Products comparator

You have of all 8 possible products to compare.


Compare it now

7 pengganti kantong plastik yang bisa Anda gunakan

Tahukah Anda kalau limbah kantong plastik adalah salah satu tantangan terbesar yang dihadapi dunia saat ini? Para pemerhati lingkungan mulai menyadari bahwa ada ribuan ton plastik yang sudah hampir memenuhi lautan dalam beberapa tahun terakhir.

Sudah banyak konsumen yang sudah menyadari bahaya kemasan plastik. Karenanya, banyak toko retail termasuk IKEA juga mulai mempertimbangkan penggunaan plastik yang dapat didaur ulang atau digunakan berulang kali.

Kesadaran masyarakat didukung oleh berbagai pihak termasuk pemerintah yang mulai mendukung diet kantong di beberapa daerah. Salah satu contohnya adalah mengenakan biaya untuk setiap kantong plastik belanja yang digunakan.

IKEA juga ingin mengajak konsumen untuk beralih dari kantong plastik biasa ke kantong plastik yang bisa dipakai berulang kali. Hal ini bisa dilakukan dengan penerapan inovasi teknologi yang berkelanjutan. IKEA pun sudah memikirkan hal ini dan menciptakan inovasi beberapa pengganti kantong plastik yang dapat digunakan berkali-kali.

Pentingnya pengganti kantong plastik untuk kesehatan lingkungan

Dampak utama limbah kantong plastik terhadap lingkungan adalah prosesnya untuk terurai yang membutuhkan waktu bertahun-tahun. Di sisi lain, terdapat zat racun di dalam kantong plastik yang bisa menyebar saat berada di bawah sinar matahari dan menyebabkan polusi udara. Dalam jangka panjang, zat beracun ini bisa menyebabkan penyakit kanker.

Kantong plastik yang dibuang sembarangan ke tempat pembuangan sampah juga mengandung zat berbahaya lainnya yang berbahaya dan sangat beracun selama tahap penguraiannya.

Maka, jika kantong plastik tidak dibuang dengan benar, hal ini bisa memberikan dampak buruk pada pembuangan sampah dan penyumbatan saluran air hujan. Kantong plastik di perairan laut juga menyebabkan efek polusi plastik yang berbahaya bagi ekosistem laut terutama hewan dan tumbuhan yang hidup di dalamnya.

Oleh karena itu, semakin banyak gerakan diet kantong plastik hingga larangan menggunakan kantong plastik secara global, hal ini sangat membantu mengatasi masalah lingkungan yang kini sedang mengkhawatirkan.

7 Pengganti kantong plastik untuk kegiatan sehari-hari Anda

Nah, untuk mengurangi sampah plastik dan kertas yang terus menerus bertambah dan akan berbahaya bagi lingkungan, mari gunakan tas belanja yang bisa digunakan berulang kali. Adapun berikut beberapa alternatif kantong plastik yang bisa Anda gunakan.

1. Eco bag

Jenis tas belanja ini adalah alternatif kantong plastik yang paling sering Anda lihat di minimarket dan supermarket. Biasa disebut reusable shopping bag atau eco bag, kantong plastik ini terbuat dari kain sintetis.

IKEA juga memiliki tas belanja dengan bahan yang satu ini. Tas belanja ini sering juga disebut sebagai tas furing, memiliki serat yang rapat dan tekstur yang cukup kaku. Meskipun begitu permukaannya tetap halus sehingga tetap nyaman untuk digenggam. Eco bag memiliki bahan yang mudah terurai dan awet jika digunakan lebih dari satu kali.

2. Tote bag kanvas

Tote bag dari bahan kanvas juga merupakan salah satu alternatif pengganti kantong plastik yang tak hanya praktis tapi juga trendi. Beberapa tote bag kanvas terbuat dari material seperti blacu, ripstop, marsoto hingga terpal.

Namun di antara beberapa material tersebut, blacu adalah bahan yang paling banyak dipakai untuk membuat tote bag karena meski tidak terlalu tebal namun kain ini bisa kuat menahan beban yang berat. Untuk memilih tote bag yang tepat untuk Anda, sesuaikanlah berat belanjaan dan atau bawaan dengan bahan tote bag yang dibawa agar tidak mudah rusak.

3. Tas oblong anyam

Tas oblong anyam adalah jenis tas belanja yang paling sering ditemui di pasar. Meski berasal dari jenis plastik, tas oblong anyam terbuat dari jenis plastik lurik dan plastik kaca yang lebih kuat dan mengkilap.

Tas oblong anyam juga tahan air dan memiliki warna yang cantik sehingga sangat cocok bagi Anda yang ingin membawa banyak bahan makanan dan peralatan dapur.

4. Tas parasut

Tas parasut adalah alternatif pengganti kantong plastik yang lebih praktis karena bisa dilipat dan ditempatkan di dalam kantong kecil di saku atau tas yang Anda bawa.

Terbuat dari bahan polyester atau parasut yang ringan dan tahan air, tas parasut lipat sering kali didesain mirip seperti kantong plastik dengan warna yang menarik dan mencolok. Tas jenis ini juga bisa menampung barang bawaan yang lumayan sehingga sangat cocok untuk dibawa bepergian dalam kegiatan sehari-hari.

5. Tas karung goni

Tas karung goni adalah tas belanja yang terbuat dari bahan alami yakni goni atau jute yang dilaminasi. Bahannya sendiri masih sangat jarang ditemui di Indonesia sehingga harga tas belanja ini bisa terbilang mahal. Bahan karung goni berkualitas biasanya ditandai dengan seratnya yang rapat, tidak berbulu dan baunya tidak terlalu mencolok seperti karung goni pada umumnya. Meski tas belanja ini tidak terlalu tahan air, tetapi tas belanja karung goni adalah jenis tas yang kuat menahan beban yang berat dan terkesan fashionable.

6. Bio cassava bag

Bio cassava bag atau kantong singkong adalah jenis tas belanja yang tampilannya paling mirip dengan kantong plastik. Bio cassava bag terbuat dari resin alami sekitar 98 persen dari pati tapioka, 1 persen minyak nabati dan 1 persen biopolimer alami yang dapat terurai dan dikonsumsi oleh mikroorganisme tanah sehingga diklaim sebagai salah satu jenis kantong plastik yang paling ramah lingkungan.

Bio cassava bag memiliki tekstur yang lebih lemas dibandingkan kantong plastik pada umumnya tetapi jenis plastik ini juga kuat dan bisa dipakai berulang kali. Tampilan kantong belanja ini lebih stylish, modern dan tidak berbau sehingga menjadi pilihan yang baik berkontribusi positif bagi lingkungan.

7. Kantong plastik reusable

Untuk mengurangi sampah plastik dan kertas yang terus menerus bertambah dan akan berbahaya bagi lingkungan, Anda bisa mencoba gunakan kantong plastik ramah lingkungan, yakni yang bisa dipakai berulang kali.

Jika Anda tertarik, Anda bisa mencoba produk plastik reusable dari IKEA yang punya ragam ukuran mulai dari 0.8L, 1L, 1.2L, 1.5L, sampai 2.5L, memiliki seal, dan pola-pola unik dengan warna cerah.

Kantong plastik reusable IKEA ini serbaguna karena bisa digunakan untuk apapun, seperti menyimpan makanan, alat makan, peralatan dapur, alat tulis, dan banyak lagi.
Jadi, alternatif kantong plastik mana yang kini jadi favorit Anda? Temukan berbagai inspirasi menarik untuk dekorasi hunian Anda di sini!

Back to top
cross