Products comparator

You have of all 8 possible products to compare.


Compare it now

Fakta Menarik Kayu Oak, Jenis, dan Kegunaannya

Kayu oak atau kayu ek, adalah jenis kayu keras yang diambil dari pohon oak yang memiliki nilai tinggi sebagai material bangunan atau mebel dan pengobatan herbal. 

Pohon oak memiliki sejarah panjang dan mampu hidup hingga 200 tahun. Pohon yang perkasa ini juga menjadi pohon nasional beberapa negara, misalnya Amerika Serikat, Inggris, Perancis, Jerman, dan masih banyak lagi.

IKEA pun memilih kayu oak sebagai material terbaik untuk menciptakan furnitur berkualitas yang akan mempercantik dekorasi hunian Anda.

Berikut adalah serba-serbi kayu oak yang menarik untuk Anda ketahui.


Jenis-jenis kayu oak

Diperkirakan ada sekitar 600 spesies pohon oak tersebar di dunia, tetapi secara garis besar, jenis kayu oak dapat dibagi menjadi dua, yaitu white oak dan red oak

Keduanya memiliki manfaat tersendiri karena memiliki ciri yang berbeda. Namun keduanya adalah jenis kayu keras dan sama-sama indah untuk dijadikan perabotan rumah maupun kerajinan lain.

1. White oak

Jenis kayu ek putih atau white oak (Quercus Alba) lebih disukai sebagai bahan konstruksi dan lantai kayu. Kayu white oak sedikit lebih keras daripada kayu red oak. Walau begitu, perbedaannya tidak akan terlalu signifikan dan keduanya merupakan kayu yang awet untuk dijadikan perabotan dan bahan lantai.

Kayu white oak juga diketahui lebih resisten terhadap pelapukan dan cocok untuk sebagai material perabotan outdoor. Kayu white oak yang sudah melalui beberapa proses juga tidak masalah ditempatkan di kamar mandi dan tempat lembap lainnya.

Warna kayu white oak cenderung lebih cokelat kekuningan dengan warna kayu yang merata. Kayu oak putih ini juga berstruktur lebih padat, sehingga lebih mudah menerima stain atau plitur yang rata.

IKEA memilih jenis white oak untuk beberapa perabotannya seperti kabinet, meja makan, kursi makan, lemari, meja tulis atau meja belajar dan rangka kasur.

Adapun beberapa varietas yang termasuk white oak adalah sebagai berikut:

  • Bur Oak (Quercus macrocarpa)
  • Chestnut Oak (Quercus prinus)
  • English Oak (Quercus robur)

2. Red Oak

Kayu ek merah atau red oak (Quercus Rubra) banyak tumbuh di iklim utara seperti di Amerika Utara. Kayu ini dapat dikenali dari teksturnya yang kasar dan urat kayu yang lurus. 

Kayu red oak lebih sering dipilih pengrajin untuk dijadikan furnitur seperti lemari. Pohon red oak dapat tumbuh di perkotaan dan mampu menyerap polusi lebih baik dibandingkan pohon-pohon lainnya.

Kayu red oak memiliki warna yang cenderung kemerahan dengan variasi warna krem terang hingga merah gelap. Dibandingkan dengan white oak, red oak tidak terlalu tahan terhadap pelapukan karena pori-porinya lebih besar, sehingga lebih cocok digunakan untuk dalam ruangan. 

Sedangkan dari segi harga, karena populasinya yang lebih banyak dan lebih mudah dibentuk, harga red oak berada di bawah white oak.

Beberapa contoh varietas red oak, yaitu:

  • Black Oak (Quercus velutina)
  • Pin Oak (Quercus palustris)
  • Willow Oak (Quercus phellos)

Kegunaan kayu oak

Terdapat beberapa kegunaan kayu oak karena sifatnya yang kuat secara alami dengan penampilan yang indah. Pohon oak juga biasanya berukuran sangat besar, sehingga menghasilkan banyak jumlah kayu yang bisa dimanfaatkan. Berikut ini beberapa kegunaan dan pemanfaatan kayu oak.

1. Sebagai bahan furniture dan bangunan

IKEA memilih jenis kayu oak sebagai bahan material perabotnya karena ketahanannya dari kelembapan, kayu ini tidak mudah mengembang dan mengerut. Kayu oak yang keras dan berkualitas premium juga sangat awet, sehingga cocok menjadi lantai kayu, kabinet, lemari, dan lain-lain.

2. Pengobatan tradisional

Kayu oak juga menyimpan manfaat pengobatan untuk manusia, misalnya sebagai obat luar dapat bertindak sebagai analgesik (mengurangi rasa sakit). Air rebusan kayu dan batangnya dapat dikonsumsi sebagai teh, berkhasiat untuk menyembuhkan diare dan pendarahan. Jenis oak lain juga diketahui dapat dijadikan obat-obatan, misalnya Bur Oak yang digunakan suku pribumi Amerika untuk penyakit jantung dan zat astringent sebagai penutup luka.

3. Sebagai bahan pembuatan barrel

Barrel atau tong kayu biasanya digunakan sebagai tempat penyimpanan minuman beralkohol untuk proses penuaan, misalnya anggur, whisky, atau Scotch. Kayu oak bersifat resisten terhadap cairan secara alami, sehingga dapat digunakan berkali-kali tanpa pelapis waterproof sekalipun. Minuman-minuman yang disimpan dalam barrel kayu oak akan mengeluarkan aroma, warna, dan rasa khas yang unik.

Fakta unik kayu oak

Kayu oak tidak hanya dimanfaatkan untuk material bangunan saja, tetapi juga menyimpan beberapa fakta unik yang membuat pohon ini begitu perkasa.

1. Mengandung zat anti rayap dan jamur

Secara alami, kayu oak mengandung zat tannin yang membuat pohon ini sangat resisten terhadap serangan serangga seperti rayap dan jamur. Ditambah lagi kayu ini juga secara alami resisten terhadap air, oleh karena itu pohon oak tidak mudah lapuk dan dapat berumur sangat panjang.

2. Pohon tertua di dunia

Jurupa Oak adalah salah satu makhluk hidup paling tua di dunia. Berada di California, pohon ini diperkirakan berusia lebih dari 13.000 tahun. Sedangkan pada jenis pohon oak lainnya, rata-rata umurnya dapat mencapai lebih dari 200 tahun lamanya dengan tinggi rata-rata mencapai 20 meter.

3. Dianggap pohon suci

Karena telah ada sejak ribuan tahun lalu, pohon ini juga memiliki nilai budaya dan dianggap suci oleh beberapa kelompok masyarakat. Misalnya pada mitologi Yunani, pohon oak dipercaya berkaitan dengan Zeus dan Jupiter.

Apakah Anda tertarik memilih bahan kayu oak untuk menjadi bagian dari hunian Anda? Kayu oak dapat menjadi salah satu pilihan Anda ketika memilih bahan furniture atau bangunan yang kualitasnya tak lekang oleh waktu. Dengan perawatan yang rutin, perabotan kayu oak Anda pasti akan awet dan tetap indah seperti baru.

IKEA pun menjual beberapa perabotan rumah tangga dari bahan kayu oak berkualitas. Cek pilihannya di sini.


Back to top
cross