10 Ide Perabot untuk Ruangan dengan Background Kayu

Background kayu dapat memberikan sentuhan earthy dan menambahkan tekstur ke rumah Anda. Warna kayu yang dominan cokelat akan memberikan nuansa alam yang hangat. Anda bisa memasang panel kayu asli yang kokoh dan terlihat mewah. Namun, harganya mahal serta sulit dipasang dan dilepas. 

Keramik bermotif kayu bisa jadi alternatif yang lebih terjangkau tapi cenderung permanen. Kalau Anda suka gonta-ganti desain interior atau tinggal di hunian sementara, Anda bisa memilih wallpaper bermotif kayu yang mudah dipasang dan dilepas.

Background kayu tidak harus dipasang penuh di dinding. Anda bisa menjadikannya wainscot (panel kayu yang menutup setengah dinding bagian bawah) atau pemisah ruang. Selain di dinding, background kayu juga dapat dipasang di lantai dan langit-langit.

Ada banyak pilihan background kayu yang akan membuat rumah Anda tampak lebih menarik. Anda bisa memilih dinding yang permukaannya timbul atau rata serta tampilan serat kayu yang samar atau jelas. Polanya pun bermacam-macam, misalnya herringbone, shiplap, geometrik, dan lain-lain.
 

Memadukan perabot dengan background kayu

Kombinasi background kayu dengan furnitur yang tepat bisa menghasilkan tampilan ruangan sesuai gaya interior yang Anda inginkan. Misalnya, jika Anda memiliki dinding dengan panel kayu berwarna gelap dan ingin membuat ruangan terlihat lebih segar, terang, dan lembut, maka letakkan kabinet, sofa, karpet, dan bantal berwarna cerah seperti putih, krem, abu-abu, atau aquamarine.

Untuk kamar, warna netral seperti putih dan abu-abu bisa memberi efek menenangkan. Warna putih juga menjadi ciri khas gaya farmhouse dan pantai. Sementara itu, pencinta desain ala Skandinavia cenderung memilih warna krem dan cokelat muda. 

Untuk Anda yang menginginkan interior ala kabin, gunakan background kayu berwarna cokelat sedang hingga tua serta sofa kulit dan lemari kayu jati untuk memunculkan kesan hangat dan nyaman.
 


10 ide perabot minimalis untuk ruangan dengan background kayu


1. Perabot untuk ruangan berpanel kayu motif samar
Background kayu dengan motif dan warna tidak mencolok seperti ini netral sehingga bisa dipadupadankan dengan perabot apa saja. Untuk gaya konvensional di kamar, misalnya, Anda bisa meletakkan kasur berwarna putih, sofa berwarna gelap, dan nakas warna krem.
2. Perabot untuk ruangan dengan dinding kayu berpola ramai

Background kayu dengan tampilan mencolok seperti pola geometrik, wajik, dan lainnya bisa jadi statement wall yang menarik perhatian saat memasuki ruangan. Tambahan lampu sorot dapat memperjelas detailnya. Agar tidak terlalu ramai dan mengganggu pandangan, pilih mebel yang polos dan berwarna netral seperti abu-abu, hitam, putih, atau krem.

3. Perabot untuk ruangan dengan latar belakang kayu ala Jepang
Untuk menghadirkan nuansa ala Jepang, Anda bisa mengombinasikan background kayu berwarna gelap atau bermotif bambu dengan furnitur  monokrom minimalis. Perabot dan aksesori dengan garis-garis lurus yang tegas menjadi ciri khas gaya Jepang modern minimalis.
4. Perabot untuk ruangan dengan panel kayu kotak-kotak

Background kayu kotak-kotak bisa dilengkapi dengan perabot bergaya minimalis. Namun, sesuaikan dengan ukuran kotak-kotaknya juga. Motif kotak-kotak yang besar menimbulkan ilusi ruangan lebih sempit dibanding motif kotak-kotak kecil dan akan menjadi pusat perhatian. Anda bisa melengkapinya dengan furnitur berdesain simpel dan ringkas. Namun, jika motif background kayu Anda kotak-kotak kecil, Anda bisa bermain di perabot yang agak lega.

5. Perabot untuk ruangan dengan panel kayu horizontal

Background kayu dengan pola horizontal bisa memberikan kesan lebih luas pada ruangan Anda. Pilihan motif yang sederhana dan warna cokelat cenderung gelap menampilkan nuansa rustic

Jika background kayu memenuhi seluruh ruangan, apalagi kalau ruangan Anda memiliki perapian, Anda jadi terasa seperti di lodge atau kabin. Perkuat kesan tersebut dengan menambahkan sofa kulit. Atau, Anda bisa juga mengurangi kesan oldies dengan menempatkan perabot-perabot modern berwarna cerah.

6. Perabot untuk ruangan dengan lempeng kayu vertikal

Dinding dengan panel kayu berpola horizontal memberikan kesan tinggi. Motif ini pas untuk ruangan berdinding rendah dan berukuran luas. Cocok dipakai untuk dinding partisi maupun sebagai headboard tempat tidur. Karena itu, ranjang tanpa headboard bisa Anda tempatkan di sini.

7.  Perabot untuk ruangan dengan background kayu warna putih

Background kayu putih, terutama yang berpola vertikal, disebut shiplap. Ada pula shiplap horizontal yang identik dengan gaya pantai atau farmhouse. Dekorasi seperti ini memberikan tampilan garis-garis rapi di dinding. Warna putih juga memantulkan cahaya sehingga membuat ruangan Anda lebih terang. 

Imbangi dengan furnitur berwarna lain agar tidak terlalu silau, atau tambahkan perabot berwarna hitam dan abu-abu untuk desain monokrom. Jika ingin ruangan tampak lebih modern dan tidak terlalu bergaya country, kombinasikan dengan lantai kayu berwarna muda serta tambahkan dekorasi minimalis dan fungsional. Sebaiknya, nuansa serba putih benderang tidak digunakan di kamar tidur karena terlalu terang.

8.  Perabot untuk ruangan dengan latar belakang kayu abu-abu

Background kayu tidak harus berwarna cokelat, tapi bisa juga warna netral lain seperti abu-abu. Jika kayu cokelat memberikan kesan hangat, kayu abu-abu yang “di luar pakem” memberikan kesan hipster. Anda bisa memasang aneka aksesori di dinding serta perabot kekinian untuk melengkapi kesan edgy tersebut.

9.  Perabot untuk ruangan dengan dinding kayu berwarna
Background kayu tak harus melulu berwarna cokelat atau netral. Boleh saja jika Anda ingin bermain dengan warna. Untuk menghasilkan warna baru di panel kayu asli, Anda bisa mengecatnya. Background kayu berwarna bisa menjadi titik fokus di ruangan jika Anda meletakkan furnitur-furnitur monokrom, atau warnanya bisa disesuaikan dengan tema desain interior Anda.
10.  Perabot untuk ruangan dengan dinding kayu variasi warna

Kombinasi background kayu dengan warna alami ditambah sedikit sentuhan warna lain yang bold menghasilkan tampilan yang berbeda. Tambahan sedikit warna kuning di warna dasar krem, misalnya, menghasilkan tampilan segar. Tidak harus di dinding, Anda juga bisa memberikan warna pada ruangan melalui perabot.

IKEA siap mempercantik ruangan Anda yang bernuansa kayu dengan pilihan perabot dan aksesori tradisional maupun modern. Cek koleksi kami di sini.




cross