Produk Pembanding

Anda memiliki dari 8 produk yang dapat dibandingkan.

Produk Pembanding

Anda memiliki dari 8 produk yang dapat dibandingkan.


Bandingkan sekarang

Ide cara menata ruang keluarga impian

Ruang keluarga adalah salah satu ruang yang paling sering digunakan di rumah karena menjadi pusat aktivitas Anda dan keluarga untuk bersantai serta menghabiskan waktu bersama. Untuk menciptakan ruang keluarga yang nyaman tentu membutuhkan penataan ruang yang tepat.
Desain merupakan hal paling penting yang harus diperhatikan dengan baik sebelum menata ruang keluarga. Sesuaikan desain dengan karakter dan kepribadian Anda dan anggota keluarga lainnya agar tercipta sebuah ruang keluarga yang dapat memberikan kenyamanan maksimal dalam beraktivitas.  
Berikut ini ada beberapa ide cara menata ruang keluarga yang dapat Anda aplikasikan untuk menciptakan ruangan yang sesuai dengan kepribadian Anda sekeluarga:

1. Temukan tempat duduk yang sesuai aktivitas

Tempat duduk, yaitu sofa dan kursi berlengan, adalah perabot utama yang biasa dihadirkan di ruang keluarga. Sesuaikan tempat duduk yang Anda pilih dengan luas ruang keluarga yang Anda miliki agar tampak proporsional secara keseluruhan. Anda juga harus menyesuaikan tempat duduk dengan aktivitas harian Anda dan keluarga agar semua kebutuhan terpenuhi secara efisien. 
Sofa
Sofa adalah hal utama yang harus dimiliki ketika menata ruang keluarga. Hal ini berkaitan erat dengan pemilihan tempat duduk seperti apa yang terbaik untuk ruangan Anda. Banyak hal yang dapat dilakukan di atas sofa, karena itu pastikan sofa pilihan Anda sesuai dengan berbagai kegiatan yang Anda dan anggota keluarga lainnya lakukan di ruang keluarga.

Banyak aktivitas yang dapat dilakukan seperti beristirahat, menonton TV, bermain game dan gadget, belajar, mengerjakaan tugas, membaca, mendengarkan musik, makan, dan banyak lagi. Pilihlah sofa yang memiliki kenyamanan maksimal seperti sofa dengan dudukan yang dalam dan bantalan yang tebal. Pilih warna sofa yang gelap dan bahan yang mudah dibersihkan.
Kursi berlengan
Kursi berlengan sangat umum untuk dipadukan dengan sofa di ruang keluarga. Selain untuk melengkapi sofa, fungsi kursi berlengan pun beragam. Dapat digunakan sebagai kursi untuk membaca, untuk bersantai, dan juga untuk melakukan berbagai hobi favorit Anda dengan nyaman.
 
Pilihlah kursi berlengan yang penuh kenyamanan, dengan bahan yang Anda sukai dan memiliki dudukan yang dalam serta tebal, sehingga dapat digunakan dalam waktu yang lama. Untuk kursi membaca, pilih model kursi dengan sandaran punggung yang tinggi. Anda juga harus memperhatikan tinggi sandaran tangan pada kursi berlengan pilihan Anda. Usahakan kursi memiliki ketinggian sandaran tangan yang tepat agar lengan Anda berada pada posisi nyaman ketika bersandar sambal membaca buku.

2. Padukan dengan pilihan meja yang tepat

Selain sofa dan kursi berlengan, perabot yang harus dimiliki untuk ruang keluarga Anda adalah meja, yaitu meja tamu dan meja samping. Dengan pilihan jenis, ukuran, dan material meja tamu yang tepat akan memberikan tampilan yang baik dan selaras untuk ruangan Anda, serta tentunya ruang keluarga Anda akan tampak lebih rapi dan teratur karena meja dapat memberikan tempat penyimpanan untuk berbagai barang.
Meja tamu
Meja tamu memiliki peran penting sebagai pembagi area duduk di ruang keluarga, sehingga terlihat lebih simetris, dengan meja tamu yang terletak di tengah sebagai titik pusatnya.
 
Fungsi lainnya adalah untuk meletakkan makanan dan minuman (dan Anda juga bisa menjadikannya sebagai meja makan), untuk menyimpan majalah, buku, kotak penyimpanan, dan benda-benda lainnya yang dapat diletakkan di bagian bawah meja tamu. Untuk tampilan ruang keluarga yang lebih cantik, Anda dapat meletakkan bunga, tanaman, ataupun pajangan di atas meja sebagai elemen dekoratif.
Meja samping
Meja samping biasa diletakkan di samping sofa dan kursi berlengan di ruang keluarga Anda. Untuk memiliki tampilan ruang yang terkoordinasi, Anda harus memilih meja dengan jenis, ukuran, dan material yang tepat. 
Meja samping pada ruang keluarga berfungsi sebagai tempat penyimpanan, khususnya untuk menyimpan buku dan majalah. Bagian atasnya bisa untuk memajang aksesoris dekorasi seperti foto, vas bunga, tanaman, pajangan, lampu meja, dan banyak lagi.

3. Lengkapi kenyamanan dengan meja TV

Salah satu benda elektronik yang biasa ada di ruang keluarga adalah TV. Untuk melengkapi TV, Anda harus memastikan untuk memilih meja TV yang sesuai dengan kebutuhan Anda dan anggota keluarga Anda. Meja TV memiliki banyak fungsi, seperti sebagai tempat penyimpanan untuk perangkat multimedia, perpustakaan mini, dan Anda juga dapat mempercantik ruang keluarga dengan memajang koleksi dekorasi favorit Anda.
Untuk membuat aktivitas Anda sekeluarga disekitar meja TV terasa nyaman, pastikan ukuran TV yang Anda miliki sesuai dengan ukuran dan jarak sofa di ruang keluarga. Untuk membuat meja TV terasa proporsional, panjang meja TV harus 1,5 kali lebih panjang dari ukuran TV. Pastikan pula untuk menggunakan meja TV yang tidak terlalu tinggi agar aktivitas menonton terasa nyaman pada jarak pandang Anda.

4. Rapikan dalam kabinet penyimpanan

Perabot lain yang biasa dihadirkan di ruang keluarga adalah kabinet penyimpanan. Perabot ini tak hanya berfungsi sebagai tempat untuk menyimpan berbagai barang, namun juga dapat menjadi bagian dari dekorasi di ruang keluarga Anda. Pastikan Anda memilih kabinet penyimpanan yang sesuai dengan desain keseluruhan ruang keluarga Anda untuk mendapatkan tampilan yang harmonis.
Anda dapat menggunakan kabinet penyimpanan terbuka yang praktis dan akan memudahkan Anda untuk menyimpan dan meraih kembali barang dengan cepat. Namun apabila Anda lebih menyukai barang-barang yang Anda miliki tertata rapi tanpa debu, pilihlah kabinet penyimpanan tertutup yang menggunakan pintu. Jika Anda ingin memajang foto, koleksi buku favorit, pajangan, dan benda cantik lainnya, gunakan pintu lemari kaca. Dan sebaliknya, gunakan pintu lemari tanpa kaca untuk menyimpan barang-barang yang tidak menarik untuk ditampilkan.

5. Percantik dengan dekorasi menarik

Ciptakan ruang keluarga yang mencerminkan karakter dan kepribadian Anda sekeluarga dengan pemilihan dekorasi yang unik. Aplikasikan dekorasi yang tepat untuk menciptakan visualisasi ruang yang menarik pada dinding atau di dalam kabinet penyimpanan. Anda dapat memilih dekorasi dengan menggunakan berbagai koleksi pribadi seperti buku, mainan, pajangan, ataupun dengan memanfaatkan koleksi foto Anda dan keluarga sebagai elemen dekorasi yang menyenangkan pada ruang keluarga Anda.
Dekorasi dinding
Untuk menambahkan sentuhan personal ke dalam ruang keluarga Anda, coba kreasikan dinding seakan sebuah galeri seni, yaitu dengan menggunakan bingkai berisi foto dan gambar grafis dengan pola unik, jam dinding, cermin, kerajinan tangan, piring pajangan, rak ambalan, bahkan alat-alat musik seperti gitar dan terompet pun dapat menjadi pilihan dekorasi menarik untuk ditempelkan di dinding.
Bila Anda hanya menginginkan tampilan menarik namun yang membutuhkan sedikit effort dan mudah untuk dilakukan, buatlah kolase foto Anda, anggota keluarga, dan bahkan hewan peliharaan Anda. Tempelkan di dinding ruang keluarga dan keseluruhan ruang akan terasa lebih homey.
Dekorasi dalam lemari
Kabinet penyimpanan biasa ditemukan di ruang keluarga. Tidak hanya berfungsi sebagai tempat penyimpanan, namun juga dapat menambah estetika ruangan Anda. 
Memiliki kabinet penyimpanan yang menggunakan pintu kaca dapat menjaga barang-barang favorit Anda bebas dari debu namun tetap terlihat dan dalam jangkauan. Dengan menambahkan lampu pada kabinet, koleksi barang Anda akan semakin terlihat menarik.

6. Gunakan tekstil penambah kehangatan

Ciptakan ruang keluarga yang nyaman dan penuh kehangatan dengan menambahkan unsur tekstil, seperti bantal, selimut, karpet, gorden, tirai, dan barang-barang dengan material tekstil yang lembut lainnya. Selain untuk menunjang kenyamanan, menambahkan tekstil juga bisa menjadi dekorasi menarik tersendiri untuk mempercantik ruang keluarga Anda.
Bantal dan selimut
Untuk menciptakan kenyamanan yang maksimal pada sofa dan kursi berlengan di ruang keluarga Anda, tambahkan bantal-bantal yang empuk dan selimut yang hangat. Pilihan motif, warna, dan material dari bantal dan selimut dapat sekaligus menambah unsur estetika di rumah Anda.
Karpet
Selain bantal dan selimut, karpet juga dapat menunjang kenyamanan. Penggunaan karpet di ruang keluarga juga sekaligus dapat menjadi pemisah ruang secara tak langsung. Pilih karpet dengan material yang mudah untuk dibersihkan karena banyaknya aktivitas yang dilakukan di ruang keluarga, dan gunakan karpet dengan ukuran yang proporsional untuk memberi efek visual yang tepat.
Gorden dan tirai
Gorden dan tirai berfungsi untuk mengatur kualitas dan kuantitas cahaya yang masuk ke dalam ruangan. Hal ini sangat penting untuk menjamin kenyamanan aktivitas Anda saat di dalam rumah yang tentunya membutuhkan pencahayaan yang cukup. Dengan menggunakan gorden dan tirai, Anda dapat mengontrol cahaya yang masuk dengan membuka atau menutup gorden dan tirai.
Fungsi lain menggunakan gorden dan tirai adalah untuk menjaga privasi. Melihat pemandangan di luar rumah melalui jendela pasti menyenangkan. Namun, rasa nyaman tersebut dapat berkurang jika orang luar dapat melihat bagian dalam rumah Anda. Hal ini berkaitan dengan resiko keamanan dan keselamatan Anda.

7. Fungsikan pencahayaan sesuai kebutuhan

Pencahayaan sangat penting dalam penataan ruang keluarga Anda. Selain berfungsi untuk menerangi ruangan, pencahayaan yang baik juga dapat membangun suasana yang nyaman bagi Anda dan keluarga, serta dapat memberikan karakter tersendiri bagi ruangan. 
Cahaya alami yang cukup dapat membuat rumah Anda hemat energi pada siang hari karena Anda tak perlu menyalakan lampu. Penataan lampu yang tepat akan mengubah keseluruhan suasana ruang keluarga Anda menjadi lebih hidup dan nyaman menyesuaikan semua aktivitas harian Anda. Karena itulah, pengaturan lampu harus ditata semaksimal mungkin.

Berikut ini adalah tiga jenis pencahayaan yang harus Anda aplikasikan untuk menciptakan sebuah ruang keluarga yang penuh kenyamanan:
Pencahayaan utama
Gunakan lampu utama dengan cahaya yang mampu menyebar merata ke seluruh ruangan. Anda dapat menggunakan lampu utama dalam bentuk apapun, lampu plafon ataupun lampu gantung. Namun bila menggunakan lampu gantung, Anda harus pastikan ketinggiannya tidak terlalu rendah agar tak pas dan tidak mengganggu aktivitas harian Anda di ruang keluarga.
Pencahayaan sesuai fungsi
Gunakan lampu sesuai fungsi yang dapat membantu Anda untuk tetap dapat melakukan hobi Anda di ruang keluarga bahkan ketika malam hari, misalnya gunakan lampu baca bila Anda ingin membaca sambil bersantai di sofa.
Anda juga dapat menambahkan lampu sorot pada kabinet penyimpanan untuk memberi kesan dramatis agar koleksi favorit Anda terlihat jauh lebih menarik dan personal.
Pencahayaan untuk menciptakan nuansa
Gunakan pencahayaan tambahan untuk menerangi sudut-sudut gelap di ruang keluarga Anda dengan menggunakan lampu meja ataupun lampu lantai. Pencahayaan seperti ini dapat membuat suasana ruang keluarga Anda semakin nyaman dan homey.
Agar tidak menyilaukan mata, letakkan lampu-lampu tersebut sedikit lebih tinggi dari garis pandang Anda.

8. Hijaukan dengan segarnya tanaman

Ruang keluarga adalah tempat yang tepat untuk bersantai dan melepas kepenatan. Salah satu elemen dekoratif yang dapat membantu untuk memaksimalkan fungsi relaksasi di ruang keluarga adalah dengan menghadirkan tanaman hijau yang akan membuat sirkulasi dan kelembaban udara di dalam ruang menjadi lebih bersih dan segar.
Beberapa jenis tanaman memiliki fungsi yang luar biasa untuk ruang keluarga Anda. Pilihlah tanaman yang dapat membuat ruangan Anda terasa lebih nyaman, seperti tanaman yang dapat menurunkan tingkat stres.
Anda juga dapat menghadirkan tanaman yang memiliki kemampuan untuk menyerap radiasi dari perangkat elektronik seperti TV dan ponsel Anda.
Untuk menciptakan ruang keluarga yang nyaman dan sesuai impian, coba kreasikan daya imajinasi Anda dan aplikasikan ide-ide menarik diatas untuk menghidupkan ruang keluarga. Ciptakan ruangan hangat yang menyenangkan, serta sesuai dengan kepribadian Anda sekeluarga.      
 
Kami yakin kreativitas selalu menginspirasi, dan IKEA bangga menjadi bagian dari kreasi dekorasi rumah Anda. Namun, jika perabot dimodifikasi sehingga mengubah fungsi asli, maka ini akan mengakhiri masa garansi.
 

Dibuat oleh

Penulis: Ayu Nindyakirana