Products comparator

You have of all 8 possible products to compare.


Compare it now

7 penggunaan bahan katun untuk perabot rumah tangga

Bahan katun biasanya digunakan sebagai bahan dasar pakaian lantaran memiliki keunggulan tersendiri. Bahan katun memiliki permukaan yang halus, mudah menyerap keringat, bahan yang kuat dan dapat tahan lama. Kain ini bisa dipakai di segala cuaca dan bahkan menjadi populer dan banyak dipakai di daerah tropis yang panas dan lembab. Selain itu, bahan katun yang memiliki banyak kelebihan ini juga dapat dimanfaatkan untuk kegunaaan lainnya seperti untuk perabot rumah tangga.
Tak hanya memiliki kegunaan untuk pakaian dan perabot rumah tangga, bahan katun juga memiliki tampilan menarik dan berbagai motif yang mudah ditemukan. Dikarenakan kepopulerannya, kain ini banyak didesain untuk kegunaan rumah tangga yang sesuai dengan kualitas dan harganya. Agar tidak penasaran, simak informasi dibawah ini untuk mengetahui bentuk pengaplikasian kain katun untuk berbagai macam perabot rumah tangga.

Artikel ini berisi tentang:

Jenis-jenis perabot rumah tangga menggunakan bahan katun
  1. Celemek memasak
  2. Sarung tangan dapur
  3. Kain lap
  4. Tas belanja katun
  5. Tirai penutup jendela
  6. Selimut
  7. Sprei dan sarung bantal
 

Jenis-jenis perabot rumah tangga menggunakan bahan katun

Bahan katun tidak hanya digunakan sebagai pakaian, namun digunakan sebagai perabot rumah tangga karena memiliki daya tahan tinggi yang disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Berikut ini daftar 7 penggunaan bahan katun untuk perabot rumah tangga.

1. Celemek memasak

Celemek menjadi aksesoris yang sangat dibutuhkan saat memasak. Dengan menggunakan celemek, Anda dapat terhindar dari panas maupun air yang bisa saja terkena pakaian. Anda dapat menggunakan celemek katun karena lebih mudah kering dan tidak mudah kotor, sehingga Anda akan tetap bersih selama memasak dan celemek dalam jangka waktu yang lama. Celemek dengan berbahan dasar katun cocok digunakan karena dapat menyerap air dan tekstur lembut yang membuat aktivitas memasak Anda lebih menyenangkan.

2. Sarung tangan dapur

Tak hanya celemek yang menggunakan bahan katun, sarung tangan dapur atau sarung tangan oven ini juga seringkali menggunakan katun karena dapat menahan panas. Biasanya sarung tangan dapur ini digunakan untuk memindahkan peralatan dapur yang masih panas dari oven ke tempat lain. Sarung tangan dapur juga dapat mencegah kontaminasi makanan maupun kotor karena noda-noda lainnya. Meski demikian, Anda diharuskan tetap untuk mencuci tangan untuk tetap menjaga kesehatan dan kebersihan diri.

3. Kain lap

Kain lap menjadi barang yang wajib dimiliki di setiap rumah. Kain lap berfungsi untuk membersihkan seisi rumah seperti mengelap jendela, piring, gelas, lantai yang basah, perabotan rumah tangga yang berdebu, hingga area yang susah dijangkau karena mudah mengangkat kotoran yang menempel. Kain lap berbahan katun menjadi lap yang paling cocok untuk Anda gunakan sebagai salah satu peralatan kebersihan Anda. Selain sebagai kain lap untuk peralatan kebersihan, lap juga digunakan sebagai peralatan makan. Gunakan kain lap untuk membersihkan mulut setelah makan atau membersihkan sisa-sisa makanan yang menempel di baju.
Kain lap katun memiliki serat kain yang dapat membuat objek yang dilap akan semakin bersih, mudah menyerap air, dan debu-debut yang bersarang di perabotan rumah. Selain itu, kain lap juga mudah untuk dicuci dan tahan lama sehingga dapat digunakan berkali-kali untuk membersihkan perabotan rumah tangga.

Agar penggunaan lebih efektif, Anda diharuskan untuk mengkategorikan jenis kain lap sesuai dengan fungsinya seperti kain lap dapur, kain lap perabotan, kain lap makan, dan lain sebagainya.

4. Tas belanja katun

Tak hanya sebagai upaya mengurangi sampah plastik dan melestarikan lingkungan, tas belanja berbahan dasar katun ini kuat dan tidak mudah sobek. Oleh karena itu, tas belanja ini bisa digunakan berkali-kali untuk berbelanja di supermarket maupun pasar tradisional. Tas belanja juga memiliki berbagai bentuk dan motif yang dapat membuat Anda tampil makin kece saat berbelanja di mana pun.

5. Tirai penutup jendela

Dikarenakan bahan katun memiliki ketahanan dari panas terutama sinar matahari, tirai katun menjadi pilihan terbaik untuk digunakan di rumah Anda. Kain yang memiliki karakteristik lembut dan tahan panas sehingga cocok digunakan untuk tirai penutup jendela.
Jika Anda menginginkan tirai yang dapat menghalang sinar matahari masuk ke dalam rumah, pilih bahan tirai katun yang lebih tebal atau memiliki serat yang lebih rapat. Tirai katun dapat menjadi perabotan yang dapat membuat kesan ruangan rumah Anda lebih modern dan minimalis.

6. Selimut

Bahan katun banyak digunakan sebagai selimut untuk membuat tidur Anda lebih berkualitas. Hal ini karena bahan katun memiliki permukaan yang halus dan tebal yang nyaman untuk digunakan. Selimut dengan bahan katun juga ringan dan tetap terasa adem bila digunakan.
Anda dapat menggunakan selimut katun yang disesuaikan dengan warna sprei maupun cat kamar untuk tetap menciptakan ruang kamar yang lebih estetik.

7. Sprei dan sarung bantal

Bahan katun juga digunakan sebagai perabotan kamar tidur seperti sprei kasur dan sarung bantal. Bahan katun ini cocok digunakan sebagai sprei dan sarung bantal karena memiliki bahan yang warnanya sulit pudar, mudah menyerap keringat, lembut dan terasa adem bila digunakan. Anda juga dapat memilih berbagai motif sprei dan sarung bantal yang dapat disesuaikan dengan nuansa kamar agar tampak lebih estetik.

Karena bahan katun ini dapat mudah menyerap keringat dan mudah kering, Anda tetap harus selalu menjaga kebersihan sprei dan sarung bantal. Anda dapat mencuci sprei dan sarung bantal setiap satu minggu sekali untuk tetap menjaga kebersihan agar terhindar dari penyakit maupun menyebabkan jerawat pada muka.
Sprei dan sarung bantal akan membuat tempat tidur menjadi lebih nyaman. Memiliki tempat tidur yang nyaman menjadi salah satu faktor membuat tidur Anda lebih berkualitas. Sehingga dikeesokan harinya, Anda akan lebih produktif dan semangat untuk bekerja.

Bahan katun memiliki banyak fungsi yang dapat dimanfaatkan untuk perabotan rumah tangga Anda. Meskipun bahan katun memiliki banyak kelebihan seperti memiliki daya tahan lama, tidak mudah robek, dan mudah menyerap air, Anda tetap harus menjaga kebersihan kain dengan mencuci secara berkala.

Itulah 7 penggunaan bahan katun untuk perabot rumah tangga yang bisa Anda gunakan. Bahan katun memiliki banyak kegunaan yang cocok sebagai perabot rumah. Anda dapat menggunakan bahan katun sesuai dengan kebutuhannya seperti untuk selimut, sprei, sarung bantal, kain lap, tirai dan masih banyak lainnya. Pilih motif dan warna kain yang disesuaikan dengan perabot rumah agar lebih menarik untuk dilihat.

IKEA menyediakan berbagai macam perabot rumah dan aksesoris dengan kualitas terbaik yang bisa menjadi pilihan di rumah Anda. Jika Anda ingin merancang interior rumah hingga mencari inspirasi ide kreatif untuk hunian Anda. Kunjungi situs resmi kami melalui ikea.co.id untuk informasi selengkapnya!

Back to top
cross