13 desain interior rumah dengan gaya modern

Anda sedang tertarik mendekorasi rumah dengan konsep modern dan minimalis? Sebenarnya, ide desain interior rumah minimalis tidak bergantung dari besaran ruangan atau harga funiturnya. Anda hanya memerlukan sentuhan seni estetika dalam memilih perabotan yang sesuai dengan konsep interior rumah minimalis impian.
 

Persiapan sebelum mendesain interior rumah

Hal utama yang perlu Anda pertimbangkan dalam mendesain interior rumah adalah menentukan konsep hunian terlebih dahulu. Konsep rumah minimalis mengedepankan desain yang efektif dan efisien dengan kesederhanaan bentuk warna, material, hingga detail.

Konsep rumah minimalis modern juga menekankan batasan pada dekorasi interior tanpa membuat ruangan menjadi lebih luas. Pilihan konsep interior rumah bisa tersebut bisa mencakup permainan pada interior dari pilihan; warna seperti putih dan cokelat; material seperti kayu, kaca dan batu alam serta detail dekorasi tanaman hias dan tempat penyimpanan tersembunyi.
 
Pastikan interior rumah yang Anda pilih selaras dengan konsep rumah secara keseluruhan. Sebagai contoh, rumah minimalis modern dengan tema asri umumnya menggunakan warna dinding yang netral untuk semua bagian ruangan seperti putih, abu-abu, dan cokelat.
 
Pilihan material untuk interior yang cocok di antaranya kursi dan kabinet kayu, rak dinding, lampu gantung, sofa panjang hingga detail seperti lukisan dan tanaman hias sederhana sebagai aksen. 
 

13 desain interior rumah dengan gaya minimalis modern

Setelah menentukan konsep rumah minimalis modern yang ingin diusung, berikutnya Anda bisa memilih berbagai interior yang cocok untuk hunian. Sebagai inspirasi, berikut 13 rekomendasi interior rumah untuk berbagai ruangan dan gaya interior rumah:
 

1. Interior rumah serba putih

Desain interior serba putih adalah aksen yang paling banyak dipakai untuk menciptakan suasana ruangan yang lebar tetapi juga bersih dan klasik. 

Perabotan yang dipilih biasanya mencakup sofa dengan warna netral cenderung putih dan lampu gantung dengan warna senada untuk ruang tamu. 

Tidak melulu harus putih, Anda bisa memadupadankan warna yang kontras dengan material kayu seperti rak dinding atau vas kaca bening untuk menghadirkan kesan yang hangat. 
 

2. Interior rumah industrialis

Interior rumah dengan konsep industrialis sangat cocok untuk dapur yang umumnya meninggalkan noda dan kotoran. Anda bisa memberikan sentuhan industrialis dengan memilih kitchen set dengan material kayu dengan warna yang gelap seperti hitam dan cokelat tua. 

Untuk memberikan kesan industrialis yang kuat, tambahkan meja bar yang mengarah ke dapur dan pilihlah lampu gantung dengan warna senada sebagai pencahayaan. 
 

3. Interior rumah kontemporer

Karakter khas dari interior rumah dengan konsep kontemporer adalah penggunaan desain dan bentuk-bentuk yang futuristik. Sehingga, interior rumah dengan desain kontemporer akan memberikan kesan jauh lebih modern, timeless, bahkan seolah maju ke masa depan sehingga cocok untuk ruang makan keluarga. 

Furnitur yang cocok untuk desain ini adalah satu set meja makan dengan warna yang antik dan lembut. Lengkapi juga suasana ruang makan yang hangat dengan kotak display untuk barang pecah belah, lampu dekorasi untuk menambah pencahayaan serta detail kecil seperti lilin pengharum ruangan. 
 

4. Interior rumah naturalis

Desain interior rumah dengan konsep alam umumnya dipakai untuk ruang keluarga untuk bersantai bersama orang-orang terkasih. 

Furnitur yang dipakai biasanya material alami seperti bambu, rotan, kayu, dan batu alam. Untuk menekankan konsep naturalisnya, jendela atau sekat juga hanya dibatasi dengan kaca untuk memberikan kesan luas dan cahaya yang maksimal. 

Selain itu, supaya terkesan nyaman dan santai, pilihlah perabotan yang minim dengan fungsi maksimal seperti sofa bed, karpet bulu, meja kayu yang lebar, dan rak dinding. 
 

5. Interior rumah klasik

Pemilihan interior rumah klasik bisa membantu menciptakan ruangan yang terasa lebih tenang dan nyaman sehingga sangat cocok untuk ruangan tidur. 

Konsep klasik pada ruang tidur bisa diaplikasikan dengan pemilihan rangka tempat tidur dengan penyimpanan yang terbuat dari kayu ditambah dengan meja samping berlaci dengan warna yang netral. Tak lupa juga tambahkan lemari berlaci sebagai media penyimpanan dan tv bench dengan warna yang senada.
 

6. Interior rumah boho

Konsep interior rumah boho adalah desain yang netral dan hampir sama dengan naturalis. Namun, pendekatan interior dengan konsep boho lebih kepada permainan gaya etnik dan vintage menggunakan material rotan, warna karpet, dan perabotan yang nyentrik sehingga sangat cocok untuk teras rumah. 

Furnitur yang cocok untuk interior rumah dengan konsep boho adalah kursi goyang, meja kayu bulat, lampu lantai, karpet bulu, dan detail aksesoris yang ramai seperti lukisan abstrak, bantal warna-warni, dan tanaman asli berukuran sedang dengan pot di sudut ruangan. 
 

7. Interior rumah batu alam

Konsep batu alam bisa jadi sangat cocok untuk Anda yang gemar mix and match pola untuk kesan dominan sehingga direkomendasikan untuk kamar mandi. 

Material batu alam seperti marmer dengan pola tertentu bisa memberikan kesan yang bersih tapi juga minimalis sehingga membuat aktivitas Anda di kamar mandi tidak membosankan. 

Interior yang cocok untuk kamar mandi dengan material dominan batu alam di antaranya kabinet cermin yang terbuat dari kaca tempered dan meja wastafel untuk menyimpan semua alat kebutuhan mandi Anda dalam satu tempat.
 

8. Interior rumah compact

Dengan konsep rumah minimalis modern, tidak sulit menciptakan ruangan compact yang kecil namun sangat efektif menyimpan berbagai barang. Sehingga, desain ini sangat direkomendasikan untuk ruangan walk-in closet

Dengan walk-in closet, hal ini memungkinkan Anda untuk menambah interior seperti lemari pakaian, media penyimpanan seperti laci, dan kabinet lebih banyak lagi. Tidak lupa untuk menambahkan meja rias, rak sepatu, dan cermin untuk memberikan kenyamanan untuk menata penampilan.
 

9. Interior rumah monokrom

Konsep interior rumah dengan tema monokrom sangat cocok untuk Anda yang menginginkan ruangan dinamis sekaligus juga nyaman untuk didiami dalam waktu yang lama. Desain ini bisa Anda aplikasikan untuk ruangan kerja. 

Interior yang cocok untuk konsep interior monokrom adalah meja kerja dari material fibreboard yang dilengkapi dengan media penyimpanan berupa laci untuk menyimpan dokumen, alat tulis, dan perlengkapan kerja. Buatlah diri Anda nyaman dengan kursi putar berkualitas yang dapat digunakan dengan tanpa roda untuk memberikan fleksibilitas pada gerakan Anda selama waktu kerja.
 

10. Interior rumah rustic

Interior dengan konsep rustic sendiri terinspirasi dari bangunan rumah-rumah pengrajin di pedesaan Amerika Serikat pada zaman dahulu. Hal ini berarti desainnya condong pada kesan alamiah dengan menekankan pada material kayu dan logam seperti besi dan aluminium yang finishing-nya masih kasar sehingga cocok untuk garasi rumah. 

Beberapa furnitur yang direkomendasikan untuk garasi di antaranya unit rak terbuka sebagai media penyimpanan serbaguna. 
 

11. Interior rumah tropis

Sesuai dengan namanya, interior rumah tropis banyak menekankan pada alam berupa tanaman hijau dan hal-hal alamiah lainnya seperti tanah serta air sehingga sangat cocok untuk bagian taman rumah Anda. 

Bagian taman biasanya akan sangat berguna bagi Anda dengan jiwa sosialis dan sering mengundang orang untuk datang ke rumah untuk makan di area luar rumah. 

Beberapa rekomendasi furnitur yang menunjang kesenangan Anda tersebut diantaranya kabinet barbeque tahan karat dengan permukaan yang tahan lama dan mudah dibersihkan serta satu set meja dan kursi makan outdoor yang memberikan kenyamanan bagi Anda dan orang terdekat untuk menikmati aktivitas makan di luar rumah. 
 

12. Interior rumah warna-warni

Desain interior warna-warni cocok untuk ruangan anak, agar mood si kecil lebih bersemangat dalam bermain. Tambahkan perabotan dengan warna cerah seperti meja anak yang dapat disesuaikan, media penyimpanan kotak serbaguna untuk mainan, dan bongkahan mainan dengan warna yang cerah. 

Selain itu, Anda bisa mengganti detail kecil di ruangannya seperti gorden dan bantal kursi dengan warna-warna cerah seperti biru, pink atau hijau muda. 
 

13. Interior rumah fungsional

Desain ruangan yang fungsional diperuntukkan bagi kamar kecil fungsional yang praktis digunakan untuk pekerjaan rumah seperti mencuci dan menata pakaian. 

Ruangan laundry pada umumnya menggunakan peralatan fungsional seperti rak jemuran yang dapat memaksimalkan kapasitas pengeringan, keranjang laundry sebagai tempat penyimpanan baju kotor, dan meja setrika yang lebih stabil dan tahan panas. 

Jadi, apakah konsep dan interior rumah mana yang paling Anda sukai? Cari sumber inspirasi desain interior untuk hunian Anda di toko IKEA terdekat.



cross