jamuan masakan buka puasa beserta peralatan makan. Makanan-minuman lezat, acara televisi favorit, dan obrolan ringan adalah hal-hal yang membuat buka puasa bersama keluarga menjadi lebih akrab. Namun pastikan acara yang ditonton disukai oleh semua anggota keluarga ya.

Buat anak kos, buka puasa di tempat tidur sambil ditemani episode terbaru dari film serial favorit adalah kombinasi yang sempurna

Sebagai anak kos yang merantau ke kota besar, momen berbuka puasa seringkali terasa sepi karena tidak dapat menikmatinya bersama keluarga. Namun bukan berarti Anda tidak dapat membuatnya terasa lebih menyenangkan. Menikmati hidangan berbuka sambil menonton serial drama favorit dapat menjadi pilihan. Anda dapat memanfaatkan baki lipat seperti KLIPSK dan RESGODS untuk meletakkan makanan dan handphone atau tablet Anda. Buka puasa juga jadi terasa nyaman karena Anda dapat berada di atas ranjang hingga sofa yang empuk. Bagian terbaik dari baki lipat ini adalah mudah disimpan ketika tidak diperlukan.
Menghidupkan suasana kampung halaman dapat menjadi salah satu obat rindu untuk anak kos. Piring dan mangkuk EGENDOM yang memiliki desain klasik akan membuat Anda seperti sedang makan di rumah keluarga tercinta. Jangan lupa sajikan makanan khas rumahan sebagai menu berbuka dengan piring EGENDOM agar Anda terasa lebih dekat dengan kampung halaman. Selain itu, Piring dan mangkuk EGENDOM juga terbuat dari baja enamel yang awet dan mudah dibersihkan sehingga cocok digunakan oleh anak kos.

Baca inspirasi Ramadan lainnya : Lebih hemat waktu saat memasak menu Lebaran
 

Berencana liwetan di rumah bersama keluarga saat buka puasa? Lesehan di atas karpet yang lembut memang yang paling pas

Buka puasa hampir setiap hari di rumah terkadang terasa membosankan. Untuk itu bagaimana jika buka puasa kali ini Anda menyiapkan acara liwetan bersama keluarga. Liwetan sendiri adalah acara makan bersama dengan lauk pauk serta nasi dihidangkan di atas daun pisang besar sebagai pengganti piring. Menyajikan jamuan masakan dengan cara yang berbeda tentu membuat buka puasa dengan keluarga lebih terasa spesial. 

Untuk jenis karpet, sebaiknya Anda memilih karpet tebal dan empuk sehingga keluarga Anda dapat duduk dengan nyaman. Selain itu pastikan karpet yang Anda gunakan juga tahan noda dan mudah dirawat sehingga Anda tidak perlu khawatir jika karpet terkena tumpahan makanan atau minuman. Ketika acara berbuka telah selesai, Anda juga dapat lebih mudah merapikan ruangan. Bagian terbaiknya adalah karpet juga dapat Anda gunakan sebagai area untuk sholat bersama keluarga.

Ciptakan suasana restoran mewah untuk buka puasa di rumah

Buka puasa bersama di restoran terkadang menjadi seperti reward untuk diri sendiri dan keluarga - terutama anak-anak yang berhasil berpuasa sehari penuh. Namun jika keadaan tidak memungkinkan Anda dan keluarga untuk keluar rumah, kenapa tidak menghadirkan suasana restoran favorit di ruang makan? Dengan perlengkapan makan serta penataan meja makan yang tepat, Anda dapat menyajikan jamuan masakan buka puasa seperti di restoran favorit. Perpaduan gelas kaca, sendok-garpu stainless steel dengan piring saji serta mangkuk porselen membuat meja makan Anda terlihat lebih mewah, apalagi jika ditata ala restoran bintang lima.

Baca artikel lain: Rayakan Idul Fitri dengan tampilan ruang makan baru
Selain peralatan makan Anda juga perlu menambahkan beberapa properti untuk menambah keindahan ruang makan. Taplak meja panjang, serbet atau alas piring adalah beberapa pelengkap yang dapat Anda gunakan sebagai dekorasi - jika Anda menginginkan kesan romantis, dekorasi lilin juga dapat ditambahkan. Ciptakan kebersamaan dengan mengajak anggota keluarga untuk ikut menyajikan jamuan masakan sebelum waktu berbuka - selagi Anda menyelesaikan hidangan di dapur. 

Manfaatkan area luar untuk nuansa buka puasa yang berbeda

Berada di rumah dalam waktu yang lama seringkali membuat kita merasa penat. Buat waktu berbuka terasa lebih menyegarkan dengan membawa ruang makan Anda ke area luar. Anda dapat menggunakan area halaman/teras belakang rumah atau area balkon sebagai tempat berbuka puasa bersama keluarga. Kursi dan meja makan lipat memudahkan Anda menciptakan ruang makan di area luar. Selain itu perabot ini juga mudah serta hemat tempat untuk disimpan ketika tidak digunakan.  
Saat menyajikan jamuan masakan untuk buka puasa di area luar, perabot seperti meja troli akan sangat membantu. Anda dapat menggunakan troli untuk membawa piring, gelas dan peralatan makan lainnya dari dapur ke halaman/teras belakang - Anda jadi tidak perlu bolak-balik. Selain itu Anda juga dapat memanfaatkannya sebagai meja untuk meletakkan hidangan buka puasa - pastikan Anda sudah mengunci roda meja troli agar tidak mudah bergeser. Menyantap hidangan berbuka sambil menikmati suasana malam tentu akan terasa lebih menyenangkan. Membuat pesta barbecue untuk berbuka juga menjadi salah satu ide menarik yang perlu dicoba.
Itu dia beberapa tips menyajikan jamuan masakan untuk buka puasa yang dapat Anda coba di rumah. Tidak perlu makan di restoran mewah untuk menikmati waktu berbuka yang spesial. Selain dapat lebih dekat dengan keluarga, dengan berbuka puasa di rumah Anda juga dapat lebih menghemat anggaran. Mari jelajahi koleksi kami di IKEA.co.id dan temukan berbagai perabot serta aksesoris rumah yang Anda butuhkan untuk membuat buka puasa Anda di rumah bersama keluarga lebih berkesan. 

Kami yakin kreativitas selalu menginspirasi, dan IKEA bangga menjadi bagian dari kreasi dekorasi rumah Anda. Namun, jika perabot dimodifikasi sehingga mengubah fungsi asli, maka ini akan mengakhiri masa garansi.
 

Dibuat oleh 

Penulis: Anita