Ketahui 5 Fungsi Karpet Untuk Keluarga Di Rumah

Fungsi karpet di rumah seringkali dianggap hanya sebagai pelengkap atau aksesoris yang mempercantik tampilan ruang. Padahal karpet memiliki banyak peran yang tidak kalah penting, salah satunya membuat rumah terasa lebih nyaman dan hangat. Saat ini banyak sekali model dan ukuran karpet yang dapat Anda pilih sesuai dengan kebutuhan dan anggaran. Jika Anda masih ragu untuk menambahkan karpet di rumah, berikut beberapa fungsi karpet yang perlu Anda ketahui yang mungkin akan mengubah pendapat Anda.

Apa Fungsi Karpet Untuk Penggunaan Sehari-hari Di Rumah?

1. Menambah Kenyamanan Di Rumah

Fungsi karpet yang utama adalah menambah kenyamanan di rumah Anda. Berjalan di atas karpet yang lembut tentu akan lebih nyaman dibanding dengan berjalan di atas lantai keramik yang keras dan dingin. Karpet juga membuat rumah terlihat lebih homey sehingga keluarga semakin betah menghabiskan waktu di rumah. Anda dapat menambahkan karpet di ruang tamu, kamar tidur dan ruang makan, tempat di mana Anda menghabiskan banyak waktu bersama keluarga dan untuk melepas penat setelah lelah beraktivitas.

2. Cara Mudah Menyegarkan Tampilan Rumah

Meski memiliki banyak peran penting, memang tidak bisa dipungkiri kalau banyak orang menganggap fungsi karpet hanya untuk estetika ruangan saja. Hal ini dikarenakan banyak sekali pilihan motif karpet yang dapat Anda temukan, mulai dari karpet oriental, klasik, vintage, persia dan masih banyak lagi - yang bisa Anda sesuaikan dengan gaya desain ruangan Anda. Jika Anda ingin menggunakan karpet namun takut membuat suasana ruang terlihat ‘ramai’, karpet polos atau tanpa motif dapat menjadi solusinya. 
Salah satu kelebihan karpet adalah ia dapat mengubah tampilan ruang secara signifikan dan cepat. Jadi ketika Anda bosan dengan penataan ruang di rumah, Anda dapat cukup menambahkan karpet untuk mengganti suasana rumah. Tidak ada salahnya jika Anda memiliki dua atau tiga karpet cadangan untuk mengubah suasana ruang sewaktu-waktu.

3. Manfaat Karpet Bisa Memberikan Kesan Hangat Di Rumah

Fungsi karpet berikutnya adalah dapat memberikan kesan hangat di rumah. Saat musim hujan, lantai keramik cenderung akan terasa dingin sedangkan karpet dapat memberikan pijakan yang lembut dan hangat untuk kaki Anda. Dengan menambahkan karpet di rumah, Anda dapat membuat suasana rumah lebih nyaman dan hangat saat musim hujan. Sebagai rekomendasi, gunakan karpet berbulu tebal dan padat untuk lebih dapat menahan hawa dingin di ruangan.

AVLOPPSBRUNN

Karpet, bulu tipis, merah geometris, 120x180 cm

Rp1.499.000

Tersedia lebih banyak pilihan

0 (0)

VATTENSKIDOR

Karpet, bulu tipis, merah, 120x180 cm

Rp2.299.000

Tersedia lebih banyak pilihan

0 (0)

BUSSFIL

Karpet, bulu tipis, biru tua, 120x180 cm

Rp1.499.000

Rp1.399.000

25 Nov 2022 - 29 Des 2022

atau selama persediaan masih ada

Tersedia lebih banyak pilihan

0 (0)

BUSSFIL

Karpet wol/nilon, bulu tipis, abu-abu tua, 120x180 cm

Rp1.499.000

Tersedia lebih banyak pilihan

0 (0)

RUMSMALVA

Bantal ergonomis, tidur terlentang/miring, 50x80 cm

Rp299.000

Rp269.000

25 Nov 2022 - 29 Des 2022

atau selama persediaan masih ada

0 (0)

NATTJASMIN

Sarung bantal, abu-abu toska, 50x80 cm

Rp99.900

Rp49.900

25 Nov 2022 - 29 Des 2022

atau selama persediaan masih ada

0 (0)

INGRUN

Selimut kecil, abu-abu, 130x170 cm

Rp249.000

Rp149.000

25 Nov 2022 - 29 Des 2022

atau selama persediaan masih ada

Tersedia lebih banyak pilihan

0 (0)

LENDA

Gorden dengan pengikat, 1 pasang, putih, 140x250 cm

Rp349.000

Tersedia lebih banyak pilihan

0 (0)

BOWLINGHALL

Karpet, bulu tipis, putih/hitam silang, 120x180 cm

Rp1.799.000

0 (0)

4. Sebagai Area Yang Aman Untuk Anak

Anak-anak senang bermain di mana saja, untuk itu kita perlu memastikan mereka memiliki area bermain yang aman dan nyaman. Dengan menambahkan karpet di rumah, Anda tidak perlu takut anak-anak jatuh dan cedera di atas lantai yang keras. Pilihlah karpet yang tebal dan lembut untuk area bermain si kecil. Selain itu, pastikan Anda menambahkan lapisan anti slip agar karpet tetap berada di tempatnya sehingga mengurangi resiko anak-anak tergelincir saat bermain. Tidak hanya untuk anak-anak, karpet juga dapat menjadi tempat yang nyaman bagi Anda untuk bersantai. Namun pastikan Anda selalu menjaga kebersihan karpet dengan rutin menyedot debu menggunakan vacuum cleaner. 

5. Menciptakan Ketenangan Di Rumah

Selain mempercantik dan menambah kenyamanan, fungsi karpet lainnya adalah menciptakan ketenangan di rumah. Karpet tebal dan padat dapat meredam suara langkah kaki saat berjalan dan mengurangi kebisingan dalam ruangan. Oleh karena itu meletakkan karpet di kamar tidur sangatlah direkomendasikan sehingga Anda dapat menikmati waktu tidur dan istirahat secara lebih maksimal.

Itulah beberapa fungsi karpet yang perlu Anda ketahui. Tidak hanya membuat rumah Anda menjadi lebih cantik, karpet juga dapat membuat suasana rumah terasa lebih nyaman dan hangat. Jika berencana membeli karpet pastikan Anda memilih karpet yang sesuai dengan ukuran dan desain ruangan. IKEA menyediakan banyak pilihan karpet, mulai dari karpet bahan bulu tipis, bulu tebal, minimalis hingga karpet dengan motif artistik. Nikmati juga penawaran harga spesial untuk karpet pilihan IKEA selama promo 11.11 sale. Selamat menemukan karpet yang cocok untuk Anda!

cross