Products comparator

You have of all 8 possible products to compare.


Compare it now

5 tips memasak opor ayam untuk sajian lebaran

Opor ayam menjadi salah satu dari beberapa hidangan wajib yang selalu disajikan di meja makan saat perayaan lebaran tiba. Rasanya yang gurih dengan ayam yang lembut inilah yang menjadi faktor utama kenapa hidangan ini menjadi favorit khususnya untuk masyarakat di Indonesia.
 
Rasanya yang gurih akan bertambah nikmat jika opor ayam dinikmati bersama dengan sambal dan tentunya ketupat atau lontong, tentu hidangan lebaran yang disantap setelah salat Idul Fitri semakin menambah rasa lezat dan nikmati.

Akan tetapi, banyak yang mengalami kegagalan saat memasak opor ayam. Mulai dari pecahnya santan yang membuat opor ayam menjadi cepat basi hingga tekstur ayam yang kurang lembut yang menjadi faktor memasak opor ayam bukanlah hal yang mudah.

Cara memasak opor ayam lebaran hasil sempurna

Lantas bagaimana tips memasak opor ayam yang sempurna untuk sajian hari lebaran nanti? Berikut ini beberapa tipsnya!  
 

1. Jenis ayam yang digunakan

Semua jenis ayam bisa digunakan sebagai bahan utama untuk memasak opor ayam. Namun biasanya banyak orang yang memilih untuk ayam kampung atau ayam pejantan. Rasanya yang lebih gurih dengan serat daging yang kenyal hingga protein yang baik menjadikan alasan jenis ayam kampung atau ayam pejantan banyak dipilih masyarakat.

Ketika memasak opor ayam menggunakan jenis ayam kampung atau ayam pejantan butuh kesabaran karena proses merebus dan waktu memasaknya membutuhkan waktu yang cukup lama agar mendapatkan tekstur daging yang lembut.

Oleh karena itu, untuk mempersingkat waktu memasak banyak orang lebih cenderung menggunakan panci dengan penutup dari bahan kaca/baja tahan karat atau biasa disebut panci presto.
Dengan panci presto ini, waktu merebus untuk jenis ayam kampung atau ayam pejantan akan lebih cepat dengan hasil sempurna.  Menentukan lama atau tidaknya proses merebus ayam juga ditentukan ukuran atau berat dari ayam yang akan dimasak. Adapun beberapa cara yang perlu diperhatikan ketika mengolah ayam sebagai bahan utama dalam memasak opor ayam:
 
  • Pilih ayam yang memiliki berat 800 gram – 1 kg.
  • Pilih ayam yang segar yang dipotong di tempat pembelian.
  • Rebus ayam untuk memudahkan membersihkan semua bulu ayam.
  • Buang bagian brutu atau pantat ayam.
  • Jika lebih menyukai ayam negeri, buang bagian-bagian yang memiliki lemak yang tebak.
  • Setelah bersih, potong ayam menggunakan pisau daging menjadi 8 atau 12 bagian (tergantung selera).
  • Cuci hingga bersih dan tiriskan hingga kering.
  • Tambahkan air jeruk nipis sambil diremas-remas dan diamkan sejenak.  
Untuk yang menyukai daging ayam yang kering dan renyah, bakar bagian-bagian ayam di atas bara api hingga kering atau panggang sebentar menggunakan piring oven berbahan kaca di dalam oven hingga kandungan air di dalam ayam menguap.

2. Pemilihan bumbu dasar

Hidangan opor ayam biasanya akan menggunakan banyak rempah-rempah sehingga menghasilkan rasa yang gurih dan nikmat. Meskipun kini sudah banyak bumbu-bumbu instan yang bisa digunakan, akan tetapi untuk hidangan spesial lebaran ini biasanya akan menggunakan bumbu segar di pasar dan diproses sendiri. Bagaimana cara memprosesnya bumbu dasar ini? Simak tahapannya berikut ini :
 
  • Giling semua bumbu dasar opor ayam ini sampai benar-benar halus menggunakan food processor atau dengan cara tradisional menggunakan cobek atau ulekan.
  • Tambahkan garam secukupnya dalam proses pembuatan bumbu.
  • Tempatkan bumbu dalam mangkuk kaca bening ukuran kecil sebelum proses memasak opor ayam.

3. Santan segar atau instan?

Selain ayam dan bumbu, dalam proses memasak opor ayam santan juga menjadi hal yang penting untuk diperhatikan. Karena opor ayam ini adalah makanan dengan kuah santan sehingga menjadi penting untuk menghadirkan rasa yang gurih.

Tapi mana yang lebih enak, santan instan atau santan segar? Memang untuk jenis santan instan menjadi solusi praktis dalam memasak, namun banyak orang mengatakan bahwa rasa kelapa yang dikeluarkan dari santan ini tidak terlalu kuat dan butuh bahan tambahan seperti cairan pengental untuk aroma kelapa yang akan menguatkan rasa hidangan opor ayam.

Meskipun sedikit merepotkan, opor ayam paling enak jika menggunakan santan segar. Santan segar ini bisa Anda dapatkan di tukang kelapa di mana Anda bisa meminta penjualnya untuk memilihkan kelapa yang bagus sekaligus mengupas hingga memarut kelapa dengan mesin. Peras kepala yang sudah diparut hingga keluar santannya dan tempatkan dalam pitcher kaca bening.

4. Pilih bahan tambahan untuk isian opor ayam

Untuk menu opor ayam, selain berisi ayam ada juga yang menambahkan isian sebagai variasi menu seperti tahu, telur ayam bulat, telur puyuh atau kentang dalam satu mangkuk opor ayam.

Jika demikian, maka yang perlu diperhatikan adalah jumlah bumbu yang digunakannya. Pastikan bumbu opor juga bisa meresap ke dalam isian tambahan tersebut sehingga rasa gurihnya pun bisa terasa di lidah.
 

5. Masak opor ayam dengan api kecil

Dalam memasak opor ayam, santan menjadi hal yang krusial. Jika pengolahannya tidak tepat, maka santan akan mudah pecah dan bergerindil di mana ini yang menyebabkan opor ayam lebih cepat basi dan tidak bisa lagi dikonsumsi.

Oleh karena itu, ketika memasak opor ayam pergunakanlah kompor tanam api biru dengan api kecil dalam prosesnya. Selain itu rutin untuk selalu mengaduknya agar kualitas santan tetap bagus dan tidak mudah pecah. Api sangat mempengaruhi tingkat kematangan opor ayam, jika api yang digunakan terlalu besar ini tingkat kematangan opor ayam menjadi tidak rata.

Penggunaan api besar dalam memasak opor ayam akan membuat bumbu dasar menjadi kurang meresap, sehingga rasa opor ayam menjadi kurang legit dan nikmat.
Jika tidak ingin menggunakan santan karena khawatir kolesterol, maka opsi lainnya bisa menggunakan krimmer atau susu murni untuk meminimalisir kalori. Sajikan opor ayam dengan mangkuk saji dari bahan kaca selagi masih panas.

Meskipun opor ayam merupakan sajian kuliner yang sederhana, namun untuk membuatnya 5 tips di atas harus diperhatikan supaya hasilnya tidak gagal. Demikian beberapa cara dan tips memasak opor ayam untuk sajian di hari lebaran nanti.

Jadi, lebaran tahun 2022 ini Anda tertarik untuk memasak opor ayam sendiri di rumah? Jangan lupa persiapkan peralatan masak untuk memudahkan dalam proses memasak nanti. Jangan khawatir, IKEA menghadirkan berbagai jenis produk-produk peralatan memasak terlengkap mulai dari wajan, panci, hingga aneka mangkuk dan alat makan yang bisa Anda pilih. Selamat memasak!

Back to top
cross