Produk Pembanding

Anda memiliki dari 8 produk yang dapat dibandingkan.

Produk Pembanding

Anda memiliki dari 8 produk yang dapat dibandingkan.


Bandingkan sekarang

Ucapkan halo pada rutinitas Ramadan yang lebih praktis

Untuk memudahkan Anda dalam menyiapkan keperluan selama sahur dan berbuka, kami memiliki beberapa tips mudah yang dapat Anda coba.

Tips menyiapkan menu sahur dan buka puasa yang mudah dan praktis

Bulan Ramadhan sudah tepat di depan mata. Persiapkan diri Anda untuk menyambut bulan suci penuh berkah ini dengan melakukan beragam cara yang dapat memudahkan Anda untuk menyiapkan makanan sahur dan berbuka puasa dengan lebih praktis.
Menyiapkan makanan sahur dan buka puasa untuk keluarga dapat menjadi suatu tantangan tersendiri. Menu sahur dan berbuka yang baik seharusnya tidak hanya lezat, namun juga harus mengandung gizi yang tepat agar puasa dan aktivitas sehari-hari dapat berjalan lancar. Nah, lalu bagaimana mempersiapkan menu sahur dan buka puasa yang lezat dan sehat, namun dengan cara mudah dan praktis? Berikut ini adalah beberapa tips untuk mewujudkannya:

1.    Siapkan bahan makanan dan minuman semalam sebelumnya

Jika Anda tak memiliki banyak waktu dan tenaga untuk mempersiapkan sahur dan buka puasa, Anda harus mencoba cara praktis ini. Buatlah perencanaan menu makanan bergizi seimbang yang mudah untuk beberapa hari ke depan dengan menggunakan bahan makanan yang sama dengan olahan yang berbeda. Cara ini dapat memudahkan Anda untuk menyiapkan makanan ketika waktu sahur dan berbuka tiba, namun harus mengorbankan waktu Anda yang berharga di malam harinya. 
 
-    Memotong bahan makanan yang akan digunakan
Saat daftar menu sahur dan berbuka sudah siap, mempersiapkan bahan-bahan memasak untuk beberapa hari ke depan akan jadi lebih mudah.
Siapkan daging, sayuran dan bumbu dapur yang akan dimasak ketika sahur dengan dipotong-potong terlebih dulu, lalu masukkan semuanya ke dalam tempat makanan yang tertutup rapat.
-    Masukkan bahan makanan ke dalam tempat makanan dan simpan dalam kulkas
Setelah potongan daging, sayuran dan bumbu dapur disimpan dalam tempat makanan, masukkan ke dalam kulkas untuk digunakan keesokan harinya ketika sahur dan buka puasa.
Keuntungan menggunakan tempat makanan dengan bahan kaca atau plastik transparan adalah dapat memudahkan Anda untuk melihat bahan makanan mana yang ingin Anda gunakan dengan lebih cepat dan praktis. 
-    Memotong buah dan sayuran untuk membuat infused water dan jus, lalu simpan dalam kulkas 
Untuk menjaga sistem imunitas tubuh Anda dan keluarga di bulan Ramadhan ini, perbanyaklah mengonsumsi buah-buahan dan sayuran. Anda dapat menyiapkan infused water dengan menggunakan berbagai potongan buah dan membuat jus yang segar pada malam hari untuk diminum saat sahur.
Selain menyehatkan, infused water dan jus juga berguna untuk menyegarkan tubuh Anda dan keluarga untuk menjalankan puasa.

2.    Memasak makanan lebih praktis saat Ramadan

Keesokan harinya sebelum waktu sahur dan berbuka, Anda tak perlu repot lagi untuk mengolah bahan makanan karena semua telah disiapkan pada malam harinya. Cukup ambil dari kulkas lalu siap dimasak. 
Dengan bahan-bahan yang sudah siap untuk dimasak, Anda akan menghemat waktu dan dapat fokus di proses memasak seperti menggoreng dan merebus.

3.    Simpan makanan untuk sahur dan buka puasa berikutnya

Jika di malam sebelumnya Anda telah memasak makanan, atau banyak makanan semalam yang masih tersisa, tempatkan dalam tempat makanan dan simpan di kulkas.
Anda dapat menghangatkannya kembali di microwave untuk makanan saat sahur dan buka puasa di hari berikutnya.

4.    Siapkan bahan makanan kering

Anda juga dapat menyiapkan makanan kering sebagai lauk tambahan, seperti abon, kering tempe, dendeng balado kering, rendang kering, ikan teri cabai, dan makanan kering lainnya yang dapat disimpan dalam waktu lama dan tak perlu dimasak lagi.
Anda juga dapat menyimpan instant oatmeal dan sereal yang akan sangat praktis ketika Anda dan keluarga terlambat bangun sahur atau sedang bosan dengan menu buka puasa yang biasa. Tinggal tambahkan buah-buahan yang segar dan berserat tinggi. 

Baca inspirasi Ramadan lainnya: 5 ide menyajikan jamuan masakan buka puasa agar lebih berkesan
 

Solusi praktis menyiapkan ruang salat di rumah

Saat situasi tidak memungkinkan untuk salat tarawih berjemaah di masjid, Anda dapat menggantinya dengan melakukan salat tarawih di rumah bersama keluarga. Untuk itu Anda perlu menyiapkan ruang khusus agar ibadah Anda dapat terasa lebih khusyuk dan nyaman. Berikut beberapa rekomendasi perabot yang mungkin Anda butuhkan.
 

1.    Siapkan penyimpanan untuk perlengkapan salat Anda

 
Agar aktivitas tarawih menjadi lebih lancar, pastikan perlengkapan ibadah Anda tersimpan dengan rapi –  sehingga tidak perlu menghabiskan waktu terlalu lama untuk mencari sajadah, mukena, dan perlengkapan salat lainnya. Meja KVISTBRO dapat menjadi solusi penyimpanan multifungsi. Tak hanya sebagai meja tamu, namun juga dapat menjadi tempat penyimpanan sajadah Anda. Ketika saat menunaikan salat tiba, Anda dapat langsung menemukannya dengan mudah.
Selain tempat untuk menyimpan sajadah, Anda juga memerlukan satu tempat untuk menyimpan perlengkapan ibadah lainnya, seperti tasbih, Al-Qur’an hingga mukena. Kotak penyimpanan DRÖNA  cukup besar untuk menyimpan semua perlengkapan ibadah Anda. Anda dapat menyimpan kotak DRÖNA di dalam lemari pakaian atau lemari rak KALLAX.  Setelah menjalankan ibadah Sholat, Anda dapat meletakkan kembali perlengkapan ibadah  ke kotak penyimpanan agar memudahkan Anda nantinya.

2.    Lapisi lantai ruangan dengan karpet yang nyaman

Hadirkan kenyamanan di ruang salat Anda dengan menutupi lantai dengan karpet yang lembut dan indah. Selain menyediakan alas sebagai tempat untuk salat, karpet akan melengkapi momen Anda dan keluarga menikmati hidangan berbuka dengan tema liwetan. Duduk di atas karpet sambil makan dan mengobrol bersama keluarga tentu akan membuat suasana semakin akrab. Saat Anda dan keluarga selesai menikmati hidangan buka puasa, Anda dapat dengan mudah membereskan perlengkapan makan di atas karpet dan kemudian bersiap mengubahnya menjadi tempat untuk salat.

3.    Gunakan perabot yang mudah dipindahkan

Jika Anda tidak memiliki ruang khusus di rumah yang dapat dijadikan ruang untuk salat bersama, ruang keluarga dapat menjadi solusi alternatif. Anda dapat mengubah ruang keluarga menjadi ruang salat dalam waktu singkat dengan perabot yang ringan atau yang memiliki roda. Misalnya, meja troli LUBBAN untuk meletakkan berbagai kebutuhan di ruang keluarga atau membawa makanan buka puasa dari dapur ke ruang keluarga. Anda dan anggota keluarga pun dapat menikmati hidangan sambil menonton acara televisi favorit. 
Dengan membuat rutinitas Sahur dan Buka Puasa menjadi lebih praktis, Anda dapat memiliki waktu lebih untuk beristirahat atau menghabiskan waktu luas bersama keluarga. Mari jelajahi IKEA.co.id dan temukan perabot serta aksesoris yang Anda butuhkan selama Ramadan.

Kami yakin kreativitas selalu menginspirasi, dan IKEA bangga menjadi bagian dari kreasi dekorasi rumah Anda. Namun, jika perabot dimodifikasi sehingga mengubah fungsi asli, maka ini akan mengakhiri masa garansi.
 

Dibuat oleh:

Ayu Nindyakirana dan Anita