Products comparator

You have of all 8 possible products to compare.


Compare it now

10 tips menata dan dekorasi ruangan serba putih

Warna putih menjadi salah satu warna netral yang bisa dimainkan dan didesain dengan mudah tanpa khawatir perpaduan warna dengan furniture menjadi jomplang. Sekian banyak orang menggunakan cat netral ini untuk menyesuaikan ruangan di dalam rumah. 

Di mana cat putih bisa menyulap ruangan sempit menjadi terlihat lebih luas, lebih terlihat bersih dan nyaman. Selain itu Anda juga bisa lebih mudah untuk mengatur interior ruangan yang terbatas. 
 
Artikel ini berisi tentang:
 

10 Tips menata dan dekorasi ruangan serba putih

  1. Kombinasikan dengan furnitur kayu
  2. Padukan warna hitam dan putih
  3. Pilih paduan warna yang tepat
  4. Tambahkan corak atau motif yang elegan
  5. Pilih furniture yang tepat
  6. Bermain dengan langit-langit ruangan
  7. Ubah warna lantai atau keramik
  8. Pasang aksesoris
  9. Beri penerangan yang cukup
  10. Tambahkan tanaman hias

Warna putih umumnya tidak akan tenggelam termakan usia. Dari zaman dahulu kala, sampai saat ini warna tersebut masih tetap dijadikan warna favorit untuk mengkombinasikan warna lain atau dengan berbagai motif lainnya. Bahkan ini warna putih menjadi salah satu ciri hunian dengan gaya Skandinavia.

Namun, Anda perlu hati-hati, meski warna ini lebih netral dan fleksibel digabungkan dengan berbagai desain, furniture dan lainnya. Anda harus menata dan mendekorasi ruangan dengan baik, cermat dan pandai menyiasati. Hal ini supaya Anda tidak salah langkah dan membuat ruangan impian Anda malah menjadi sebaliknya, terlihat kosong dan terasa hampa.

Berikut ini beberapa tips menata dan mendekorasi ruangan serba putih supaya tetap terlihat rapi, bersih, cerah dan luas. Yuk, simak sampai akhir!

1. Kombinasikan dengan furnitur kayu

Memilih kombinasi furnitur yang tepat bisa membantu Anda merubah ruangan menjadi lebih modern dan hangat. Kombinasi furnitur kayu di ruangan serba putih bisa menjadi salah satu tips menarik untuk dicoba. Dimana kayu selalu memberikan kesejukan yang natural untuk rumah Anda.

Selain itu, segala jenis kayu bisa membuat ruangan jadi lebih elegan dan cantik. Untuk menata ruangan yang umumnya lebih mini menggunakan material kayu bisa menjadikan ruangan Anda lebih hidup dan nyaman ditempati.
Kombinasi kayu dengan ruangan serba putih tidak akan membuat kamar Anda menjadi monoton. Sehingga usahakan untuk setiap material di dalam ruangan menggunakan kayu supaya terlihat unik dan mewah.

Baca juga: Tips memilih jenis lemari kayu dan cara merawatnya

2. Padukan warna hitam dan putih

Paduan warna yang lebih pas dan mudah digunakan yaitu hitam, selain sama-sama natural dan cocok dipadukan dengan warna apa saja, hitam bisa memberikan warna klasik yang Tidak membosankan.

Hitam putih memberikan kesan monokromatik yang menghadirkan kesan stylish. Selain itu perpaduan warna hitam pada furnitur seperti sofa, rak buku atau lemari hias terlihat lebih estetik dibandingkan warna lainnya.
Warna hitam selalu berhasil memberikan kemewahan di setiap sudut ruangan minimalis Anda. Supaya enak dipandang mata, Anda bisa menata ruangan Anda dengan tidak menumpukkan barang atau benda di satu tempat. Acak dan berikan sentuhan pot beserta bunga untuk menghidupkan ruangan Anda.

3. Pilih paduan warna yang tepat

Selain hitam, Anda bisa memilih warna lain yang anti-mainstream untuk ruangan Anda. Salah satunya yaitu warna yang sedikit lebih cerah seperti warna kuning. Warna kuning bisa menambah kecerahan ruangan Anda.
Anda juga bisa menggunakan biru langit untuk memadukan ruangan berwarna putih. Biru langit yang kontras sangat cocok dipadukan dengan warna putih. Warnanya tidak norak dan enak dipandang. Pemilihan warna yang sesuai dan pas untuk mengkombinasikan warna putih bisa menghasilkan ruangan yang luar biasa.

4. Tambahkan corak atau motif yang elegan

Menambahkan corak atau motif bisa membuat ruangan Anda tampil lebih elegan. Selain itu motif dan corak yang sesuai dan tidak ramai sangat cocok dengan tema serba putih. Gunakan dua atau tiga warna untuk membuat corak atau motif. Terlalu banyak warna bisa membuat ruangan Anda jadi norak dan tidak stylish.
Tanpa corak atau motif, ruangan akan terasa kosong dan hampa bila tidak ditata dengan baik dan tepat. Tentunya jangan lupa untuk memilih warna sebelum membuat atau memberikan motif di sekitar ruangan.

5. Pilih furniture yang tepat

Untuk mempermanis ruangan, Anda bisa memilih furniture yang Anda sesuaikan dengan tema rumah Anda. Tentukan tema rumah Anda kemudian pilih yang tepat dan menyesuaikan. Beberapa orang memiliki tema untuk desain interior rumah dan ruangan. Sehingga Anda bisa mencoba cara ini untuk menata ruangan Anda.
Misalkan Anda akan mengangkat tema rumah kuno. Seperti meletakkan kursi goyang di ujung ruangan dengan meja dari potongan kayu yang terukir indah seperti batik atau wayang. Tema ini bisa mencuri perhatian siapa saja yang melihatnya.

Baca juga: Jenis besi untuk perabot rumah tangga Anda

6. Bermain dengan langit-langit ruangan

Selain dinding dan lantai, Anda bisa bermain-main dengan Langit-langit ruangan. Anda bisa mengkreasikan langit-langit ruangan seperti contoh bentuk segitiga, atau datar dengan lampu-lampu yang tertanam.
Kemudian cat langit-langit ruangan dengan warna coklat mirip warna kayu. Warna ini cukup kontras dan matching dengan warna cat dinding berwarna putih. Desain ini cukup menarik dan tidak membosankan untuk dilihat.

Letakkan lampu gantung dengan warna emas untuk membuat lebih mewah desain Anda. Selain warna emas Anda juga bisa menggunakan lampu dengan bola-bola kristal putih. Dijamin ruangan Anda akan terlihat megah dan berkilau indah.

7. Ubah warna lantai atau keramik

Membuat ruangan Anda lebih menarik dan kekinian bisa juga dengan mengganti keramik atau melapis lantai Anda dengan karpet vinyl yang sedang trend saat ini. Karpet ini bisa Anda pilih dengan berbagai motif dan warna yang cantik dan unik.
Anda bisa menggunakan karpet dengan motif kayu yang sedang viral saat ini. Dengan tambahan furnitur kayu, lantai berwarna khas kayu juga bisa membuat ruangan Anda senada dan terlihat istimewa.

8. Pasang aksesoris

Adanya aksesoris di dalam ruangan bisa menambah kesan lebih. Terutama untuk ruangan serba putih yang harus diberikan aksesoris cantik. Anda juga bisa memajang foto bersama pasangan atau keluarga. Selain itu foto prestasi seperti foto wisuda juga bisa menambah cantik dinding Anda.
Aksesoris yang lainnya yang umum dipajang untuk mempercantik ruangan berwarna putih yaitu seperti lukisan, koleksi seni atau bisa herbarium hewan seperti kupu-kupu atau tumbuhan lainnya. Susun rapi di dinding ruangan Anda supaya lebih menonjol dan memikat. Jangan menggantung lukisan, koleksi atau aksesoris lain terlalu banyak supaya tidak terlihat ramai dan berantakan.

9. Beri penerangan yang cukup

Mendesain ruangan tidak hanya berbicara tentang furniture, warna dan aksesoris. Namun juga tentang lampu atau penerangan yang cukup di dalam ruangan. Ruangan minimalis apabila diberikan lampu dan penerang yang pas akan terlihat lebih lapang dan bisa sangat cocok dengan ruangan berwarna putih.
Adanya lampu umumnya memberikan kesan mewah. Jika tidak digantung atau menggunakan lampu berdiri, Anda bisa meletakkannya di sudut ruangan dengan meja kecil. Ini bisa membuat ruangan Anda lebih cantik.

10. Tambahkan tanaman hias

Tambahkan tanaman hias berwarna hijau untuk menyempurnakan ruangan Anda. Supaya terlihat alami dan memberikan kesegaran. Adanya tanaman di sudut-sudut ruangan bisa mencuri perhatian siapa saja.
Apalagi untuk ruangan dengan konsep serba putih, Anda bisa menciptakan ruangan alami dan sejuk. Cukup satu pot bunga besar di sudut ruangan atau di dekat jendela, maka bisa menambah kesan luas di ruang minimalis Anda.

Baca juga: Ide kreatif menikmati area ruang luar

Itulah 10 point tips menata dan mendekorasi ruangan serba putih yang bisa Anda aplikasikan di rumah Anda. Supaya terlihat mewah meski di dalam ruangan mini.

Back to top
cross