Products comparator

You have of all 8 possible products to compare.


Compare it now

Rekomendasi 7 Papan Kayu Terbaik

Rumah dengan nuansa papan kayu di dalamnya menjadi salah satu desain yang paling banyak digemari orang. Perabotan rumah dengan desain material papan kayu memberikan kesan yang estetik, elegan sekaligus juga hangat dan asri. 

Penerapan desain interior menggunakan kayu juga harus mempertimbangkan kualitas materialnya seperti tahan air, cuaca, dan zat kimia. Belum lagi jika akan diletakkan dalam area rumah, pastikan kayu yang digunakan aman bagi keluarga terutama anak-anak. 

Papan kayu yang digunakan umumnya akan menyesuaikan dengan selera, karakter, dan kebutuhan penghuni rumah. Hal ini dikarenakan kayu tak hanya bisa mengubah tampilan ruangan tapi konsep rumah itu sendiri. 


Papan kayu dan kegunaannya

Penggunaan papan kayu untuk rumah tidak hanya sebatas material perancang perabotan saja, tetapi juga bahan serbaguna yang bisa menambah nilai estetika pada ruangan hingga rumah sehingga penghuni merasa nyaman dan betah di rumah. 

Kayu merupakan salah satu material yang mudah untuk dibentuk sesuai keinginan dan relatif lebih ekonomis dibandingkan material lainnya. Beberapa kelebihan desain interior berbahan papan kayu di antaranya tahan lama, beratnya yang cukup ringan, kedap suara, dan tahan panas serta bahan kimia. 

Papan kayu favorit dan spesifikasinya

Papan kayu terbagi atas beberapa jenis menyesuaikan dengan bentuk dan kualitas. Salah satu jenis kayu favorit yang populer adalah kayu solid. Papan kayu solid diolah langsung dari pohonnya dan dapat diolah menyesuaikan bentuk dikehendaki. 

Jenis kayu ini difavoritkan karena tingkat ketahanannya yang cukup tinggi sehingga bisa menyesuaikan dengan rancangan desain interior atau konsep hunian. 

Lebih detail, penggunaan papan kayu sebagai salah satu bagian perabot rumah tangga seperti lemari pakaian, partisi kabinet, dan beberapa perabotan lainnya. Beberapa jenis papan kayu seperti oak, pinus, dan akasia juga merupakan jenis-jenis kayu yang digunakan sebagai papan untuk beberapa produk perabotan IKEA. 

Jenis kayu solid ini bermacam-macam tergantung kualitas dan teksturnya. Berikut beberapa rekomendasi jenis papan kayu favorit yang sering dijadikan furnitur dan perabot yang mungkin cocok untuk hunian Anda.

1. Kayu pinus

Kayu oak atau kayu ek adalah salah satu kayu dengan kualitas premium yang umum digunakan sebagai dekorasi rumah minimalis. Diperkirakan terdapat lebih dari 600 spesies kayu oak tersebar di berbagai belahan dunia. Secara umum, kayu oak memiliki karakter yang kuat, keras, berat, dan padat. Uniknya, kayu ini memiliki kandungan tanin, sehingga resisten terhadap serangga dan jamur.

Kayu oak biasanya dibuat menjadi produk mebel, lantai, panel, veneer, dan lain-lain. Kayu oak juga dipilih IKEA sebagai bahan material untuk pembuatan berbagai produk karena terkenal awet, pola kayunya indah, tidak mudah memuai ketika terkena sinar matahari, tahan air, serta tidak mudah patah.

2. Kayu birch

Kayu birch tergolong jenis material yang mudah diolah karena bersifat lunak dan bisa di-veneer atau dicat agar tidak mudah kotor dan tahan air. Papan kayu birch termasuk jenis kayu solid yang murah dibandingkan jenis kayu lainnya jika melihat nilai tambah estetikanya. Umumnya jenis kayu ini digunakan untuk membuat lemari.

3. Kayu beech

Kayu beech juga termasuk kayu solid yang memiliki tekstur halus, kontur yang menarik dengan warna terang sehingga terlihat menarik. Papan kayu ini sering digunakan sebagai peralatan rumah tangga seperti talenan, spatula, penggiling adonan, gantungan baju, hingga ranjang bayi. Papan kayu beech tergolong tahan lama dan kuat terhadap air sehingga cocok untuk peralatan masak hingga kebutuhan kamar bayi. 

4. Kayu bambu

Pasti sudah tidak asing dengan jenis kayu satu ini, bukan? Kayu bambu atau rotan memang sering kita temui diolah menjadi berbagai jenis perabotan dan furnitur di rumah. Salah satu kelebihan kayu bambu adalah mudah didapatkan sehingga harganya pun terjangkau. Jenis kayu ini ringan, elastis, tapi juga kuat dan ramah lingkungan. Perabotan yang menggunakan jenis kayu ini biasanya akan di-veneer atau dicat secara berkala untuk menghindari jamur dan serang.

5. Kayu oak

Kayu oak adalah jenis kayu solid dengan kualitas yang baik dan tahan lama. Papan kayu oak terdiri dari dua jenis warna yakni merah dan putih. Papan kayu oak ini populer karena pola dan warnanya yang menarik berbeda dengan jenis kayu solid lainnya.

Papan kayu oak dapat diolah dan di-finishing dengan baik menggunakan cat atau veneer untuk membuatnya tidak lembab dan tahan air sehingga bisa cocok untuk perabotan atau furnitur di luar ruangan.

6. Kayu aspen

Kayu aspen juga adalah jenis kayu solid padat yang dapat diamplas dan dirawat hanya jika dirasa perlu. Papan kayu aspen adalah bahan alami yang tahan pakai sehingga bisa menahan bahan yang berat. Selain itu, kayu aspen juga menambah estetika ruangan sehingga bisa dipakai sebagai pajangan atau tempat penyimpanan dengan penempatan yang menarik.

7. Kayu eukaliptus

Kayu eukaliptus adalah jenis kayu solid yang berguna jika diolah menjadi furnitur dan perabotan rumah seperti kusen pintu, jendela, hingga kursi dan meja yang bisa dicat dan di-veneer. Papan kayu eukaliptus menimbulkan kesan yang alami dan ketahanan menahan berat jika digunakan di luar ruangan. Kayu eukaliptus memang relatif agak mahal menyesuaikan dengan kualitasnya dan daya serap airnya yang baik.

Memilih jenis kayu untuk mempercantik hunian Anda bukan pilihan mudah. Carilah jenis kayu yang memang memenuhi kriteria Anda, seperti cocok atau tidaknya dengan furniture lain, kesesuaian budget, dan ketahanan kayu itu sendiri.


Back to top
cross