Products comparator

You have of all 8 possible products to compare.


Compare it now

10 rekomendasi jenis kue Lebaran

Menjelang Hari Raya Idul Fitri 1443 H / 2022, banyak orang yang berburu kue Lebaran untuk disajikan sebagai cemilan di ruang tamu. Kue Lebaran ini sudah menjadi hal yang tidak dapat dipisahkan dari tradisi masyarakat Indonesia secara turun-temurun. Pasalnya, setiap orang pasti menyajikan cemilan berupa kue Lebaran di rumahnya ketika Lebaran tiba.
Jika Anda biasanya membeli kue lebaran di toko makanan, kini Anda juga dapat membuat kue lebaran sendiri di rumah. Ada berbagai macam pilihan jenis kue lebaran yang bisa menjadi inspirasi untuk Anda.
Artikel ini membahas tentang:
Daftar kue lebaran yang wajib disajikan
  1. Kue nastar
  2. Kue lidah kucing
  3. Kue putri salju
  4. Kue pastel kering abon
  5. Kue keciput
  6. Kue akar kelapa
  7. Kue kastengel
  8. Kue semprit
  9. Kue kering jahe
  10. Kue kacang

Daftar kue Lebaran yang wajib disajikan

Jika Anda mencari inspirasi kue lebaran yang lezat dan unik di hari raya Idul Fitri, simak 10 rekomendasi jenis kue lebaran berikut ini!
 

1. Kue nastar

Kue nastar menjadi kue lebaran yang paling populer di Indonesia. Kue kering yang berbentuk bulat ini diisi dengan selai buah nanas yang memiliki rasa gurih dan manis. Tak hanya nanas, kue nastar juga memiliki berbagai varian rasa lainnya seperti blueberry, stroberi maupun coklat.

Bahan dasar untuk membuat kue nastar adalah tepung terigu, vanilla, mentega, tepung maizena, gula, kuning telur dan selai nanas sebagai pelengkap rasa. Anda dapat menyajikan nastar pada sebuah stoples kaca untuk tetap menjaga kondisi kue nastar dalam keadaan baik.

2. Kue lidah kucing

Lidah kucing menjadi jenis kue kering yang banyak diminati saat lebaran. Kue ini memiliki kombinasi antara rasa manis dan gurih yang menambah cita rasa lebih enak. Uniknya, kue lidah kucing yang berbentuk pipih ini terasa renyah, namun jika digigit akan terasa lumer di mulut.

Kue lidah kucing ini terbuat dari tepung terigu, tepung maizena, susu bubuk, vanila, margarin, putih telur dan vanila yang dipanggang dengan menggunakan microwave. Kue lidah kucing harus disimpan dalam stoples untuk menjaga kondisi agar tetap memiliki rasa gurih.

3. Kue putri salju

Tidak jauh berbeda dari namanya, kue putri salju ini berbentuk seperti bulan sabit yang dicampur dengan gula halus yang berwarna putih. Putri salju memiliki tekstur padat dan renyah yang menjadi favorit banyak orang saat lebaran. Karena kue putri salju memiliki tekstur seperti bulan sabit, Anda perlu menggunakan alat pemotong kue untuk mempermudah membuatnya.

4. Kue pastel kering abon

Kue lebaran yang wajib disajikan selanjutnya adalah pastel kering isi abon. Pastel kering abon ini memiliki cita rasa gurih dan renyah yang cocok untuk disajikan di ruang tamu. Pastel kering abon berukuran kecil, sehingga Anda dapat membuatnya dalam skala besar.

Kue pastel kering abon berbahan dasar tepung terigu protein rendah, telur, margarin, kaldu bubuk dan garam. Dalam membuatnya, Anda akan ditantang untuk membentuk pastel dengan cara melipat tepinya menggunakan jari-jari hingga rapi.

5. Kue keciput

Kue keciput memiliki tekstur mirip dengan onde-onde namun memiliki ukuran yang lebih kecil. Kue keciput berbentuk bulat yang dibalut dengan wijen di seluruh permukaannya. Kue kering ini memiliki cita rasa manis dan gurih sehingga kue ini menjadi favorit saat Lebaran.

Kue keciput ini terbuat dari tepung ketan, tepung tapioka, margarin, telur, garam baking soda, baking powder, garam halus, santan, gula, dan wijen yang digoreng menggunakan minyak panas hingga kecoklatan. Simpan kue keciput ke dalam wadah stoples dan tutup rapat untuk menjaga kerenyahan.

6. Kue akar kelapa

Sesuai dengan namanya, kue akar kelapa ini memiliki bentuk bergerigi seperti akar pohon kelapa. Kue akar kelapa memiliki rasa gurih dan manis yang sangat cocok digunakan sebagai camilan pada momen Lebaran.

Kue asal Betawi ini berbahan dasar santan, tepung beras, tepung ketan, soda kue, margarin dan gula ini yang dibuat dengan cara digoreng hingga berwarna kecoklatan. Setelah matang, kue akar kelapa disajikan ke dalam stoples agar dapat tahan lebih lama.

7. Kue kastengel

Meski tidak sepopuler kue nastar, kue kastengel juga masih menjadi kue andalan saat lebaran. Kue kastengel ini memiliki ciri-ciri yang juga tidak terlalu berbeda dengan kue nastar. Perbedaannya hanya ada dari segi bentuknya. Kue kastengel memiliki bentuk oval atau balok yang dibalut dengan parutan keju di atasnya.

Cara memasak kue kastengel ini pun tidak jauh berbeda dengan nastar. Anda hanya perlu menata kue kastengel dalam loyang dan dipanggang menggunakan api kecil dengan microwave. Simpan kue kastengel ke dalam stoples untuk tetap menjaga kerenyahannya.

8. Kue semprit

Kue semprit berbentuk seperti bunga matahari sehingga sering kali disebut sebagai kue mawar. Kue semprit menjadi kue cemilan yang sudah menjadi tradisi saat lebaran sejak dahulu. Dahulu kue semprit memiliki cita rasa manis dan gurih, namun seiring waktu muncul berbagai rasa yang tidak kalah enak.

Kue semprit ini terbuat dari bahan dasar tepung terigu, mentega, telur serta ditambah dengan coklat, stroberi, dan keju sebagai pelengkap. Dikarenakan kue semprit harus dalam keadaan kering saat dimakan, Anda dapat menyimpan kue ini ke dalam sebuah stoples agar dapat tahan lebih lama.

9. Kue kering jahe

Ketika mendengar nama kue kering jahe, Anda pasti berfikir bahwa kue ini memiliki bentuk yang imut. Yap! Kue kering jahe atau gingerbread cookies ini biasanya disajikan pada saat Hari Natal. Meski demikian, tidak ada salahnya kue kering jahe menjadi camilan pilihan saat lebaran.

Kue kering jahe ini terbuat dari bahan dasar sari jahe atau jahe bubuk, kuning telur, ceri merah dan hijau, tepung maizena, mentega hingga gula halus. Agar mendapatkan cita rasa gurih, Anda dapat memanggang adonan kue dengan suhu 180 derajat celcius selama kurang lebih 25 menit dalam microwave.

10. Kue kacang

Kue lebaran terakhir yang wajib disajikan saat lebaran adalah kue kacang. Kue kacang menjadi favorit saat lebaran karena memiliki cita rasa gurih dan lumer ketika di makan yang bisa membuat ketagihan.

Kue kacang menggunakan bahan dasar kacang tanah yang sudah halus, vanili bubuk, tepung terigu, minyak sayur, dan garam. Anda juga dapat menghaluskan kacang tanah dengan menggunakan blender.

Apabila Anda berencana ingin membuat kue lebaran sendiri di rumah, pastikan Anda selalu menggunakan sarung tangan dan apron agar lebih aman saat memasak.

Itulah 10 rekomendasi jenis kue lebaran yang dapat Anda sajikan untuk menyambut keluarga yang bersilaturahmi ke rumah saat Hari Raya Idul Fitri. Selain menyajikan kue lebaran untuk para tamu yang datang, Anda juga dapat menggunakan kue sebagai alternatif bingkisan untuk hampers lebaran untuk keluarga atau teman.

IKEA adalah e-commerce perabot rumah tangga yang menjadi solusi terbaik untuk Anda dalam menyediakan beragam aksesoris dapur untuk membuat kue lebaran. Temukan berbagai macam aksesoris dapur dan ruang makan terlengkap hanya di IKEA!

Back to top
cross