Products comparator

You have of all 8 possible products to compare.


Compare it now

10 lemari besi pilihan untuk dekorasi hunian Anda

Ada berbagai jenis besi yang dapat digunakan sebagai bahan dasar furnitur, khususnya lemari. Umumnya, besi dibagi menjadi dua jenis, yaitu besi cor (cast iron) atau besi tempa (wrought iron).

Ada banyak pertimbangan yang perlu dilakukan saat Anda memutuskan untuk membeli lemari berbahan besi. Namun, apapun jenis yang Anda pilih, pastikan sudah sesuai dengan gaya desain ruangan yang sudah ada.

Hindari memilih material besi yang berat dan sulit untuk dipindahkan karena apabila lemari besi tidak digunakan dalam waktu lama, karena dapat menyebabkan korosi.

Salah satu hal yang perlu diperhatikan, apabila besi terlalu sering terkena air, maka kemungkinan korosi akan lebih cepat. Untuk itu, Anda mungkin memerlukan tambahan perlindungan, salah satunya dengan pelapisan krom atau chromium plating, yang dapat membuat material besi lebih awet. Sebab, meskipun lapisan krom sudah lepas, besi dapat menyimpan lapisan tersebut lebih lama sehingga tidak mudah berkarat.

Kelebihan dan kekurangan lemari besi

Material yang ditempa dengan jangka waktu lama tentu saja memiliki kelebihan yakni cenderung kokoh, awet, dan tahan lama.

Sementara kekurangan lemari besi yakni sangat mudah berkarat. Oleh karena itu, perlu pertimbangan yang teliti ketika Anda memilih lemari jenis ini, dengan tidak meletakkannya di tempat terbuka.

Namun, apabila Anda tetap ingin meletakkan lemari besi di tempat terbuka, pastikan sudah diberikan perawatan anti karat yang baik, seperti powder coating atau lapisan serbuk polyester. Penting untuk memilih material, jenis, dan tujuan membeli lemari besi sesuai dengan kebutuhan.

10 jenis lemari besi yang cocok untuk hunian minimalis

Tak ada salahnya jika Anda mau memilih lemari besi sebagai tambahan untuk dekorasi hunian Anda. Dengan perawatan yang baik, lemari besi akan jadi tambahan furnitur elegan yang menghiasi rumah Anda. Berikut beberapa pilihan lemari besi yang bisa Anda jadikan referensi.

1. Lemari besi dengan lapisan polyester

Lemari berbahan besi dengan campuran baja yang dilapisi serbuk epoksi atau polyester memiliki kemampuan menyimpan panas sehingga aman untuk digunakan menyimpan pakaian khusus musim hujan, pakaian gunung, atau kaos olahraga.

Lemari dengan fitur loker tarik-dorong memungkinkan mencari pakaian dengan mudah. Lubang udara di bagian depan lemari dapat memaksimalkan perputaran udara sehingga pakaian tidak mudah apek dan bau.

Dilengkapi desain yang modern dengan warna cerah yang menampilkan kesan elegan dan simpel, lemari besi campuran baja ini cocok diletakkan di kamar tidur atau lorong rumah.

2. Mobile file untuk penyimpanan arsip yang lebih fleksibel

Bagi Anda yang mencintai ruang kerja yang rapi tanpa tumpukan file di atas meja, lemari besi jenis mobile file yang dilengkapi dengan roda bisa menjadi pilihan. Selain memiliki fleksibilitas tinggi, lemari jenis ini juga cocok bagi Anda yang sering melakukan business trip dan harus membawa puluhan dokumen di dalam perjalanan. Arsip-arsip penting bisa lebih aman dan awet ketika Anda menggunakan mobile filing cabinet.
Lemari besi dengan roda juga cocok bagi Anda yang mudah bosan dengan tata letak ruang kerja yang itu-itu saja. Mobilitas yang ditawarkan lemari jenis ini dapat memberikan ide kreatif menata ruangan karena bisa digeser sesuai keinginan Anda.

3. Lemari kaca untuk penyimpanan arsip dan buku

Lemari besi yang dilengkapi dengan kaca cocok bagi Anda para kolektor buku atau barang-barang antik. Lemari jenis ini biasanya digunakan sebagai lemari pajangan di ruang tamu atau lorong-lorong rumah sehingga dapat terlihat secara jelas oleh tamu-tamu atau keluarga yang berkunjung ke rumah Anda.

Namun, material kaca yang mudah pecah mengharuskan Anda untuk lebih teliti dan hati-hati dari segi penempatan. Pastikan lemari kaca diletakkan di ruangan yang jauh dari benda-benda tajam dan jangkauan anak kecil untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Jika lemari penyimpanan lain didesain untuk menyimpan dan menyembunyikan data-data penting agar aman, lemari besi dengan paduan kaca sengaja dibuat agar pengguna dapat dengan mudah menemukan barang atau file yang dicari, bahkan sengaja memajangnya agar orang lain bisa melihatnya secara jelas.

4. Rak penyimpanan dengan model jaring

Hampir sama dengan lemari kaca, rak berbahan besi dengan model jaring juga cocok digunakan sebagai tempat pajangan. Tak hanya itu, model ini juga cocok digunakan untuk meletakkan barang-barang pecah belah karena cukup kokoh dan cenderung bisa menjadi “jaring” bagi barang kesayangan Anda agar tidak mudah terselip dan pecah.

Model rak besi dengan jaring kini juga dilengkapi dengan frame berbahan serbuk polyester yang cenderung lebih kokoh dan dapat digunakan untuk meletakkan kain lap atau kain-kain lain untuk kebutuhan dapur.

Selain dapat digunakan di dapur, lemari besi ini juga cocok diletakkan di kamar mandi atau ruang laundry. Bahan besi yang dilapisi serbuk polyester mampu menahan rak dari karat, sehingga aman saat terkena air.

Rak penyimpanan ini bisa digunakan untuk menyimpan berbagai jenis pakaian kering setelah dicuci, atau untuk menggantung handuk setelah mandi agar terlihat lebih rapi dan cepat kering.

5. Lemari arsip filing cabinet full besi

Filling cabinet dengan material full besi cocok digunakan sebagai tempat penyimpanan arsip di kantor. Selain bahan yang aman dari rayap dan tikus, filling cabinet full besi dengan pintu yang dapat menutup dengan rapat dapat digunakan untuk menyimpan arsip atau dokumen-dokumen penting yang membutuhkan ruang lebar tetapi tetap aman dan tersembunyi.

Kabinet yang fleksibel dapat diletakkan dengan atau tanpa kaki sandaran. Lemari arsip filling cabinet full besi ini cocok bagi Anda yang senang dengan tema hunian futuristik atau milenium. Sentuhan warna abu-abu atau metalik dapat menambah kesan eksentrik di ruang kerja Anda.

6. Loker jaring untuk file atau alat make-up

Lemari besi tidak hanya identik dengan bentuk yang besar. Loker berbentuk jaring yang simpel dan fleksibel ini juga dapat membantu Anda untuk menyimpan file atau menata alat make-up maupun skincare kesayangan.

Loker dengan roda memang menjadi pilihan yang tepat karena dapat dipindahkan dengan mudah, terutama bagi Anda yang seringkali berpindah-pindah saat bekerja dari rumah maupun ingin berdandan di luar kamar. Bentuk jaring dapat menghindarkan file atau alat make-up Anda dari debu yang bertumpuk, sehingga perawatan untuk loker jenis ini sangatlah mudah.

7. Steel cabinet khusus untuk dapur

Lemari besi berbentuk kabinet cocok diletakkan di dapur berdampingan dengan kulkas yang mengeluarkan hawa panas. Material rangka besi juga mudah dibersihkan sehingga sisa-sisa kotoran tidak merusak estetika dapur.

Bagian bawah rangka besi yang kosong pun dapat dimanfaatkan sebagai tempat pembuangan sampah agar sampah dapat tersimpan dengan rapi dan tidak merusak pemandangan di dapur Anda karena tidak terlihat dari luar. Salah satu lemari besi sebagai tempat penyimpanan adalah rak troli yang mudah dipindahkan ke ruang manapun sesuai keinginan.

8. Mix material untuk rak sepatu

Material rak sepatu yang merupakan campuran dari besi hitam dan kayu dapat menambah kesan elegan dan berani, tetapi tetap rapi dan simpel. Lemari besi dibuat terbuka untuk memudahkan kita saat ingin memilih sepatu mana yang ingin dikenakan saat keluar. Rak bertingkat serbaguna yang berbentuk kotak-kotak dengan jaring dan kabinet kayu di atasnya dapat digunakan untuk meletakkan berbagai barang lain selain sepatu, sehingga tetap fungsional dan praktis.

9. Lemari besi dengan cermin

Lemari besi dengan cermin sangat cocok diletakkan di kamar atau ruangan make-up. Lemari dengan pintu yang full dengan cermin juga memiliki ruang yang cukup besar untuk menyimpan seluruh outfit Anda.

Kabinet untuk menggantung baju dan loker yang sudah tersedia di dalam lemari akan mempermudah Anda untuk mengatur dan mengelompokkan outfit dengan rapi.

Pilih lemari besi dengan dominasi warna abu-abu dan putih, sehingga membuat lemari terkesan mahal, tetapi tetap chic dan simpel sehingga cocok diletakkan di ruangan dengan tema industrial, minimalis, atau ruang terbuka.

10. Safe deposit box (brankas)

Berbicara tentang lemari besi, tentu saja tidak bisa lepas dari jenis satu ini, yakni brankas. Brankas memang menjadi pilihan yang paling tepat bagi Anda yang mempunyai banyak dokumen rahasia atau senang menyimpan uang cash di rumah.

Jenis lemari ini memiliki bahan besi yang dilapisi dengan berbagai macam material lain sehingga cenderung tebal. Namun, Anda perlu memperhatikan sistem keamanan saat membeli brankas, seperti memastikan bahwa kunci kombinasi dapat berfungsi dengan baik, dan memiliki kunci cadangan manual apabila sewaktu-waktu kunci kombinasi rusak.
Jadi, apakah Anda sudah memutuskan mau membeli lemari besi yang mana? Temukan berbagai inspirasi untuk hunian Anda hanya di IKEA!

Back to top
cross