10 Pilihan Rak Bunga Kayu Cantik dan Sederhana

Mengoleksi bunga dan tanaman terutama yang disusun di rak bunga dari kayu bisa meningkatkan keasrian hunian dan ketenangan Anda. Merawat, menyirami, dan melihatnya tumbuh menjadi suatu kepuasan tersendiri dan bermanfaat untuk meningkatkan mood

Ada banyak model rak bunga kayu yang bisa Anda pilih. Mulai dari rak sudut, rak rotan, rak susun, rak tangga, rak dinding, rak bambu, rak akrilik, sampai rak shabby chic. Jika minimalis adalah gaya pilihan Anda, coba simak 10 rak bunga kayu cantik dan sederhana pilihan berikut ini.


10 rak bunga kayu minimalis untuk dekorasi tanaman Anda

Rak bunga dari kayu berikut tidak hanya didesain untuk memperindah rumah Anda, tapi juga dapat menahan pot tanaman dengan baik dan bisa digunakan untuk meletakkan barang-barang lain. Berikut pilihannya:

1. Rak Sudut

Jika Anda memiliki hunian minimalis, tentu faktor penghematan ruangan ini menjadi salah satu pertimbangan utama. Sebab jika salah memilih, ruangan akan terasa sempit dan tidak nyaman. 

Dengan adanya rak sudut, area sudut yang seringkali terabaikan dan memiliki banyak ruang vertikal ke atas bisa dimaksimalkan. Rak bunga dari kayu berjenis sudut ini bisa diletakkan di dalam ataupun di luar ruangan dan memberikan kesan rumah pedesaan. 

Tips agar lebih seimbang, letakkan tanaman yang agak tinggi di bagian rak bawah, kemudian tanaman pendek dan kecil berjenjang di atasnya. Atau, Anda juga bisa mengombinasikannya dengan meletakkan barang kenangan, buku, kacamata, dan lainnya.

2. Rak rotan gaya rustic

Jika Anda menginginkan kesan unik dan chic, rak bunga dari kayu rotan gaya pedesaan ini adalah pilihan tepat. Terdapat kesan hangat, alami, dan natural yang akan melengkapi koleksi tanaman Anda. Rotan tidak pernah ketinggalan zaman dan akan selalu cocok dengan apapun konsep interior hunian Anda.

3. Rak susun boks kayu kombinasi besi

Bunga berwarna Anda akan tampak lebih menonjol jika diletakkan di rak susun minimalis. Penyangganya yang ramping dan kokoh membuatnya hemat ruang. Rak bunga dari kayu dengan kombinasi besi ini terkesan unik, simpel, rapi, dan akan membuat detail tanaman lebih terlihat. Anda bisa meletakkan tanaman hijau yang menonjol seperti monstera atau sweetheart vine.

4. Rak bunga tangga dengan pot

Rak dengan model tangga cukup populer di kalangan pecinta tanaman. Anda bisa meletakkannya di dapur atau di daerah dengan cahaya yang banyak agar kecantikan tanaman lebih nampak. Dengan bentuk sederhana, rak tangga juga membuat hunian Anda terlihat lebih berseni. Anda juga bisa meletakan alat tulis atau keperluan lainnya di salah satu pot dan masih akan terlihat cantik.

5. Rak tempel dinding

Buat bunga Anda menjadi pusat perhatian. Rak bunga dari kayu yang ditempel ini membuat tanaman Anda seolah  melayang di udara. Tampilannya yang simpel membuat Anda tidak terganggu dengan detail rak yang tidak perlu. Pilihan tanaman merambat seperti sukulen dan begonia  bisa jadi alternatif agar tata interior hunian Anda semakin asri.

6. Rak bambu lipat sederhana

Jika Anda adalah orang yang cukup sering mengatur ulang dekorasi rumah, rak ini tepat untuk Anda. Desainnya yang simpel serta mudah dilipat dan dipindah menjadikannya sangat fleksibel. Tanaman Anda pun akan tampak lebih menonjol di ruangan.

7. Rak bambu akrilik susun tiga

Kesan hunian modern-urban dan minimalis bisa langsung Anda dapatkan dengan menggunakan rak ini. Seolah menjadi podium tanaman Anda, rak ini sangat cocok diletakkan di sebelah sofa. Anda juga bisa menggabungkannya dengan barang lain seperti hiasan kecil, jam kecil, dan sentuhan personal lainnya.

8. Rak bambu akrilik memanjang

Rak dengan desain ini sangat simpel dan efektif. Jika tanaman Anda tidak terlalu banyak dan ingin mengumpulkannya dalam satu rak, ini adalah pilihan tepat. Rak tersebut terdiri dari dua tingkat. 

Anda bisa meletakkan tanaman kecil di rak bawahnya seperti kaktus, tanaman giok, baby rubber, dan lainnya. Untuk bagian atasnya, Anda bisa meletakkan tanaman yang agak tinggi ukurannya seperti lidah buaya, siklok, monstera, dan lainnya.

9. Rak shabby antique style

Untuk Anda pecinta gaya vintage dan shabby chic, rak berwarna putih bisa menunjang tema hunian Anda. Warnanya bisa masuk untuk segala perabotan yang sudah ada. 

Letakkan bunga berwarna seperti, mawar, anggrek, atau lily agar ruangan terlihat lebih manis dan hidup. Jika Anda meletakkan beberapa tanaman tinggi, Anda bisa juga memfungsikan rak bunga kayu ini sebagai pembatas ruangan. Sangat multifungsi!

10. Rak rotan anyam

Jika menginginkan nuansa alami di hunian Anda, rak bunga kayu rotan anyaman bisa jadi pilihan. Anda bisa meletakkan pot ukuran sedang dan aksesoris di bagian bawahnya seperti keramik, gelas, atau tempat meletakkan buku yang bisa Anda sandingkan dengan sofa empuk untuk ruang baca Anda. Jika Anda memiliki ruangan yang agak luas, meletakkannya secara asimetris juga bisa dilakukan untuk menambah kesan artistik.

Apapun pilihan Anda, sesuaikan dengan tema interior, baik minimalis, modern, klasik, atau lainnya. Jika Anda memiliki cukup ruang di rumah, Anda bisa memilih beberapa rak bunga dari kayu yang tingginya berjenjang agar tampak lebih artistik. 

Saat memilih rak kayu, pilihlah bahan kayu terbaik. Carilah rak yang terbuat dari kayu maple, oak, kayu mangga, atau pinus karena jenis kayu tersebut cukup kuat. Jika ingin yang agak hemat, bahan plywood kayu lapis juga sangat baik. 

Hal yang harus diperhatikan, ingatlah bahwa kayu dan air bukan pasangan yang pas. Pilihlah rak bunga kayu yang telah memiliki lapisan waterproof serta terlindung dari kutu dan jamur. Jangan lupakan juga arah cahaya matahari. Di manapun Anda meletakkan tanaman dan bunga, pastikan tanaman mendapat cukup cahaya. 




cross