10 Model Rak Kayu Minimalis untuk Hunian Anda

Anda tentu menginginkan tempat hunian yang nyaman untuk ditinggali. Untuk memberikan kenyamanan tersebut, harus diikuti dengan dekorasi furnitur yang disusun dengan kreatif dan inovatif agar menghasilkan ruang yang nyaman dan tidak membosankan. 

Ketika Anda memiliki banyak barang namun dihalangi keterbatasan ruangan, maka anda bisa berkreasi dalam menata ruangan. Penggunaan rak akan membantu masalah keterbatasan ruang. Rak memiliki banyak kegunaan dan model yang bisa disesuaikan sesuai dengan kebutuhan. 

Bahan furnitur yang paling banyak digunakan saat ini adalah kayu. Alasannya? Karena keperluan interior menggunakan kayu telah digunakan sejak dulu. Selain itu, kayu memberikan kesan alam pada ruangan.  Furnitur yang menggunakan kayu lebih kuat daripada berbahan dasar plastik dan aluminium. Rak kayu memiliki ketahanan terhadap suhu yang lebih baik.

Rak kayu minimalis terkhususnya juga bisa sebagai penghias ruangan. Rak kayu dipadukan dengan warna putih yang dominan pada ruangan, akan memberikan kesan optimal nuansa alam dan menonjolkan sisi unik ruangan Anda. Penting juga untuk penempatan posisi furnitur secara tepat sehingga dapat memberikan ruang ekstra pada ruangan.


10 Pilihan rak kayu minimalis untuk rumah Anda

Bila Anda memilih menggunakan rak kayu sebagai pelengkap dekorasi rumah, pilihlah bahan kayu yang memiliki daya tahan kuat sehingga dapat bertahan lama. Jenis kayu yang memiliki ketahanan dan cocok digunakan sebagai bahan dasar rak kayu adalah kayu jati dan kayu oak.

Ada 10 pilihan rak kayu minimalis yang dapat digunakan untuk sempurnakan dekorasi hunian Anda, yaitu:

1. Rak dinding

Menggunakan rak kayu dinding memiliki 2 manfaat yaitu sebagai penyimpanan dan menunjukkan nilai estetis ruangan. Penggunaan rak di area dinding merupakan ide cemerlang. 

Namun, dalam memilih rak kayu minimalis harus mengetahui jenis kayu yang digunakan. Rak kayu dinding harus kuat untuk menahan bobot barang. Karena rak kayu dinding menahankan bebannya pada paku yang menempel pada dinding. 

Foto keluarga yang biasa ditempelkan pada dinding dapat ditempatkan pada rak dinding, sehingga anda dapat menghias dinding dengan dekorasi lainnya.

2. Rak sudut

Setiap ruangan memiliki sudut dan tidak semua furnitur cocok ditempatkan pada sudut ruangan. Sehingga seringkali sudut ruangan menjadi kosong dan tidak terurus. Anda bisa memanfaatkan sudut ruangan sebagai tempat penyimpanan. 

Gunakan rak kayu minimalis yang ditempatkan di sudut ruangan sebagai pengisi kekosongan sudut ruangan. Rak sudut memiliki model rak dengan panel rak dengan bentuk melengkung dan siku sehingga sesuai bila diposisikan pada sudut ruangan.

3. Rak lipat

Saat ini, bila memiliki ruang sempit, ide untuk mencari furnitur yang sesuai tidak lagi sulit. Desain yang multifungsi dan penuh kreativitas memberi solusi kepada Anda yang memiliki keterbatasan ruang. 

Rak kayu minimalis yang bisa lipat bisa menjadi jawaban atas permasalahan tersebut. Sesuai dengan penamaannya, rak ini bisa dilipat sehingga dapat disimpan bila sedang tidak digunakan sehingga mengurangi kapasitas barang pada ruangan.

4. Rak dorong

Anda mudah bosan dengan situasi ruangan? Coba gunakan rak dorong sebagai furnitur. Rak dorong diberikan fitur roda pada kakinya sehingga mudah digeser. Anda bisa mengubah letaknya dengan mudah sehingga Anda bisa selalu berkreasi dengan ruangan. Rak dorong biasanya diisi dengan makanan ringan atau botol minuman.

5. Rak display

Rak display digunakan sebagai penghias ruangan dan penyimpanan barang untuk memajang barang-barang. Umumnya, rak display berisi barang-barang hiasan seperti action figure, foto, buku dan lain-lainnya.  Tujuan rak display untuk memajang barang-barang yang Anda sukai. Rak display biasanya ditutup dengan kaca sehingga memberikan kesan elegan.

6. Rak serbaguna

Rak serbaguna adalah rak yang dapat digunakan untuk menyimpan apapun barang rumah tangga. Rak kayu minimalis ini bisa digunakan sebagai penyimpanan sepatu, bunga, buku, baju, dan banyak lagi. Penggunaannya bisa digunakan indoor maupun outdoor.

7. Rak susun

Rak susun adalah model rak kayu minimalis yang terbuka sehingga memudahkan kita mengambil barang di dalamnya. Rak susun juga dapat digunakan sebagai pemisah antara dua ruangan. Pemberian rak susun sebagai pemisah ruangan akan memberikan kesan personal dari masing-masing ruangan.

Bila Anda ingin menggunakan rak susun, ada baiknya mengetahui berapa banyak tingkatan yang ingin digunakan. Rak kayu yang terlihat kosong tentu merusak nilai ruangan.

8. Rak stand

Rak kayu stand memiliki banyak bentuk dan fungsi untuk digunakan. Rak stand ada yang memiliki model sebagai rak tanaman dan sebagai tempat gantungan pakaian. Rak kayu stand memiliki berbagai bentuk dan ukuran, sehingga Anda tinggal menyesuaikan dengan kebutuhan.

9. Rak kotak

Rak kotak berguna untuk menyimpan barang mainan anak hingga perkakas rumah tangga, seperti penyimpanan selotip, obeng, palu, dan lain-lain. Rak kayu minimalis berbentuk kotak biasanya berukuran sedang dan bisa disimpan di atas lemari ataupun di bawah meja.

10. Rak Gantung

Rak gantung berbeda dengan rak dinding. Rak gantung tidak menempel pada dinding melainkan dalam posisi menggantung. Bentuk rak gantung juga mirip dengan rak susun dan bermodel rak terbuka. 

Rak gantung dipasang dengan menggunakan tali atau kawat baja pada langit-langit ruangan. Oleh karena itu, harga rak gantung dan pemasangannya lebih mahal daripada rak lainnya namun rak gantung memberikan kesan modern pada ruangan.

Jadi, apakah Anda sudah memiliki bayangan mau menggunakan rak kayu minimalis yang mana? Cari sumber inspirasi rak untuk hunian Anda di sini.




cross