Products comparator

You have of all 8 possible products to compare.


Compare it now

Panduan memilih container box plastik yang tepat

Ketika memilih container box plastik, hal pertama yang harus Anda pertimbangkan adalah ketersediaan ruang yang cukup untuk diisi dengan barang-barang Anda. Kelompokkan barang-barang yang akan disimpan di box plastik berdasarkan jenis, misalnya buku, mainan anak, peralatan pertukangan, atau peralatan rumah tangga yang lainnya.

Meskipun bahan plastik terbukti tahan lama dan tidak mudah pecah, Anda juga perlu memperhatikan material seperti apa yang Anda butuhkan. Sebab, setiap box plastik memiliki tingkat kekuatan yang berbeda-beda, tergantung fungsi dan kegunaan masing-masing.
 

Mengenal ukuran box plastik beserta keperluannya

Ada berbagai ukuran yang dapat dipilih untuk perabot jenis ini, tergantung fungsi dan keperluan Anda. Sebelum memilih ukuran, pastikan Anda sudah menentukan dan mengukur barang-barang yang akan dimasukkan ke dalam container box. Sesuaikan kapasitas yang ada dengan berat barang yang akan Anda simpan. Sebab, apabila Anda terlalu banyak menyimpan barang, otomatis box akan terlalu penuh dan dapat mengurangi kekuatan material plastik.
Pada umumnya, ukuran box plastik terbagi menjadi tiga jenis, yakni kecil, sedang, dan besar. Namun, saat ini, sudah banyak yang menyediakan kontainer berbahan plastik dalam berbagai model, tergantung kegunaannya. 

Tren hunian yang semakin mengarah ke minimalis juga membuat sebagian besar orang jarang memilih box plastik yang terlalu besar, karena akan merusak estetika dan mengambil terlalu banyak ruang.

Ukuran storage plastik tentu juga menyesuaikan dengan jenis barang yang akan Anda simpan. 
  • Kontainer kecil (ukuran panjang 27 cm, lebar 20 cm, dan tinggi 14 cm) cocok untuk meletakkan benda-benda yang kecil dan berat, seperti peralatan makan atau barang-barang mudah pecah yang terbuat dari keramik atau tanah liat. 
  • Kontainer sedang (ukuran panjang 38 cm, lebar 25 cm, dan tinggi 15 cm) cocok untuk menyimpan barang-barang yang banyak dan seringkali tercecer seperti mainan anak, buku-buku, peralatan dapur, atau peralatan pertukangan. 
  • Kontainer besar (ukuran  panjang 44 cm, lebar 40cm, dan tinggi 31 cm) cocok digunakan untuk menyimpan barang yang besar tetapi tidak terlalu berat, seperti sprei, baju-baju tebal seperti sweater atau jaket, matras, atau bed cover.

5 tips memilih container box plastik

Berikut ini beberapa tips untuk memaksimalkan penggunaan kontainer berbahan plastik sesuai dengan jenis barang yang akan Anda simpan:
 

1. Box plastik untuk menyimpan pakaian

Sebagai tempat menyimpan pakaian, ukuran box plastik yang sedang menjadi pilihan yang cocok untuk Anda. Seringkali, pakaian yang ada di lemari terlalu menumpuk sehingga Anda membutuhkan storage lain untuk menyimpan pakaian.
 
Atau, saat ingin mendonasikan baju-baju yang masih bagus tetapi jarang terpakai, Anda membutuhkan tempat penyimpanan sementara sebelum pakaian tersebut diberikan ke orang lain.
Ketika musim berganti dari panas menuju hujan, terkadang Anda bingung menentukan outfit yang pas. Kontainer ukuran sedang cocok untuk digunakan untuk menyimpan pakaian-pakaian hangat yang tebal tetapi tidak berat, seperti sweater, jaket, hoodie, atau jas hujan.
 
Warna yang bening dapat memudahkan Anda untuk melihat dan memilih pakaian mana yang akan dikenakan. Storage ini sebenarnya dapat diletakkan di sudut hunian manapun, tetapi sebaiknya hindarkan dari sesuatu yang panas seperti kompor.

Untuk mempermudah Anda saat ingin memindahkan box, pilihlah kontainer yang memiliki pegangan dan roda kecil di bawahnya.

2. Sebagai tempat penyimpanan aksesoris dan barang kecil lainnya

Ada beberapa opsi yang dapat digunakan untuk jenis penyimpanan ini. Box plastik dengan ukuran kecil untuk menyimpan aksesoris seperti syal, sarung tangan, dasi, sapu tangan, maupun kaos kaki lebih fleksibel karena dapat diletakkan di bawah tempat tidur Anda. 

Tak hanya itu, jenis storage ini juga dapat digunakan untuk menyimpan alat-alat kecil yang terkadang mudah hilang seperti kabel-kabel charger, aksesoris untuk meja, maupun perlengkapan untuk travelling.

Apabila dibutuhkan, Anda juga dapat meletakkan jenis box plastik ini pada troli atau rolling cart agar lebih fleksibel dan memudahkan Anda ketika ingin menata barang-barang yang tercecer, karena dapat dipindahkan sewaktu-waktu. 

Kontainer plastik yang dilengkapi dengan rolling cart dapat digunakan juga untuk menyimpan kunci, dompet, atau handphone agar tersimpan dengan rapi.

3. Menyimpan berbagai peralatan outdoor, perlengkapan olahraga, atau kebersihan

Barang-barang outdoor atau peralatan kebersihan yang cenderung berat tentu membutuhkan tempat penyimpanan yang lebih berat. Umumnya, kontainer box plastik jenis ini diletakkan di garasi, teras, gudang, atau ruang penyimpanan luar karena cenderung diisi dengan barang-barang yang baru dipakai ketika Anda berada di luar rumah.

Ketika memilih penyimpanan berbahan plastik seperti ini, pastikan Anda memilih box yang besar dan kuat agar peralatan Anda juga awet seperti yang dimiliki IKEA.

Setelah Anda selesai melakukan kegiatan di luar ruangan dan ingin meletakkan peralatan kembali ke box plastik, pastikan agar membersihkannya terlebih dahulu agar terhindar dari debu yang dapat menumpuk di dalam kontainer.

4. Sebagai penyimpanan kertas dan stationery

Kotak berbahan plastik juga dapat digunakan untuk menyimpan file berupa arsip atau dokumen penting. Material plastik yang tidak mudah berkarat juga anti rayap sangat cocok sebagai tempat menyimpan file-file penting untuk kebutuhan pekerjaan Anda.

Sebelum menyimpan dokumen ke dalam box, pastikan Anda sudah memilah dokumen-dokumen apa saja yang akan dimasukkan. Kelompokkan berdasarkan tingkat kepentingan dokumen. Letakkan dokumen yang paling penting dan urgent di bagian paling atas.

Selain itu, box plastik juga dapat digunakan untuk mengorganisasikan stationery pendukung pekerjaan Anda di rumah, seperti gunting, alat tulis, alat-alat untuk craft, alat menjahit, dan lain sebagainya. 

Pilih jenis box yang pendek dan datar, serta sesuaikan kompartemen dengan kebutuhan penyimpanan Anda. Pastikan agar semua stationery dapat tertata dengan rapi. Pilihlah kotak yang terbuka apabila ingin menyimpan barang yang akan sering Anda akses, seperti gunting atau lem yang selalu dibutuhkan kapan pun.

5. Box plastik untuk menyimpan make-up

Bagi Anda yang ingin menyimpan peralatan make-up seperti brush, eyeliner, lipstik, bedak, dan lain-lain, IKEA menyediakan kontainer berbahan plastik yang sangat cocok karena materialnya yang cukup kokoh dan lentur. Sehingga, akan menjaga peralatan make-up Anda agar tidak mudah pecah atau rusak. 

Selain itu, penyimpanan jenis ini juga tahan air dan dapat ditumpuk bersama dengan kotak lainnya, sehingga bisa lebih menghemat ruang.
Kelima pilihan box plastik ini bisa menjadi inspirasi Anda untuk hunian yang lebih simpel dan tertata. Temukan inspirasi lainnya di IKEA sekarang!

Back to top
cross