10 inspirasi desain kantor minimalis terbaru 2022

Desain kantor minimalis yang unik dapat memberikan semangat kerja para karyawan di dalamnya. Ada beragam desain yang bisa jadi pertimbangan untuk diterapkan pada kantor Anda. Apapun ukuran dan bentuknya, ada konsep minimalis yang bisa diterapkan di dalamnya. 
Desain kantor yang modern menekankan ruangan yang estetik yang memberikan kenyamanan. Hal ini dituangkan dalam berbagai bentuk desain dengan memikirkan kantor yang minim dekorasi atau perabotan sehingga lebih leluasa. Berikut adalah beberapa rekomendasi desain kantor minimalis yang bisa Anda terapkan. 

1. Modern hijau yang ramah lingkungan

Desain ruangan kantor yang berada di area kota yang padat dan polusi tinggi bisa tampil menyegarkan dengan memiliki cukup elemen tanaman di kantor. Hal ini bisa dilakukan dengan membuat vertical garden pada salah satu dinding. 
Anda bisa melakukan kreasi lainnya yang menambahkan tumbuhan hijau yang dikatakan bisa menyegarkan mata yang lelah karena menatap layar komputer seharian. Mendapatkan pot tanaman yang hijau tapi berkesan modern tidak sulit dan bisa jadi desain minimalis yang tepat untuk kehidupan kantor yang penuh dengan tenggang waktu dan tekanan.

2. Kantor playful yang berwarna

Desain kantor minimalis seperti ini sudah tidak aneh lagi, khususnya kantor yang menuntut kreativitas. Pendekatan playground office mengadopsi warna-warni berani yang identik dengan kesan menyenangkan dan menstimulasi berbagai ide brilian. 
Meja billiard di sudut ruangan atau menaruh bean bag besar yang berwarna. Kantor Anda bahkan tidak perlu membeli set perabotan kantor dan bisa mix dan match dekorasi dengan suka – suka. Ini bisa jadi tampilan kantor yang Anda butuhkan agar karyawan bisa lebih betah bekerja. 

Baca juga: Tanya desainer: rumah kantor
 

3. Sekat kaca

Desain minimalis identik dengan ruangan luas yang minim privasi. Semua orang bisa melihat apa yang karyawan lain kerjakan. Konsep ini bisa diterjemahkan dengan memakai sekat kaca alih – alih partisi atau kubikal. Jadi, tidak ada jarak antara atasan dan bawahan dan produktivitas jadi lebih terjamin. Ruangan Pun jadi terlihat lebih luas karena sekatnya yang bening. 

Sekat kaca bisa dipadukan dengan perabotan putih, perak atau stainless steel untuk menonjolkan kesan modern. Bisa juga berpadu dengan materi kayu sebagai tampilan kontras. Gaya desain kantor minimalis seperti ini sangat fleksibel dan bisa dikombinasikan dengan gaya lain yang sepadan. 

4. Tanpa sekat sama sekali

Ada ide yang lebih sederhana dan modern. Anda menyewa ruangan kantor dan tidak membuat sekat sama sekali. Inilah yang sering kita lihat pada shared-office dimana semua orang bekerja pada ruangan besar bersama – sama.

Sirkulasi tidak akan menjadi masalah, begitu juga komunikasi yang tidak perlu keluar ruangan untuk bertemu departemen lain. Mereka ada di seberang kantor dan bisa dilihat dari tempat duduk Anda. Yang dibutuhkan hanya furniture untuk membatasi tiap departemen dan bisa dikreasikan sesuai preferensi tiap divisi. 

5. Pilihan monokrom yang dinamis

Desain kantor minimalis bisa difokuskan pada warna, misalnya hitam dan putih atau dikenal juga sebagai monokrom. Putih membuat ruangan lebih lega dan hitam menjadi kontras yang atraktif. Pilihan warna bisa diterapkan mulai dari lantai sampai pilihan meja dan kursi. 

Hal mendasar yang perlu diperhatikan dengan desain seperti ini adalah bentuknya yang sangat simple. Jadi, pilih perabotan yang multifungsi sehingga memberikan aksen unik untuk tampilan sederhana yang modern ini. 

6. Desain huruf u

Bila Anda memiliki ruang kantor berukuran besar dengan jumlah karyawan kantor sedikit, desain ruangan kantor bisa mengadopsi bentuk U. Meja melekat pada dinding yang mengelilingi sehingga karyawan memiliki ruang untuk berfokus pada kerjaannya. Desain kantor minimalis seperti ini tetap memungkinkan karyawan berinteraksi dengan karyawan lainnya. 

Bagian kosong di tengah ruangan bisa ditempatkan meja panjang untuk area rapat atau ketika diperlukan untuk berinteraksi dengan karyawan lainnya. Dengan demikian, semua karyawan bisa terpantau dalam satu ruangan tanpa butuh partisi atau perabotan yang berlebihan. 

7. Desain modern industrial

Gaya Industrial kerap dikawinkan dengan interior minimalis dan memberikan tampilan vintage yang khas. Dinding yang tidak diplester, bagian langit – langit yang dibiarkan terbuka tanpa penutup. Ini adalah ciri khas gaya minim yang terbuka dan juga bebas. 

Anda akan nyaman berada di kantor yang suasananya bak cafe nyentrik yang cozy. Kunci menerapkan desain kantor seperti ini adalah pada pemilihan perabotan yang didominasi antara kayu, besi, stainless dan kaca. Selain itu, membuat bagian struktur ruangan tidak terselesaikan menciptakan keselarasan dalam ruang yang sederhana tapi mendalam.

8. Desain dominasi kayu kontemporer

Desain kantor minimalis bisa dipadukan dengan kayu berukuran besar untuk jadi fokus pada ruangan. Umumnya diterapkan pada meja rapat atau meja kerja. Dengan demikian ada area yang memang jadi pusat perhatian karena memakai kayu dalam ukuran besar dan lainnya dibiarkan pada ukuran normal. 

Ini adalah desain yang memadukan antara gaya tradisional rumah pedesaan atau villa peristirahatan di atas gunung dengan aksen modern yang minim dekorasi dan fungsional. Tampilan yang ingin dicapai adalah bagai pergi kerja di resort liburan yang santai tapi membuat Anda jadi semangat kerja pada waktu bersamaan.

9. Minimalis futuristik

Apa yang Anda pikirkan kalau berkaitan dengan desain kantor minimalis futuristik? Furniture yang didominasi warna perak atau bahan stainless steel. Bisa juga Anda adopsikan warna putih dengan penempatan lampu dibawah meja atau lemari untuk memberikan kesan futuristik yang kental. 

Ini adalah pilihan desain kantor yang pas bagi perusahaan yang bergerak di bidang IT atau teknologi. Anda tinggal sempurnakan dengan pilihan dekorasi dan perabotan yang sesuai dengan tema tersebut. Gaya interior ini juga dikenal dengan penerapan ruang luas yang terbuka sehingga karyawan bisa leluasa bergerak. 

10. Artistik modern

Bagaimana kalau ide desain kantor minimalis dipadukan dengan gaya retro yang artistik tapi modern. Kantor akan memiliki kombinasi kayu yang kecoklatan dengan warna berani yang ditempatkan secara khusus pada satu area sehingga menjadikannya fokal poin dari keseluruhan ruangan. 

Anda bisa memilih wallpaper dengan warna berani atau memasang lukisan yang terinspirasi dari kartun yang menonjol. Ini adalah konsep artistik yang tidak menggunakan terlalu banyak warna tapi memilih beberapa sehingga jadi pusat perhatian tanpa terlalu berlebihan. 
Gunakan inspirasi desain kantor minimalis yang dibahas di atas untuk kantor Anda sendiri. Perhatikan bentuk ruangan dan elemen apa yang ingin diterapkan pada kantor Anda. Ada beragam desain yang bisa diterapkan dengan berpegangan pada konsep minimalis. Kantor Anda bukan hanya terlihat atraktif tapi juga berpengaruh dengan semangat kerja karyawan. 

Temukan perabotan yang kantor Anda butuhkan untuk mewujudkan kesan minimalis hanya di IKEA. Mulai dari perabotan berukuran besar seperti meja, kursi atau lemari bisa ditemukan disana. Lengkapi juga dengan dekorasi modern seperti lampu, hiasan dinding lainnya dengan mengunjungi outlet IKEA langsung atau berbelanja secara online melalui situs resminya. 



cross