Produk Pembanding

Anda memiliki dari 8 produk yang dapat dibandingkan.

Produk Pembanding

Anda memiliki dari 8 produk yang dapat dibandingkan.


Bandingkan sekarang

6 inspirasi rak dapur minimalis untuk rumah Anda

Rak dapur adalah perabot penyimpanan yang dapat menjadi dekorasi cantik jika ditata dengan tepat. Rak dapur biasanya digunakan sebagai tempat meletakkan aneka bumbu dapur, peralatan masak hingga koleksi piring dan toples favorit Anda. Agar keindahan rak dapur semakin terlihat, menyesuaikan model rak dengan desain dapur menjadi hal yang penting. Untuk Anda yang memiliki desain dapur minimalis, beberapa rak dapur minimalis berikut ini dapat menjadi inspirasi.
Rak dapur minimalis bernuansa kayu
Nuansa kayu selalu memberikan kesan alami yang menenangkan di ruang mana pun termasuk di dapur minimalis Anda. Rak dapur minimalis dari bahan kayu solid tidak hanya terlihat cantik namun juga awet digunakan jika dirawat dengan tepat. Aksen kayu pada rak dapur minimalis menghadirkan karakter unik pada area memasak Anda. Untuk pilihan material kayu, Anda dapat memilih kayu pinus. Kayu pinus solid adalah bahan alami yang bertambah indah seiring berjalannya waktu. Selain itu kayu pinus juga cukup kuat sehingga awet digunakan dalam waktu yang lama.
Jika Anda membutuhkan ruang yang lebih besar untuk menyimpan koleksi piring dan kebutuhan dapur lainnya, lemari rak kayu dapat menjadi solusi sempurna. Pilih lemari rak kayu yang sesuai kebutuhan Anda. Jika Anda memiliki banyak barang yang ingin ditata, lemari rak yang tinggi dapat menjadi pilihan yang tepat. Jangan lupa untuk mengencangkan lemari pada dinding dengan alat pengencang yang disediakan untuk menghindari resiko terjatuh. Agar lemari rak kayu lebih awet digunakan, Anda dapat memolesnya dengan minyak atau wax.
Rak dapur minimalis warna putih
Hadirkan sentuhan klasik dan kesan luas di dapur Anda dengan rak berwarna putih. Warna putih salah satu opsi warna yang cocok digunakan jika dapur Anda bergaya minimalis. Anda dapat memasang rak dapur minimalis warna putih pada dinding untuk menata aneka piring, mangkuk dan cangkir. Dengan meletakkan perlengkapan makan pada rak dinding, Anda dapat lebih mudah menemukannya. Selain itu, dengan menempatkan koleksi piring dan mangkuk – terutama berbahan keramik – di atas rak, Anda dapat menjadikan mereka sebagai dekorasi dapur yang cantik.
Padukan rak dapur minimalis berupa rak piring atau lemari rak untuk memenuhi kebutuhan penyimpanan Anda di dapur. Agar rak dapur minimalis semakin indah, Anda dapat menambahkan barang dekorasi atau tanaman hijau berukuran kecil. Kini dapur Anda tidak kalah cantik dari ruangan lainnya.
Kelebihan lain dari rak dapur warna putih adalah mereka dapat dikombinasikan dengan perabot warna lainnya serta cocok untuk desain ruangan apa pun. Hal ini tentu memudahkan Anda jika sewaktu-waktu Anda ingin mengubah desain dapur. 
Rak dapur minimalis stainless steel
Bahan stainless steel atau baja anti karat memang menjadi favorit karena kuat dipakai hingga bertahun-tahun. Selain itu perabot berbahan stainless steel juga mudah dibersihkan sehingga cocok digunakan di area dapur yang rentan terkena cipratan minyak ataupun noda lainnya ketika Anda memasak – cukup bersihkan dengan lap basah maka perabot akan langsung bersih. Selain itu kesan mengkilap pada perabot berbahan stainless steel membuat dapur Anda terlihat lebih elegan. 
Banyak pilihan rak dapur minimalis dengan bahan stainless steel yang dapat Anda gunakan, mulai dari rak piring hingga lemari rak besar untuk menyimpan berbagai kebutuhan dapur, seperti toples bumbu dapur hingga peralatan memasak.
Untuk rak besar dan rak dinding, pastikan Anda telah memasang alat pengencang pada dinding untuk menghindari resiko rak terjatuh. IKEA menyediakan rak stainless steel dengan beragam aksesoris pengaturan sehingga Anda dapat menyesuaikannya sesuai kebutuhan.
Meja dapur yang dilengkapi dengan rak
Jika tidak ada ruang untuk menambahkan rak dinding atau lemari rak, Anda dapat memanfaatkan perabot multifungsi seperti meja dapur yang dilengkapi dengan rak di bagian bawahnya. Anda dapat menggunakan permukaan meja untuk menyiapkan bahan makanan atau sebagai meja makan. Sedangkan bagian bawah meja yang berupa rak dapat Anda pakai untuk menyimpan perlengkapan makan seperti piring, mangkuk, gelas hingga kebutuhan dapur lainnya. Dengan menggunakan perabot multifungsi seperti ini, Anda tidak hanya dapat menghemat tempat, namun juga anggaran karena tidak perlu membeli banyak perabot.
Untuk Anda yang berencana mengadakan jamuan makan di area luar, meja dapur dengan roda sangat mudah dipindahkan ke tempat yang dibutuhkan. Selain itu, rak pada meja dapur membantu Anda membawa hidangan serta perlengkapan makan yang diperlukan ke meja makan.
Anda tidak perlu lagi sibuk bolak-balik ke dapur untuk mengambil barang karena semuanya sudah tertata di rak meja – artinya tidak ada lagi obrolan yang terlewatkan! Jika Anda ingin membeli meja dapur dengan roda, pastikan roda pada meja dapat dikunci agar meja dapat tetap stabil.
Lemari rak dengan desain ramping dan tinggi
Untuk ruang dapur yang terbatas, lemari rak dengan desain ramping dan tinggi dapat menjadi pilihan terbaik karena dapat menghemat tempat. Memiliki desain yang ramping, membuat rak ini dapat diletakkan di bagian pojok dapur yang sempit. Lemari rak yang tinggi memungkinkan Anda untuk menyimpan cukup banyak barang. Namun jika Anda ingin menggunakan lemari rak dengan desain ramping dan tinggi, Anda perlu mengencangkan lemari rak pada dinding untuk menghindari resiko terjatuh. Selain itu pastikan juga rak dapur minimalis Anda juga terbuat dari material yang kuat agar dapat menampung perlengkapan yang berat.
Lemari rak dengan pintu
Simpan semua koleksi perlengkapan makan Anda di sebuah lemari rak besar dengan pintu. Dengan lemari rak Anda dapat menyimpan banyak perlengkapan makan. Apalagi jika lemari rak Anda dilengkapi dengan pintu kaca, Anda dapat menjadikan memamerkan koleksi piring keramik yang cantik. Tambahkan juga lampu terintegrasi di dalam lemari agar koleksi perlengkapan makan Anda terlihat lebih bersinar. Karena tampilannya yang cantik, Anda dapat meletakkan lemari rak dengan pintu kaca di ruang makan dan menjadikannya sebagai bagian dari dekorasi.
Selain pintu kaca, Anda juga dapat menggunakan pintu dengan permukaan papan tulis. Selain terlihat unik, pintu papan tulis ini dapat Anda manfaatkan sebagai kanvas untuk menulis memo, resep atau daftar menu untuk seminggu ke depan. Permukaan pintu mudah untuk dibersihkan sehingga Anda dapat mengganti tulisan sesuai kebutuhan dan tidak perlu khawatir jika si kecil ingin ikut ‘berkreasi’ – Anda juga dapat lebih tenang karena dapat memasak dan mengawasi anak sekaligus. Berwarna hitam, pintu papan tulis ini cocok untuk dapur minimalis Anda.
Sisipan rak untuk memaksimalkan ruang kabinet dapur
Perlu ruang tambahan untuk koleksi perlengkapan makan yang cukup banyak? Anda dapat memaksimalkan ruang di dalam kabinet dapur menggunakan sisipan rak. Dengan sisipan rak, Anda dapat memanfaatkan tinggi kabinet untuk menyimpan lebih banyak barang. Tidak hanya menambah ruang untuk koleksi gelas, mangkuk, piring, atau toples, sisipan rak juga memudahkan Anda untuk melihat dan mengambil barang di dalam lemari. Di IKEA, tersedia dua jenis sisipan rak, sisipan rak dangkal dan sisipan rak yang lebih dalam.
Sisipan rak juga membantu Anda untuk mengelompokkan barang di dalam lemari sehingga terlihat lebih rapi. Tidak hanya di dalam kabinet, Anda juga dapat menggunakannya di lemari dapur jika dibutuhkan. Kini Anda tidak perlu bingung lagi menemukan ruang untuk semua koleksi perlengkapan makan favorit. Namun sebelum membeli sisipan rak, pastikan Anda sudah mengukur luas bagian dalam kabinet. Hal ini penting agar sisipan rak dapat masuk ke dalam kabinet.
Itulah beberapa jenis rak dapur minimalis yang dapat Anda gunakan di rumah. Apa pun jenis rak dapur minimalis yang digunakan, pastikan Anda memilih rak dengan bahan berkualitas agar dapat digunakan hingga bertahun-tahun. Temukan rak dapur minimalis yang Anda inginkan di IKEA. Di sini tersedia berbagai jenis dan ukuran rak sehingga Anda dapat menemukan rak sesuai kebutuhan.
 
Kami yakin kreativitas selalu menginspirasi, dan IKEA bangga menjadi bagian dari kreasi dekorasi rumah Anda. Namun, jika perabot dimodifikasi sehingga mengubah fungsi asli, maka ini akan mengakhiri masa garansi.

 
Dibuat oleh

Penulis: Anita