Produk Pembanding

Anda memiliki dari 8 produk yang dapat dibandingkan.

Produk Pembanding

Anda memiliki dari 8 produk yang dapat dibandingkan.


Bandingkan sekarang

Kekuatan plywood

Di tahun 1950-an plywood adalah pilihan yang lebih disukai oleh ikon desainer seperti Arne Jacobsen dan Charles dan Ray Eames. Kini, setelah beberapa dekade tersingkirkan, plywood kembali ke bisnis. Jadi, apa yang spesial? Kami bertanya pada Julián Velázquez-Vidal, Category Area Manager Wood & Fibres di IKEA – dan seorang pendukung sejati plywood.
 
Dua kursi rendah dan lebar, ditempatkan saling tegak lurus, seluruhnya terbuat dari lembaran plywood yang rata.
Sketsa hitam-putih, berfokus pada wajah, IKEA Category Area Manager Wood & Fibre, Julián Velázquez-Vidal: tersenyum dengan rambut pendek.

Mari mulai dari awal – apa itu plywood?
"Ada beberapa definisi berbeda, tapi pada dasarnya plywood adalah lapisan-lapisan veneer – irisan tipis dari kayu yang disatukan. Jenis kayunya bervariasi, bisa pinus, birch, poplar... Hasilnya adalah papan yang sangat kuat yang dapat digunakan sebagai lembaran datar atau ditekuk."

Jadi, apa kelebihan dari plywood?
"Dari permulaannya! Kayu secara keseluruhan adalah satu dari bahan paling berkelanjutan, dan dengan menjadikannya sebagai plywood kita dapat meminimalisir jumlah limbah. Dibutuhkan dua kali lipat jumlah pohon untuk membuat sebuah kursi dari kayu solid dibandingkan dengan plywood, dan plywood juga lebih kuat jika dikreasikan dengan benar.

Bagaimana dengan perekat yang Anda gunakan?
"Setiap kali berhubungan dengan bahan kimia, IKEA selalu mematuhi aturan yang ada dengan sangat ketat. Kami juga sedang dalam proses menguji perekat bebas formalin, satu terbuat dari selulosa dan satu lagi terbuat dari kacang kedelai."

Adakah sisi baik lainnya dari plywood?
"Banyak! plywood adalah bahan yang sangat kokoh dan tetap indah meski dipakai bertahun-tahun. Anda dapat menemukan kursi plywood tahun 1950-an yang tetap terlihat luar biasa dan nyaman digunakan. Keuntungan lainnya adalah Anda dapat terus mengkreasikannya. Plywood dapat ditekuk dan dibentuk sesuai keinginan.

Apakah plywood berhubungan erat dengan Skandinavia – ataukah itu konsep yang salah?
"Pada tingkat tertentu Anda benar – plywood sangat Skandinavia, atau setidaknya pada tahun 1950-an ketika orang-orang seperti arsitek Finlandia Alvar Aalto dan desainer Denmark Arne Jacobsen berada di puncak popularitas. Tetapi ada juga ikon desainer di negara lain yang sangat menguasai plywood, seperti Charles dan Ray Eames dari Amerika Serikat. Pada tahun '70-an, penggunaan bahan ini menurun drastis dan sekarang mengalami kebangkitan besar – Anda dapat melihatnya di mana-mana. Saya sangat senang."

Sandaran tangan plywood dan detail rangka serta dudukan dari kursi berlengan, ditempatkan di ruang yang diterangi matahari; tanaman berada di belakang.
Rak dinding kecil persegi panjang yang terbuat dari plywood, dipasang pada dinding bata kasar (mungkin di luar ruangan).

"Plywood adalah bahan yang sangat kokoh dan tetap indah meski dipakai bertahun-tahun. Keuntungan lainnya adalah Anda dapat terus mengkreasikannya. Plywood dapat ditekuk dan dibentuk sesuai keinginan."

Julián Velázquez-Vidal
Dua kotak penyimpanan berbentuk kubus yang terbuat dari plywood, ditumpuk satu sama lain. Kotak bawah memiliki roda.
Kami senang melihat pelanggan berkreasi dengan produk kami. Silakan saja! Namun perlu diketahui bahwa mengubah atau memodifikasi produk IKEA sehingga tidak dapat dijual kembali atau digunakan seperti tujuan awalnya, berarti jaminan komersial IKEA dan hak Anda untuk mengembalikan produk akan hilang.