Kreasikan rumah ramah lingkungan

Bumi adalah rumah kita. Dengan maraknya perubahan iklim karena pencemaran lingkungan, sudah saatnya kita mencoba untuk lebih peduli dengan alam. Rumah ini mengadaptasi pola hidup ramah lingkungan dengan cara-cara mudah yang dapat dilakukan di rumah.

Tetap segar, tetap terlihat

Kurangi sampah makanan dengan mengambil makanan sesuai porsi, dan simpan sisa makanan untuk dikonsumsi di lain waktu.

Wadah dengan material kaca atau plastik transparan yang dilengkapi penutup digunakan agar bahan makanan ataupun sisa makanan dapat tetap terlihat, serta memudahkan untuk menemukan makanan di dalam kulkas ataupun di rak dapur.

Mulai kurangi sampah plastik

Menggunakan tas reusable ketika berbelanja adalah salah satu cara untuk mengurangi sampah plastik.  Tas belanja digantung di tembok yang dilengkapi dengan pengait agar terlihat dan mudah diambil ketika diperlukan.

Solusi lainnya adalah dengan membawa botol minuman dan wadah makanan sendiri ketika bepergian.  

Untuk penyimpanannya, letakkan di dalam laci kabinet dapur dan kelompokkan sesuai jenisnya, misalnya wadah ditumpuk menjadi satu, begitupun dengan bagian tutupnya.

Kurangi sampah dengan manfaatkan kembali

Laci dapur bagian bawah dimanfaatkan sebagai tempat pemilahan sampah sederhana. Tiap tempat sampah, masing-masing diberi kategori, seperti sampah organik, plastik, kertas, dan gelas.

Sampah organik dapat dimanfaatkan menjadi pupuk kompos untuk tanaman, sedangkan sampah kertas / kardus bisa digunakan kembali untuk menulis atau membuat prakarya bersama anak-anak.

Untuk mengurangi sampah, perabot yang sudah usang juga dapat dimanfaatkan kembali dengan cara diperbaiki dan diberi cat agar terlihat baru dan lebih menarik.         

Bawa segarnya nuansa alam

Beri rumah sentuhan hijau dengan memfungsikan beberapa area untuk tanaman. Selain dapat membuat suasana ruang lebih segar karena menyerap polusi dan menghasilkan oksigen, melihat tanaman hijau juga dapat membuat tubuh lebih rileks karena terasa seperti dekat dengan alam.

Tempatkan berbagai koleksi tanaman hias di kabinet dan rak dinding. Kreasikan pula vertical garden di dinding dengan menggabungkan beberapa jenis tanaman hias dan tanaman tiruan.

Hidup lebih sehat dengan berkebun

Berkebun tak hanya menyenangkan, namun juga dapat memberi efek positif. Dengan berkebun dan menumbuhkan bahan makanan sendiri, Anda yakin dengan apa yang masuk ke dalam tubuh Anda.

Siapkan area khusus yang lengkap dengan beragam aksesorisnya untuk memudahkan Anda ketika melakukan aktivitas berkebun. Ajak anak-anak ikut serta untuk menanam tanaman mereka sendiri menggunakan baki untuk memanggang muffin.

Sekaligus untuk mengamati bagaimana tanaman tumbuh dari benih hingga berkembang menjadi sayuran dan bumbu dapur, untuk selanjutnya disajikan di meja makan.

Gunakan yang ramah lingkungan

Pilih perabot yang ramah lingkungan dengan menggunakan produk yang terbuat dari material daur ulang atau bahan yang terbarukan, seperti bambu.

Aksesoris ramah lingkungan juga menjadi solusi untuk menghemat energi, seperti penggunaan keran yang hemat air serta lampu LED yang hemat listrik dan tahan lama.



cross