Produk Pembanding

Anda memiliki dari 8 produk yang dapat dibandingkan.

Produk Pembanding

Anda memiliki dari 8 produk yang dapat dibandingkan.


Bandingkan sekarang

Ide dekorasi ruang dapur sederhana

Dapur merupakan salah satu ruang penting di sebuah rumah. Dulu dapur hanya berfungsi sebagai tempat untuk memasak, namun sekarang fungsinya semakin beragam. Ruang dapur dapat menjadi ruang multifungsi karena sifatnya yang sebagai pusat dari rumah. Anda dapat melakukan banyak hal selain memasak dan menyantap makanan, dengan desain yang mengikuti tren dan gaya hidup modern.
Anda tak perlu hobi memasak untuk memiliki dapur dengan desain yang lengkap dan cantik. Karena sekarang ini dapur modern juga berfungsi sebagai area untuk menjamu keluarga dan kerabat, pemilihan dekorasi dan desain, serta tempat penyimpanan yang sesuai kebutuhan akan berperan penting untuk membuat Anda lebih bersemangat untuk berada di dapur. Berikut adalah ide dekorasi dapur sederhana yang dapat diaplikasikan untuk membuat dapur Anda terasa nyaman dan menyenangkan: 

1. Manfaatkan cahaya alami

Terangi ruang dapur Anda menggunakan pencahayaan alami. Pencahayaan menjadi aspek penting bagi sebuah ruangan. Selain berfungsi untuk menerangi ruangan, pencahayaan yang baik juga akan membangun suasana nyaman bagi Anda dan memberikan karakter di ruangan tersebut.
Gunakan jendela kaca dan skylight berukuran besar yang akan memfasilitasi cahaya alami untuk menerangi dan membantu kegiatan sehari-hari di dapur Anda sehingga menghemat penggunaan lampu di siang hari.
Saat siang hari, pencahayaan terbaik yang digunakan untuk menerangi ruangan adalah sinar matahari. Memaksimalkan penggunaan cahaya alami untuk ruang dapur Anda tentu akan mengurangi penggunaan lampu dan berdampak besar pada pengurangan konsumsi listrik di siang hari sehingga akan lebih hemat energi.

2. Tambahkan elemen estetik

Ciptakan dapur sederhana yang nyaman dengan menggunakan warna senada yang lembut dan netral, dengan paduan warna putih dan abu-abu muda. Cocok untuk ruang dengan ukuran terbatas karena desain ini akan membuat dapur Anda terasa lebih luas.
Untuk membuat dapur mungil Anda tidak terlihat membosankan, tambahkan beberapa elemen estetik sebagai dekorasi. Penggunaan aksen benda dan perabot berwarna gelap akan menciptakan nuansa kontras yang menarik.
Manfaatkan dinding dapur dengan menggunakan penyimpanan cerdas yang dapat menyediakan ruang lebih bagi Anda untuk memotong dan memasak dengan nyaman. Rel dan pengait berfungsi agar Anda dapat menggantung semua peralatan dan perlengkapan memasak, serta peralatan makan untuk membuat dapur Anda terasa lebih terorganisir. Kelompokkan dan tata dengan cantik agar terlihat lebih personal. Tambahkan bingkai dengan gambar bumbu dapur dan rempah-rempah untuk membuat dapur Anda memiliki kesatuan tema yang kuat.

3. Fungsikan ketinggian dinding

Ruang dapur memerlukan banyak tempat penyimpanan untuk berbagai kebutuhan memasak sehari-hari. Dapur berukuran sempit bukan masalah karena Anda dapat memfungsikan ketinggian dinding. 
Kombinasikan penyimpanan tertutup dan terbuka. Pasang rel dan rak dapur pada dinding untuk menggantung panci, wajan, dan semua peralatan lainnya untuk mempermudah aktivitas memasak. Kelompokkan berdasarkan fungsinya agar tampilan lebih teratur dan dapat memudahkan Anda meraih benda yang dibutuhkan dengan cepat. Dapur Anda yang berukuran sempit akan terasa lebih luas serta dapat menghemat tempat untuk menyimpan.

4. Gunakan penyimpanan terbuka

Ukuran dapur yang terbatas bukanlah masalah jika Anda dapat memanfaatkan fungsi ruang dengan sebaik-baiknya. Gunakan dapur mini yang terbuka ini agar Anda dapat dengan mudah menciptakan area praktis dan menginspirasi untuk memasak, bahkan dalam ruang terkecil sekalipun. 
Dengan menggunakan penyimpanan terbuka, semua peralatan dan perlengkapan dapur, peralatan makan, bahan-bahan makanan akan terlihat jelas dan memudahkan Anda meraihnya dengan mudah dan cepat. Kelompokkan dan tata berdasarkan fungsinya agar memiliki tampilan yang lebih teratur.

5. Kreasikan sebagai papan pengingat

Terkadang, kegiatan yang super sibuk di dapur dapat membuat Anda melupakan banyak hal. Anda dapat menempatkan ‘papan tulis’ di dapur yang berfungsi sebagai pencatat atau pengingat untuk Anda dan semua anggota keluarga di rumah.
Gunakan pintu lemari dapur berwarna hitam matte yang dapat difungsikan sebagai papan tulis kapur. Tambahkan untuk menjadi dekorasi dapur minimalis bergaya kreatif yang unik. Anda dapat menulis di atasnya, mulai dari resep, menu masakan, daftar belanjaan, daftar pekerjaan, kutipan penyemangat hingga berbagai aktivitas anak Anda. Permukaan pintu lemari ini sangat kuat, mudah dirawat dan juga mudah dibersihkan. 

6. Segarkan dengan nuansa alam

Dapur sederhana berukuran terbatas akan tampak luar biasa dengan tambahan sentuhan alam. Gunakan material natural pada dinding dan perabot untuk memberikan tampilan yang hangat. Maksimalkan pula bukaan berupa jendela kaca atau pintu yang dapat membuat cahaya alami masuk menerangi ruang dapur.
Penambahan tanaman hias juga dapat membuat suasana ruang dapur Anda tampak lebih segar. Pilih tanaman yang cukup mudah untuk dirawat, pastikan rutin untuk disiram dan tempatkan di dekat jendela karena tetap membutuhkan sinar matahari langsung.
Anda juga dapat membawa kesegaran alami ke dalam dapur dengan membuat ‘kebun’ tanaman herbal. Selain dapat mempercantik ruangan, tanaman-tanaman tersebut juga dapat digunakan untuk memasak. Keunggulan menanam tanaman herbal di dapur adalah perawatannya yang relatif mudah dan tidak memerlukan lahan yang luas. Tanam tanaman herbal dalam pot, lalu gunakan rel dapur dan pasang di dinding. Sekarang Anda bisa menanam dan merawat tanaman herbal yang praktis di dapur Anda.

Baca juga: 15 peralatan dapur dan fungsinya untuk koki rumah
 

7. Ekspresikan dengan pola dan warna

Untuk menciptakan ruang dapur ceria yang dapat membuat proses memasak jadi lebih menyenangkan, sesuaikan desainnya dengan selera dan kepribadian Anda. Jika Anda termasuk orang yang senang untuk mengekspresikan diri, kreasikan dapur Anda sebagai kanvas dengan bermain pola dan warna yang berani.
Gunakan bermacam pola grafis unik pada pintu lemari yang akan menjadi sorotan kuat di dapur Anda dan tambahkan perabot serta karpet dengan warna-warna vibrant yang akan membuat tampilan dapur Anda lebih bersemangat dan terasa personal. Padukan dengan warna dinding yang lembut dan netral untuk meredam suasana agar tampilan keseluruhan tidak terlalu ramai.

8. Tampilkan dengan cantik

Anda dapat mendekor ruang dapur sederhana di rumah Anda dengan bermacam cara. Untuk mempercantik tampilan dapur, Anda dapat menghadirkan dekorasi yang selaras dengan desain ruang dapur Anda.
Gunakan wallpaper sebagai alternatif pelapis dinding karena pilihan warna dan motifnya yang beragam dan menarik. Namun karena wallpaper berbahan kertas, sebaiknya aplikasikan pada area dapur yang kering, seperti rak piring dan perlengkapan dapur ataupun ruang penyimpanan terbuka. Padukan dengan mengubah warna perabot menyesuaikan konsep besar ruang dapur Anda atau menggunakan warna yang senada.
Peralatan dan perlengkapan dapur Anda yang di tata rapi di rak penyimpanan terbuka dapat menjadi elemen dekorasi tersendiri yang unik dan personal. Anda juga dapat memilih benda-benda dekorasi dengan warna menyesuaikan cat dinding dapur Anda agar terlihat seperti kesatuan yang harmonis dan terorganisir dengan cantik.

9. Memudahkan aktivitas keseharian

Menggunakan troli dapur dapat menjadi alternatif cerdas untuk membantu aktivitas Anda sehari-hari. Troli berukuran kecil dapat muat di dalam ruang berukuran sempit dan dapat dipindahkan kemanapun Anda membutuhkannya. Menyiapkan makanan dan minuman akan jauh lebih mudah dan praktis karena Anda tak perlu repot bolak-balik ke dapur.
Troli dapur juga dapat digunakan sebagai tempat penyimpanan tambahan. Gunakan sebagai alternatif untuk menyimpan berbagai peralatan memasak, peralatan makan, aksesoris meja makan, stoples berisi bahan makanan, bumbu dapur, serta sayur dan buah yang tak perlu disimpan di lemari es.
Ketika Anda ingin menggunakan barang-barang di dalamnya, Anda tinggal menggerakkan troli dan bawa ke manapun yang Anda inginkan.
 
Kami yakin kreativitas selalu menginspirasi, dan IKEA bangga menjadi bagian dari kreasi dekorasi rumah Anda. Namun, jika perabot dimodifikasi sehingga mengubah fungsi asli, maka ini akan mengakhiri masa garansi.
 

Dibuat oleh

Penulis: Ayu Nindyakirana