Products comparator

You have of all 8 possible products to compare.


Compare it now

5 inspirasi apartemen dengan gaya skandinavia

Daerah perkotaan dituntut untuk menyediakan tempat tinggal bagi masyarakat, seperti apartemen. Rata-rata lokasi yang digunakan untuk membuat apartemen sangat strategis, sebab berada di tengah kota sehingga memiliki banyak peminat. Namun, rata-rata orang merasa bosan berada di gedung bertingkat.

Maka dari itu, Anda perlu menciptakan suasana yang aman dan nyaman sehingga tidak merasa cepat bosan. Salah satu desain yang bisa membuat apartemen Anda terlihat nyaman dan tidak membosankan ialah konsep Skandinavia. Desain tersebut sangat cocok digunakan untuk apartemen yang memiliki ruangan terbatas.

Ciri-ciri apartemen dengan gaya skandinavia

Gaya Skandinavia merupakan salah satu konsep apartemen yang fokus terhadap desain, fungsionalitas dan furniture yang minim. Jadi tidak heran jika gaya ini menjadi pilihan yang tepat untuk hunian yang memiliki ruangan terbatas seperti apartemen. Mau tahu, apa saja ciri-ciri apartemen dengan konsep Skandinavia? Check it out!

Bukan hanya itu saja, warna putih yang dominan akan menjadikan ruangan Anda terlihat lebih luas, tinggi dan besar. Anda juga bisa memadukan gaya Skandinavia dengan Chic Urban. Di mana gaya Chic Urban ini memiliki banyak pilihan ruangan untuk tempat meletakkan barang-barang.

1. Memadukan warna putih dan abu-abu

Warna kalem dan cerah merupakan salah satu ciri khas dari gaya Skandinavia seperti warna putih dan abu-abu. Sebab, dengan menggunakan warna-warna kalem dan cerah, maka konsep hunian Skandinavia akan terlihat lebih jelas. Selain itu, perpaduan warna putih dan abu-abu membuat ruangan memiliki tampilan manis dan nyaman.

Bukan hanya itu saja, warna putih yang dominan akan menjadikan ruangan Anda terlihat lebih luas, tinggi dan besar. Anda juga bisa memadukan gaya Skandinavia dengan Chic Urban. Di mana gaya Chic Urban ini memiliki banyak pilihan ruangan untuk tempat meletakkan barang-barang.
Selain itu, Anda bisa menambahkan tirai jendela yang tipis supaya matahari bisa masuk melalui celah-celah tirai tersebut. Dengan begitu, ruangan tersebut akan terasa nyaman dan hangat. Selain itu, penggunaan cahaya yang natural membuat ruangan terlihat lebih luas. 

Untuk melengkapi perpaduan warna tersebut, Anda juga bisa menggunakan furniture yang tepat. Pastikan furniture yang Anda pilih memiliki warna yang solid dengan ruangan. Sehingga perpaduan warna antara dekorasi, furniture, cat dinding dan lainnya memberikan kesan mewah. 

2. Tampil sederhana namun fungsional

Beberapa orang lebih memilih ruangan yang sederhana untuk desain hunian. Maka dari itu, konsep yang cocok dengan ruangan tersebut adalah gaya Skandinavia. Dengan ruangan yang sederhana akan membuat furniture menjadi lebih fungsional. Sebab, di ruangan yang terbatas, Anda hanya bisa meletakkan sedikit furniture saja.

Pemilihan dekorasi pun harus cocok dengan ruangan sederhana tersebut seperti rustic yang membuat ruangan terlihat kaku. Namun, Anda bisa mengakali hal tersebut dengan menambahkan sedikit sentuhan warna hitam pada dekorasinya. Warna hitam, akan membuat ruangan dengan gaya Skandinavia terlihat mencolok dan menarik.

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan konsep desain modern dan minimalis. Perpaduan antara kedua konsep tersebut sangat menarik. Sebab konsep modern lebih menonjolkan tampilan, sedangkan konsep minimalis lebih menonjolkan fungsi. Dengan menggabungkan dua konsep tersebut, Anda bisa membuat ciri khas tersendiri.
Konsep desain lainnya yang bisa Anda coba gabungkan dengan gaya Skandinavia ialah desain Swedish Crib. Desain ini sangat cocok jika digabungkan dengan gaya Skandinavia yang fokus terhadap tampilan sederhana namun fungsional. Sebab, dengan menggunakan desain Swedish Crib, ruangan yang sederhana maupun sempit terasa luas.

Kesan luas tersebut timbul dari penataan furniture dan dekorasi yang tepat. Sehingga Anda akan merasa nyaman di hunian sendiri. Anda pun bisa menghilangkan bosan yang menumpuk, jika melihat semua barang tersusun dengan rapi.

3. Tempat tidur kecil

Jendela kamar tidur bisa Anda biarkan tanpa hiasan maupun dekorasi sedikitpun sehingga ruang tidur akan terlihat sederhana dan manis. Selain itu, Anda juga bisa menghindari penggunaan gorden pada jendela kamar tidur. Hal ini, akan membantu sinar matahari keluar masuk dengan leluasa yang membuat ruangan lebih cerah.

Pada bagian tempat tidur, Anda bisa menggunakan kasur berlapis sehingga lebih nyaman digunakan. Selain itu, agar tempat tidur memiliki kesan manis, cobalah menggunakan warna nude. Anda juga bisa menggunakan unsur alam untuk lantai kamar tidur sehingga memiliki kesan unik, hangat dan manis.
Anda juga bisa menambah teknologi canggih pada kamar tidur, seperti dinding yang bisa diatur dan disesuaikan untuk mendapatkan bentuk ruangan berbeda hanya dengan menekan tombol. Dengan konsep tersebut, Anda bisa menggabungkan lima ruangan utama sekaligus.

Hal lain yang harus Anda perhatikan untuk detail kamar tidur ialah kebersihannya. Maka dari itu, Anda bisa menggunakan warna netral untuk memberikan kesan bersih dan sederhana. Furniture yang dipilih untuk kamar tidur pun tidak terlihat nyentrik, namun tetap terkesan mewah.

4. Menyatukan dua ruangan menjadi satu

Sewa apartemen sudah bisa Anda temukan di berbagai macam tempat. Apalagi, hunian yang memiliki gaya Skandinavia. Di mana gaya ini sangat fokus untuk mengoptimalkan fungsi dari berbagai ruangan yang ada misal dapur dan ruang makan yang didesain dalam satu ruangan.

Penggunaan karpet kecil akan membantu untuk memberikan ilusi terhadap ruang makan yang berada di dapur. Selain itu, ruangan akan terlihat lebih luas berkat penyatuan dari dapur dan ruang makan. Supaya ruangan Anda terlihat harmonis dan nyaman, Anda bisa menggunakan warna yang sesuai.
Selain dapur dan ruang makan yang bisa dijadikan satu ruangan, Anda juga bisa membuat ruang istirahat dan ruang tengah di satu ruangan saja. Untuk membedakan kedua ruangan tersebut, Anda bisa menjadikan furniture sebagai pembatas, misal lemari.

Bukan hanya almari saja, furniture lainnya bisa Anda gunakan sebagai pembatas antara dua ruangan. Misal, Anda memilih furniture yang memiliki bentuk geometri supaya lebih efisien terhadap ruangan. Furniture dengan bentuk kubus dan persegi panjang akan memberikan kesan khas pada ruangan.

5. Tidak menggunakan pintu

Penghilangan fungsi pintu sangat bermanfaat untuk gaya Skandinavia, sebab dengan adanya pintu membuat hunian terlihat lebih kecil dan sempit. Maka dari itu, Anda bisa menghilangkan penggunaan pintu untuk kamar tidur dan ruang tamu. Sehingga, kedua ruangan tersebut terlihat lebih luas dan menyatu.

Ciri khas lainnya yang dimiliki oleh apartemen dengan gaya Skandinavia adalah penggunaan lantai kayu. Penggunaan lantai kayu ini bermanfaat sebagai pembeda antar ruangan. Sebab, lantai kayu yang digunakan di kamar tidur berbeda dengan ruang tamu. Hal ini juga akan menciptakan ilusi bahwa kedua ruangan tersebut terpisah.
Dengan menggunakan lantai kayu, Anda juga bisa menggunakan furniture lainnya yang cocok untuk ruangan tersebut. Misal, rak buku atau kursi yang terbuat dari kayu. Bukan hanya itu saja, dengan menggunakan material kayu, pencahayaan pada ruangan tersebut akan menyebar ke setiap sudut ruangan.
Nah itu dia beberapa ciri apartemen bergaya Skandinavia yang harus Anda ketahui. Apartemen dengan gaya Skandinavia bisa Anda padukan dengan berbagai macam furniture yang Anda sukai seperti TV, meja, lemari dan sebagainya. Anda juga bisa mendapatkan apartemen terdekat dengan harga murah, jika memilih gaya Skandinavia.

Saat memilih hunian, Anda juga harus memperhatikan harga apartemen agar tempat tinggal yang Anda pilih sesuai dengan budget yang ada. Apalagi apartemen adalah salah satu hunian yang hanya dimiliki oleh kalangan elite di Indonesia.

Back to top
cross