IKEA Food Aid: estafet makanan

Pandemi COVID-19 memberikan dampak tidak hanya pada kesehatan, namun juga pada perekonomian di berbagai negara, termasuk Indonesia. Meningkatnya jumlah pengangguran akibat dari banyaknya usaha yang mengalami kebangkrutan membuat keluarga pra-sejahtera semakin kesulitan untuk memenuhi kebutuhan gizi keluarga. Salah satu akibatnya adalah meningkatnya angka stunting pada balita selama pandemi COVID-19. Di antara 5 juta kelahiran bayi setiap tahun, sebanyak 1,2 juta bayi lahir dengan kondisi stunting yang diakibatkan oleh tidak terpenuhinya gizi akibat akses pangan yang sulit.

Permasalahan kerawanan pangan menjadi salah satu dasar dikembangkannya skema Food Bank (Bank makanan). Food Bank Bandung adalah organisasi non-profit sosial yang berperan aktif dalam memberikan akses pangan kepada masyarakat yang rentan mengalami kerawanan pangan dan melakukan upaya penyelamatan (potensi) makanan berlebih dari rantai pasok pangan Kota Bandung dan sekitarnya.

Kegiatan estafet makanan

Di IKEA, kami selalu mengedepankan misi dalam mencapai agenda people and planet positive agar dapat menciptakan kehidupan sehari-hari yang lebih baik untuk banyak orang. Oleh karena itu, IKEA Indonesia akan selalu bersedia membantu pemerintah dan komunitas setempat untuk mewujudkan lingkungan tempat tinggal yang positif.

Untuk membantu pemerintah setempat dalam menyelesaikan masalah ini, IKEA Kota Baru Parahyangan bekerja sama dengan Food Bank Bandung menyelenggarakan Program Estafet Makanan pada periode September - Desember 2021. Melalui program ini Food Bank Bandung dan IKEA KBP mengajak individu dan komunitas di area KBP, Kota Bandung dan sekitarnya untuk mengestafetkan (bahan) makanan berlebih melalui sejumlah dropbox yang difasilitasi oleh IKEA KBP dan Food Bank Bandung.

Target penerima manfaat

Donasi makanan yang terkumpul kemudian disalurkan ke penerima manfaat yang berlokasi di area Kabupaten Bandung Barat dan Kota Bandung dan telah melewati proses penilaian terlebih dahulu oleh Food Bank Bandung. Penerima manfaat dalam hal ini adalah Yayasan, Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA), atau Lembaga Kesejahteraan Sosial Lanjut Usia (LKSU) dan keluarga pra-sejahtera (tidak mendapat bantuan sosial, keluarga dengan anak (rawan) gizi buruk, usia lanjut/jompo).

Makanan yang dapat didonasikan

Makanan yang didonasikan adalah makanan berlebih yang masih layak konsumsi maupun makanan kemasan baru berupa:
  • Beras/tepung/bihun
  • Susu bubuk/sereal
  • Biskuit/makanan ringan
  • Minyak/kecap/saos/bumbu
  • Kornet/sarden/sosis siap saji
  • Teh/kopi/minuman serbuk lainnya
  • Makanan dalam kemasan lainny



cross