5 cermin estetik untuk mempercantik kamar mandi

Sekarang ini, seiring perkembangan dunia properti tentu semakin banyak pilihan jenis furniture termasuk cermin dengan beragam bentuk dan model yang bisa dipilih untuk membantu mempercantik berbagai ruangan termasuk kamar mandi. Sudah menjadi hal yang wajib bagi si pemilik rumah untuk mendesain dengan furniture dan aksesoris tambahan di setiap ruangan yang ada di hunian miliknya demi mendapatkan kenyamanan ketika berada di dalamnya.

Begitu juga dengan ruang kamar mandi, hampir semua desain kamar mandi didapati cermin yang fungsinya bukan sekedar untuk melihat penampilan. Adanya cermin di kamar mandi dapat memberikan akses dan kesan luas. Bingung mendesain kamar mandi, Anda bisa mencari referensi mengenai cermin yang sebaiknya Anda pasang di kamar mandi. Ini tidak hanya fungsional tapi juga bisa dipakai sebagai aksesoris yang akan mempercantik kamar mandi.
 
Ada banyak alasan mengapa orang suka sekali bercermin di kamar mandi. Yang pertama, mereka ingin memastikan tubuhnya bersih setelah mandi. Yang kedua, ada juga yang menggunakan cermin untuk memastikan tidak ada sabun atau busa yang tertinggal setelah mandi. Dan masih banyak lagi alasan ketiga, keempat, dan seterusnya.

Di sisi lain, adanya penggunaan cermin sebagai aksesoris tambahan dalam kamar mandi  juga sangat terkait dengan pencahayaan. Lupakan membeli lampu yang besar. Cukup beli lampu yang kecil saja. Lalu, pastikan Anda memasang cermin di dalamnya yang akan memantulkan cahaya. Inilah yang membuat kamar mandi kamu terasa luas dan cerah.

Akan tetapi, jangan sekedar pasang cermin biasa ya. Usahakan untuk memilih cermin estetik yang memang didesain untuk dipasang di kamar mandi.

5 pilihan cermin estetik untuk kamar mandi di rumah

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, cermin kamar mandi tidak hanya bersifat fungsional tapi juga menambah estetik. Untuk itu, Anda tidak boleh asal dalam memilih cermin. Pilih yang mampu memberikan kesan estetik sehingga kamar mandi Anda terlihat lebih cantik.

Berikut ini 5 ide cermin estetik yang bisa Anda pilih.
 

1. Cermin frameless

Frameless artinya tanpa frame, di mana cermin yang sama sekali tidak memiliki bingkai. Ini jenis cermin yang sangat populer saat ini dan sering digunakan di rumah dengan tipe minimalis.

Sebenarnya, penggunaan cermin seperti ini tidak hanya diperuntukkan untuk ruang kamar mandi. Banyak sekali orang yang suka menambahkan cermin di berbagai ruangan seperti  di ruang tamu hingga kamar tidur. Kesan minimalis sangat kental ketika ruangan ditambahkan dengan cermin frameless mirror. Apalagi jika Anda memang ingin sekali menunjukkan kesan minimalis di kamar mandi. Jelas ini pilihan yang terbaik.
Yang terpenting adalah posisi penempatan cermin ini. Karena jenis cermin ini tidak dilengkapi dengan frame, maka pastikan Anda memasang cermin frameless ini di tempat yang tepat dan dengan menggunakan pengait yang kuat. Selain itu penempatan cermin kamar mandi ini jauh dari bahan-bahan keras yang bisa mengakibatkan pecahnya cermin.

2. Cermin lipat

Siapa bilang cermin hanya datar. Ada cermin kamar mandi yang didesain seolah terlipat. Tujuannya agar memberikan nilai estetika yang tinggi.
 
Ada satu pertanyaan yang harus Anda jawab. Apakah sudah ada aksesoris di sudut kamar mandi Anda? Jika ada, maka di sanalah Anda bisa memasang cermin lipat ini. Ini akan membuat pojokan di kamar mandi Anda tidak terlihat plain. Bahkan, aksesoris yang satu ini akan menjadikannya vocal point di kamar mandi rumah Anda.
Biasanya, di bawah cermin lipat ini terdapat wastafel, yaitu tempat untuk menggosok gigi. Pasang cermin dengan ketinggian sesuai dengan tinggi Anda dan anggota keluarga Anda.

3. Cermin lekuk

Pasti sudah familiar dengan cermin persegi atau persegi panjang? Bagaimana dengan cermin lekuk? Ini termasuk cermin estetik yang bisa Anda pasang di kamar mandi.
 
Ini bisa dipasang kamar mandi yang ketinggian plafon tidak terlalu tinggi dengan luas kamar mandi yang tidak begitu luas. Jadi, cermin tidak terasa memenuhi seluruh dinding kamar mandi.
Karena bentuk cermin sudah sangat estetik, diharapkan bagian dinding juga tak kalah estetik. Misalnya saja keramik yang digunakan untuk dipasang di dinding memiliki motif yang unik. Ini dibutuhkan agar cermin yang estetik mendapatkan paduan yang senada dengan dinding.

4. Cermin full body

Beberapa orang memang kurang begitu suka dengan cermin full body ketika harus dipasang di kamar mandi. Sebabnya, ada yang merasa kurang begitu nyaman ketika harus melihat keseluruhan tubuh mereka saat mandi.
Terlepas dari hal tersebut, cermin full body bukan pilihan yang salah. Ini akan membuat kamar mandi yang kecil terasa luas dan tidak sumpek. Cahaya dari luar juga lebih bisa dimaksimalkan sehingga Anda tidak perlu menggunakan lampu kamar mandi yang besar.

5. Cermin vertikal dinding

Ini sebenarnya jenis cermin kamar mandi yang paling sering dipilih. Tampilannya sangat minimalis. Namun, tidak itu saja. Cermin seperti ini biasanya dipilih sebagai solusi ketika dinding kamar mandi tinggi tapi tidak terlalu luas. Agar tetap ada cermin, maka dipilihlah cermin vertikal yang tidak lebar tapi tinggi hingga hampir menyentuh plafon. Ini yang menimbulkan nuansa yang elegan di dalam kamar mandi.

Apa pun pilihannya, sebaiknya sesuaikan dengan desain kamar mandi yang Anda inginkan. Anda tidak boleh memaksakan desain cermin dengan desain kamar mandi. Akan lebih baik jika Anda berkonsultasi dulu dengan desainer interior.

Selain itu, pastikan juga Anda membeli cermin yang berkualitas. Ada banyak pilihan cermin untuk kamar mandi di rumah Anda yang bisa Anda temukan di IKEA. Pilih dan sesuaikan dengan apa yang Anda inginkan.
 
Begitu juga dengan posisi. Anda harus benar-benar memperhatikan posisi di mana cermin sebaiknya di pasang. Posisi yang tepat akan membuat pencahayaan di kamar mandi akan semakin baik. Anda pasti tahu kamar mandi itu sangat lembab. Jika lembab, maka mudah sekali kamar mandi terlihat kotor dengan adanya lumut atau kotoran.

Untuk itu, tempatkan cermin di posisi di mana pencahayaan dari luar biasa lebih optimal. Misalnya saja cermin berhadapan dengan arah datangnya cahaya dari luar. Ini akan membuat suasana kamar mandi cerah di siang hari sehingga lumut atau kotoran tidak mudah menempel pada dinding kamar mandi.

Itulah 5 ide cermin yang bisa Anda pilih sehingga kamar mandi Anda semakin cantik dan estetik. Kira-kira, jenis cermin mana yang akan Anda pilih?



cross