Products comparator

You have of all 8 possible products to compare.


Compare it now

7 rekomendasi perabot rumah tangga bahan plastik

Perabot plastik tak melulu membosankan dengan model yang itu-itu saja. Kini, banyak solusi yang ditawarkan untuk Anda yang sedang ingin mempercantik rumah dan mengapa perlu mempertimbangkan perabot plastik untuk hunian Anda.

Apa itu plastik?

Plastik adalah sekumpulan rantai molekul yang berhubungan satu sama lain, rantai ini disebut juga sebagai polimer. Inilah sebabnya berbagai jenis plastik memiliki nama yang dimulai dari kata “poli” atau “poly”, misalnya polyethylene, poliester, dan lain-lain. Secara umum, plastik bersifat ringan dengan tingkat kekuatan yang signifikan. Plastik dapat dicetak, dibentuk, ditiup, dan sebagainya untuk membuat berbagai macam bentuk, lapisan, bahkan serat untuk membuat tekstil.

Keunggulan perabot rumah tangga berbahan plastik

Anda mungkin masih bingung mengapa harus memilih perabot berbahan plastik. Di samping harganya yang lebih terjangkau jika dibandingkan dengan perabot kayu atau metal, plastik punya berbagai keunggulan yang bisa menjadi pertimbangan Anda.

IKEA pun memiliki beberapa perabot rumah tangga berbahan plastik dengan kualitas terbaik yang bisa Anda pilih, seperti food container, gelas, piring, alat makan, kursi, rak, dan lain-lain. Berikut ini adalah beberapa keunggulan perabot rumah tangga berbahan plastik:

1. Minim perawatan

Perabot berbahan plastik pada dasarnya tidak banyak membutuhkan perawatan khusus. Sifatnya anti karat dan tidak membutuhkan lapisan pelindung tambahan agar tahan lama, tidak seperti kayu atau logam. Anda juga tidak perlu khawatir perabot plastik akan terkelupas, luntur warnanya, atau bernoda akibat tumpahan cairan. Anda cukup mengelap perabotan plastik dengan kain kering atau lembap dan perabot Anda kembali seperti sedia kala.

2. Mengurangi deforestasi

Plastik adalah material yang dapat didaur ulang. Tak seperti kayu, plastik tidak bersumber dari pohon, sehingga tidak perlu khawatir menambah jumlah pohon yang ditebang. Perabotan plastik yang sudah rusak biasanya berakhir di tempat daur ulang untuk dijadikan biji plastik kembali, kemudian biji ini biasanya akan digunakan kembali untuk memproduksi barang baru lainnya.

3. Harga terjangkau

Ketika dibandingkan dengan material lain, harga perabot rumah tangga dari plastik biasanya lebih terjangkau. Jika Anda mencari perabot yang kuat, tahan lama, dengan budget yang terbatas, perabot plastik dapat menjadi jawabannya. Tak perlu khawatir soal modelnya, karena kini para produsen semakin peka terhadap kebutuhan konsumen, sehingga perabot plastik juga dibuat mengikuti tren untuk mempercantik hunian Anda.

4. Ringan dan serbaguna

Dibandingkan dengan beberapa jenis material lalin, perabot plastik sangat ringan dan mudah dipindahkan tanpa banyak tenaga. Oleh sebab itu, perabot dari plastik dapat menjadi serbaguna. Misalnya kursi plastik di rumah Anda bisa diletakkan di luar ruangan, sebagai kursi makan, di ruang bermain anak, di ruang kerja, dan lain-lain.

5. Bebas rayap

Salah satu keunggulan perabot plastik dibandingkan dengan perabot dari kayu adalah Anda tidak perlu khawatir terhadap serangan rayap. Rayap dapat menjadi hama yang sangat merepotkan sekaligus berbahaya untuk rumah Anda jika tidak diatasi. Perabot kayu memang memiliki pesonanya sendiri, tetapi jika Anda tidak punya cukup perhatian dan waktu untuk merawatnya, memilih perabot plastik adalah jawaban yang lebih tepat.

6. Tahan lama

Bukan rahasia kalau perabot plastik tidak mudah rusak dan pecah. Bagi Anda yang punya buah hati yang masih sering melempar dan menjatuhkan barang, perabot plastik akan mengurangi kekhawatiran Anda. Apabila rusak, plastik juga relatif lebih aman untuk Anda dan anak-anak karena tidak menimbulkan banyak serpihan halus seperti kaca atau material pecah belah lainnya.

Perabot yang terbuat dari plastik berkualitas juga tidak mudah rusak akibat pemakaian sehari-hari yang sering, juga tahan terhadap cuaca. Karena itu, Anda tidak perlu khawatir menaruh perabot plastik seperti meja dan kursi di luar ruangan atau teras Anda.

7 rekomendasi perabot rumah tangga berbahan plastik untuk hunian yang cantik

Memilih perabot plastik tidaklah terlalu sulit. Anda tinggal memilih warna dan modelnya sesuai dengan kebutuhan atau dicocokkan dengan warna tema desain ruangan Anda. Sebagai material yang fleksibel dan tahan banting, plastik dapat menjawab kebutuhan Anda akan perabot yang terlihat menarik, tahan lama, minim perawatan, dan budget yang terbatas.

1. Kursi makan plastik transparan

Dengan bahan plastik, berbagai bentuk dan rupa benda yang Anda imajinasikan menjadi mungkin terwujud. Misalnya saja kursi makan transparan yang unik. Selain plastik, kaca adalah material lain yang dapat dibuat transparan, namun tentunya tidak senyaman dan seaman plastik untuk digunakan sebagai tempat duduk. Kursi ini ringan dan mudah dipindahkan, cocok untuk menghiasi ruang makan, ruang tamu, atau ruang kerja Anda.

2. Kursi dan meja plastik anak

Memilih perabot untuk ruang anak memerlukan pertimbangan yang lebih hati-hati. Umumnya perabot plastik sering dipilih untuk anak karena ringan, tidak mudah pecah, tahan lama, mudah dibersihkan, dan banyak keunggulan lainnya. Kursi dan meja plastik yang didesain untuk anak-anak juga memiliki warna-warni yang menarik, serta sudut-sudut melengkung yang tidak tajam.

3. Taplak meja makan

Taplak meja dari bahan plastik sangat ideal untuk meja makan Anda karena lebih tahan terhadap air dan noda, mudah dibersihkan, dan motif yang tidak terbatas. Salah satu pilihan untuk Anda adalah taplak meja IKEA yang terbuat dari 100% kain polyester plastik daur ulang dan sebagian berasal dari botol plastik yang tersangkut di jaring nelayan Spanyol.

4. Lampu meja plastik

Kehadiran lampu di rumah tidak hanya sebagai sumber cahaya buatan, tetapi juga dapat mendukung perubahan suasana dan fungsi dekorasi. Tak hanya dipasang di langit-langit rumah Anda, terdapat pula pilihan lampu berdiri, lampu yang dipasang di di dinding, atau lampu meja. Lampu meja yang bentuknya simple cocok diletakkan di ruang kerja atau sisi tempat tidur Anda sebagai sumber cahaya yang tidak terlalu terang, tetapi masih dapat digunakan untuk membaca buku.

5. Laci plastik serbaguna

Laci adalah perabot serbaguna yang menjadi solusi penyimpanan Anda. Kini berbagai macam model laci telah didesain agar semakin mempercantik hunian Anda. Desain laci yang minimalis membuatnya mudah diletakkan di mana saja, baik itu kamar tidur, ruang kerja, dan lain-lain. Laci dari plastik juga mempermudah Anda untuk memindahkannya jika perlu bersusah payah. Dengan laci plastik, Anda tidak perlu bingung lagi mencari tempat untuk menyimpan pakaian, dokumen, atau benda-benda lainnya yang mudah tercecer.

6. Kabinet plastik

Selain laci, solusi penyimpanan lainnya dari IKEA adalah kabinet plastik. Kabinet ini dapat memanfaatkan ruang kosong di dinding Anda dan menjadi tempat penyimpanan tambahan untuk sepatu, majalah, dan lainnya. Gabungkan kabinet ini sebanyak kebutuhan Anda tanpa membuat rumah Anda terkesan sesak dan menjadikannya terlihat lebih rapi.

7. Meja outdoor plastik

Para produsen juga menyadari kebutuhan konsumen yang menginginkan perabot plastik dengan desain yang semakin modern. Misalnya perabotan yang terbuat dari anyaman plastik dengan warna yang menyerupai rotan alami. Meja outdoor plastik ini dapat memperindah area ruang tamu, bahkan sanggup ditempatkan di luar ruangan atau teras rumah tanpa memerlukan perawatan khusus. Tambahkan kursi santai pada area teras agar suasana semakin nyaman.

Dengan banyaknya bentuk dan model perabot plastik untuk mempercantik hunian saat ini, Anda tak perlu lagi bingung untuk mewujudkan hunian impian Anda dengan budget yang lebih terjangkau dan tetap mendapatkan perabot yang berkualitas. Kunjungi IKEA terdekat di kota Anda untuk berbagai inspirasi dekorasi hunian Anda!

Back to top
cross