Products comparator

You have of all 8 possible products to compare.


Compare it now

Fakta kain wol, bahan terbaik untuk karpet nyaman

Ketika memilih karpet untuk melengkapi perabotan rumah, karpet kain wol biasanya dipilih karena memberikan kehangatan ekstra untuk sebuah ruangan. Karpet kain wol juga amat lembut ketika disentuh, serta memiliki beberapa kelebihan yang layak untuk Anda pertimbangkan. IKEA pun memilih kain wol sebagai bahan karpet terbaik yang bisa Anda pilih untuk hunian Anda.

Wol, bahan karpet yang nyaman dan hangat

Wol adalah salah satu serat kain paling tua yang dimanfaatkan manusia. Bahan wol didapat dari bulu binatang, umumnya dari domba, tetapi jenis wol lain juga bisa didapat dari alpaca, unta, dan jenis kambing tertentu. Bulu hewan yang telah dicukur dikumpulkan dan dibersihkan, kemudian dipilin untuk dijadikan benang dan akhirnya membentuk kain atau produk tekstil lainnya.

Karakteristik kain wol

Kain wol adalah salah satu jenis bahan tekstil yang paling banyak dipakai. Wol bersifat ramah lingkungan karena reusable (dapat digunakan berkali-kali) dan dapat didaur ulang. Selain itu, wol juga termasuk jenis kain yang tahan lama dan mudah terurai secara alami di tanah.

Kain wol bersifat anti air secara alami di bagian permukaannya, hal ini membuat para pemakainya merasa tetap kering dan nyaman bahkan saat cuaca lembap. Uniknya, bagian tengah serat wol tetap dapat menyerap air hingga dua kali beratnya, namun tetap terasa kering saat disentuh. Daya serapnya yang hebat memberikan beberapa kelebihan alami lain, seperti anti kerut dan tidak mudah terbakar.

Karena karakteristiknya yang unik inilah, beberapa produk karpet IKEA dibuat dengan bahan wol, agar bisa memberikan kenyamanan dan kehangatan di rumah Anda.

Kelebihan dan kekurangan kain wol

Kain wol dapat menjadi bahan yang ideal untuk Anda pilih sebagai bahan karpet maupun keperluan lain. Sebelum menentukan pilihan, Anda dapat mengetahui kelebihan dan kekurangan kain wol berikut ini.
 

Beberapa kelebihan kain wol adalah:

1. Sangat lembut

Kain wol sangat halus dan terasa lembut ketika terkena kulit. Karena itu, kain wol memberikan kenyamanan optimal bagi Anda dan keluarga ketika digunakan sebagai karpet.

2. Menyimpan kelembapan

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, kain wol mampu menyerap kelembapan udara dan air sangat banyak tanpa terasa basah. Dengan menyimpan kelembapan secara alami, kain ini juga tidak menimbulkan listrik statis, sehingga lebih sedikit mengikat debu dan serat halus.

3. Elastis dan kua

Secara umum, kain wol lebih kuat dibandingkan dengan kain sutera. Wol juga bersifat elastis, mudah kembali ke bentuk asalnya dan menjadikannya anti kusut dan anti kerut.

4. Resisten debu dan kotoran

Karena struktur dan lapisan protein alaminya kain wol lebih resisten terhadap kotoran dan cairan yang berbahan dasar minyak. Tetapi sayangnya kain atau karpet wol tidak tahan terhadap cairan non-minyak, terutama yang berpigmentasi kuat seperti wine dan kopi. Pigmen warna akan dengan mudah melekat ke dalam serat wol dan sangat sulit dibersihkan. Jadi, Anda perlu ekstra hati-hati untuk tidak menumpahkan atau meneteskan minuman ke karpet kesayangan Anda.

Selain kelebihannya yang sungguh menarik dan istimewa, kain wol juga memiliki beberapa kekurangan, di antaranya:

1. Berpotensi berjamur

Karena sifatnya yang sangat mudah menyerap uap air, karpet wol tidak cocok untuk diletakkan di dekat area yang terlalu lembap seperti dapur, kamar mandi, dan dekat humidifier. Karpet wol yang terlalu banyak menyimpan uap air dapat menyebabkan jamur tumbuh dan karpet berbau tidak sedap. Selain itu, serat wol yang basah dapat kehilangan kekuatannya dan menjadi lebih mudah rusak.

2. Sensitif terhadap sinar matahari

Kain wol juga lebih sensitif terhadap sinar matahari langsung. Terkena paparan sinar matahari langsung yang terlalu lama dapat menyebabkan warnanya pudar. Walaupun terpapar sinar matahari dalam waktu singkat tidak masalah, usahakan untuk meletakkan karpet wol Anda di area yang tidak terkena matahari sepanjang hari.

3. Dapat diserang serangga

Kain dan karpet wol mengandung protein yang disukai oleh jenis serangga tertentu. Anda mungkin saja terkejut mendapati pakaian, tekstil, atau karpet wol tiba-tiba berlubang. Untuk mengatasi hal ini, umumnya para produsen telah memberikan lapisan pelindung dari bahan kimia yang dapat mengusir serangga pemakan wol, tentunya bahan kimia ini aman untuk manusia. Tetapi sebagai langkah pencegahan lebih lanjut, Anda wajib membersihkan karpet secara teratur dengan pembersih vakum atau jasa dry-clean.

Cara membedakan kain wol asli dan palsu (sintetis)

Anda yang menginginkan karpet dengan kualitas dan karakteristik kain wol tentunya ingin memastikan bahwa barang yang Anda beli adalah asli. Walaupun begitu, tidak jarang barang tekstil menggunakan campuran bahan untuk menghasilkan produk yang lebih sesuai dengan kebutuhan konsumen. Selain dengan membaca label produksi, berikut adalah rekomendasi dua cara paling umum untuk memastikan kain wol Anda adalah asli.

1. Tes dengan larutan pemutih

Wol sebagai hasil benang dari hewan mengandung protein. Untuk mengetahui apakah wol yang Anda miliki asli, Anda bisa mengambil sebagian kecil kain atau benang wol dan direndam dalam larutan pemutih. Menariknya, pemutih dapat mengurai protein, sehingga dalam waktu beberapa jam saja wol yang asli akan larut. Jika benang atau kain tersebut adalah campuran dari benang tumbuhan atau sintetis, kain atau benang ini akan tetap utuh.

2. Tes dengan cara dibakar

Cara lain untuk mengenali kain wol asli adalah dengan melakukan tes bakar. Lakukan di area yang aman dan jauh dari benda-benda lain yang mudah terbakar. Anda bisa menyiapkan korek api atau lilin, sebatang jarum panjang atau kawat logam, dan benang atau kain yang ingin diketahui komposisinya. Lilitkan benang atau kain ke jarum atau kawat, kemudian bakar ujungnya. Kain wol yang asli akan mengeluarkan bau seperti rambut yang terbakar, benang dari serat tumbuhan seperti katun akan berbau seperti kertas yang terbakar, sedangkan benang atau kain sintetis akan meleleh terlebih dahulu dan berbau kimia.
Inilah serba-serbi kain wol yang perlu Anda ketahui sebagai bahan pertimbangan sebelum memutuskan untuk memilikinya. Jangan ragu mengunjungi situs web IKEA untuk mendapatkan inspirasi ruangan untuk hunian Anda.

Back to top
cross