Products comparator

You have of all 8 possible products to compare.


Compare it now

7 ide lantai keramik modern untuk percantik rumah

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mempercantik hunian Anda di rumah. Salah satunya adalah dengan menggunakan lantai keramik yang tepat dan bisa menghadirkan nuansa berbeda. Meskipun terkesan sederhana, pemilihan lantai keramik yang sesuai dengan tema ruang secara keseluruhan nyatanya dapat membuat hunian menjadi lebih hidup dan juga semarak, lho. Yang pasti, lantai keramik ini tak akan kalah estetikanya dengan material flooring yang lain.

Sedikit cerita, lantai keramik seringkali dijadikan pilihan oleh pemilik rumah sebagai material penutup lantai karena berbagai alasan. Pertama, keramik memiliki sifat yang kokoh serta tahan lama. Keramik juga tidak mudah pecah atau retak, sehingga bisa digunakan selama bertahun-tahun. Kedua, lantai keramik sangat mudah dibersihkan serta tidak memerlukan perawatan ekstra.

Hal ini juga membuat keramik menjadi sangat ramah di kantong, karena efisien dan easy to manage. Terakhir, lantai keramik memberikan kesan sejuk ketika diinjak sehingga bisa membuat rumah terasa lebih dingin. Jadi, untuk Anda yang membuat rumah terasa ‘adem’ meski tanpa menggunakan pendingin ruangan, menggunakan lantai keramik untuk menutupi lantai juga bisa menjadi pilihan.

Sebelum memilih lantai keramik modern

Nah, sebelum memilih lantai keramik modern yang estetik untuk rumah Anda, lakukan beberapa hal di bawah ini dulu, yuk:
  1. Tentukan area ruang yang hendak dipasangi keramik. Bagian mana saja yang hendak diganti atau diubah keramiknya? Seluruh ruang atau hanya sebagian? Baiknya, tentukan terlebih dahulu untuk mempermudah pemilihannya, ya.
  2. Ukur luas ruangan dan juga lokasi penempatannya. Misalnya, jika area yang hendak dipasangi keramik merupakan area outdoor, maka memilih keramik dengan motif yang gelap serta tidak mudah kotor merupakan opsi terbaik.
  3. Pemilihan motif. Motif lantai keramik sebaiknya disesuaikan dengan proporsi ruangan. Hindari memilih motif yang bisa membuat ruangan terasa lebih sesak atau bahkan lebih ‘kosong’ dari seharusnya.
  4. Pemasangan. Terakhir, pertimbangkan juga pemasangannya. Apakah Anda akan memasang sendiri atau meminta bantuan tukang? Pertimbangkan mengenai hal ini karena jika Anda meminta bantuan dari pihak lain, berarti budget pemasangan harus siap ditambah.
 

Ide lantai keramik untuk mempercantik rumah

Jika sudah melakukan empat hal di atas, mari simak 7 ide lantai keramik yang bisa membantu mempercantik rumah Anda. 
 

1. Polos

Lantai keramik polos dan satu warna cocok untuk Anda yang ingin bermain aman dan juga membuat rumah terasa timeless. Meskipun terkesan membosankan, namun lantai keramik polos jika dipadukan dengan furnitur yang tepat, juga bisa tetap terlihat menarik.
 
Misalnya, untuk menghadirkan nuansa interior yang monokrom, Anda bisa memilih lantai keramik berwarna abu-abu atau tile berwarna putih. Padukan dengan sofa atau furnitur lain berwarna hitam atau bahkan krem. Dijamin, ruang di rumah akan terlihat lebih menawan dan juga berkelas. Intinya, jangan ragu untuk memilih lantai keramik polos, ya.

2. Printed

Lantai keramik printed sangat cocok untuk memeriahkan nuansa di rumah. Dengan berbagai pilihan pola dan motif, pastinya Anda bisa memilih yang terbaik untuk menyesuaikannya dengan ruangan yang diinginkan. Yang pasti, perhatikan proporsi ruangan yang hendak dipasangi keramik. Untuk ruangan yang kecil, sebaiknya sesuaikan dengan motif serta pola keramiknya.
 
Hindari memilih motif berukuran besar atau terlalu ramai karena bisa membuat ruangan terasa lebih sesak. Sebaliknya, untuk ruangan yang berukuran besar, hindari memilih motif atau pola yang terlalu kecil. Menggunakan lantai keramik printed memang cukup tricky, tapi dengan strategi dan pemilihan motif yang tepat, maka pemasangannya dapat membantu Anda mengubah nuansa ruang secara keseluruhan.

3. Kayu

Untuk Anda yang ingin menghadirkan nuansa hangat di ruangan, lantai keramik dengan motif kayu sangatlah disarankan. Memasang parket mungkin bisa menjadi opsi, tapi perawatannya yang agak sulit tentu dapat merepotkan Anda yang tak punya banyak waktu luang. Oleh sebab itu, lantai keramik dengan motif kayu merupakan alternatif yang dapat menjadi pilihan efisien.
 
Terlebih sekarang ini sudah banyak sekali berbagai lantai keramik dengan motif serat kayu yang terlihat nyata serta bisa disesuaikan dengan selera pemilik rumah. Atau jika Anda hendak mengangkat nuansa industrial atau rustic, maka keramik dengan motif kayu yang berwarna cokelat gelap sangat cocok untuk dipergunakan.

4. Marmer

Sejak lama, marmer memang menjadi salah satu pilihan material yang bisa menghadirkan keindahan serta kemewahan pada sebuah rumah. Tampilan marmer yang elegan dengan guratan-guratan unik pada permukaannya memang dapat mengubah ruang menjadi lebih berkelas dalam waktu singkat. Hanya saja, harga batu marmer yang mahal membuat banyak orang beralih ke lantai keramik dengan motif marmer.
 
Meski berbeda material, namun secara tampilan tidak jauh berbeda, lho. Jadi, Anda tetap bisa menghadirkan kesan mewah, tetapi dengan budget yang ramah di kantong. Lantai keramik marmer ini cocok untuk Anda yang ingin mengusung tema interior minimalis, Japandi, atau belgian style yang unik serta estetis di hunian.

5. Batuan alam

Ingin mengangkat konsep back to nature di rumah? Yuk, gunakan lantai keramik dengan motif batuan alam. Meskipun lebih sering digunakan sebagai alternatif motif keramik di kamar mandi atau ruang cuci, keramik dengan motif batuan alam ini juga cocok untuk digunakan ruang depan atau ruang bersantai, lho.
 
Tinggal disesuaikan saja dengan pemilihan motifnya. Disarankan untuk menggunakan keramik dengan ukuran tile yang besar agar lebih hemat biaya serta memberikan kesan lebar pada ruangan. Jadi, tertarik untuk memasang lantai keramik motif batuan alam ini?

6. Herringbone pattern

Masih belum cocok dengan pilihan lantai keramik modern yang sudah disebutkan di atas? Jangan khawatir, masih ada ide keramik yang bisa dicoba: yakni herringbone pattern. Sesuai dengan namanya, herringbone merupakan keramik dengan pola menyerupai susunan tulang ikan herring.
 
Motif ini seringkali dipilih oleh mereka yang ingin membuat ruangan terasa lebih hidup dan jauh dari kesan kaku. Herringbone pattern ini ada yang berukuran besar dan ada juga yang berukuran kecil, baiknya dicek kembali dengan proporsi ruang sebelum memutuskan untuk memasangnya, ya.

7. Heksagonal

Terakhir, untuk Anda pecinta motif geometri dan ingin menjadikan lantai di rumah sebagai focal point, maka motif lantai keramik heksagonal menjadi salah satu pilihannya. Entah itu dengan motif heksagon besar, kecil, satu warna, atau mungkin kombinasi dua warna, tampilannya bisa membuat ruangan menjadi lebih hidup tanpa perlu menghadirkan berbagai furnitur atau elemen dekoratif lainnya. 
 
Pilihan keramik ini cocok untuk Anda yang tidak memiliki banyak barang namun tetap menginginkan ruangan terasa ‘penuh’.
Itulah beberapa ide lantai keramik modern yang bisa Anda jadikan inspirasi untuk mempercantik rumah Anda. Selain memilih motif keramik yang tepat, jangan lupa padankan pula dengan furnitur yang senada agar tampilan ruangan di rumah semakin apik serta estetik. IKEA memiliki berbagai pilihan opsi untuk membantu mempercantik setiap ruang di rumah Anda.

Back to top
cross