Products comparator

You have of all 8 possible products to compare.


Compare it now

10 permainan edukatif anak. Pintar dan kreatif!

Mendidik anak bisa dilakukan dengan berbagai cara yang menyenangkan, salah satunya melalui permainan edukasi untuk anak yang membantu mereka jadi lebih pintar dan kreatif. Melalui permainan, tumbuh kembang anak akan berjalan dengan baik, lebih terasah serta membuat anak lebih senang karena bisa bermain sambil belajar. Orang tua berperan penting untuk mendukung perkembangan anak.

Jika anak-anak hanya dididik melalui belajar dan sekolah, mungkin akan sangat monoton dan membosankan, apalagi masa kanak-kanak merupakan masa yang paling menyenangkan. Saat ini ada banyak produk permainan anak yang bisa ditemukan di pasaran untuk meningkatkan kecerdasan dan kreativitas anak. Namun mencari mainan yang tepat untuk anak beberapa pertimbangan seperti keamanannya, kualitasnya, sesuaikan dengan usia anak hingga manfaatnya.

1. Sempoa

Sempoa adalah alat hitung kuno yang bisa dijadikan sebagai media bermain sekaligus untuk mengajarkan anak berhitung mulai dari penjumlahan, pengurangan, pengkalian, hingga proses aritmatika lainnya. Menggunakan bahan dari kayu, sempoa juga dilengkapi dengan manik-manik warna-warni yang tersusun sehingga menarik perhatian si kecil. 

2. Masak-masakan

Untuk mengenalkan kegiatan masak-memasak lebih detail, Anda bisa memberikan permainan masak-masakan yang lebih lengkap. Biasanya mainan ini disukai anak perempuan, namun tak menutup kemungkinan anak laki-laki juga bisa memainkannya, apa lagi jika anak Anda suka memasak.

Dengan mainan masak-masakan anak-anak bisa mengenal perlengkapan dapur serta mengasah imajinasi dan kreativitas mereka. Saat ini tersedia banyak mainan masak-masak satu set dapur beserta isinya yang bisa Anda belikan untuk anak. 

Anak-anak bisa main masak-masakan bersama teman-temannya agar lebih menyenangkan, atau Anda sendiri juga bisa menemani mereka untuk bermain hal ini. Jadi, apakah Anda tertarik untuk membeli permainan edukasi untuk anak ini?

3. Kereta api express kayu

Permainan edukasi untuk anak yang bisa mencerdaskan dan meningkatkan kreativitas mereka selanjutnya yaitu mainan kereta kayu ini. Mainan yang cocok diberikan untuk anak perempuan maupun laki-laki. Cara bermainnya yaitu dengan melakukan bongkar pasang dan kereta api berjalan.

Melalui permainan edukasi untuk anak yang satu ini, anak dapat meningkatkan konsentrasi imajinasi dan pengenalan warna yang baik. Permainan ini juga dapat melatih motorik anak. Mainan ini juga memiliki tali penarik yang berguna untuk menggerakkan secara manual, dan tentunya sangat menarik untuk anak. 

4. Tenda anak

Apakah anak Anda suka berpetualang? Kalau begitu Anda bisa mendukungnya dengan memberikan tenda anak dari IKEA. Tenda anak ini menjadi alternatif permainan bagi mereka untuk menciptakan ide ruang dalam ruangan. 

Melalui tenda anak ini Anda bisa bermain bersama anak dan melakukan petualangan sederhana yang nyaman dan aman. Semakin banyak anggota keluarga tentu akan semakin menyenangkan. Anda bisa membangun ruang dalam ruangan menggunakan tenda ini untuk melakukan aktivitas yang berbeda misalnya belajar, tidur atau bisa sambil bekerja juga. Apakah tertarik dengan permainan edukasi untuk anak yang satu ini?

5. Boneka lucu untuk anak

Setiap anak pasti menyukai boneka, apalagi saat ini ada banyak bentuk boneka yang bisa dipilih mulai dari berbentuk beruang, Spiderman, dan bentuk lainnya. Anda bisa berikan boneka lucu ini untuk anak Anda sebagai teman bermain mereka

Boneka dari IKEA menjadi salah satu pilihan yang tepat karena sudah teruji keamanannya, ketahanan dan kualitasnya yang baik, sehingga anak bisa bermain dengan aman dan nyaman. Boneka menjadi contoh permainan edukasi untuk anak yang memiliki beragam jenis dan fitur tambahan lainnya seperti boneka yang bisa bersuara, boneka yang bisa makan dan minum.

Boneka bermanfaat untuk mempertajam imajinasi anak, meningkatkan kreativitas dan menambah kosakata anak. Bahkan saat ini juga ada boneka yang bisa berbicara untuk mengajari anak bahasa Inggris.

6. Lego

Stacking toys atau biasa disebut Lego juga salah satu permainan edukasi untuk anak yang tak kalah menarik. Mainan ini mampu mengasah kemampuan motorik, meningkatkan problem solving anak dan mengenal ukuran serta warna. Cara bermain mainan ini yaitu dengan menyusun lego menjadi susunan yang tepat.

7. Mainan jam kayu

Dengan mainan ini, si anak akan belajar mengenal waktu dan membaca jarum jam. Mainan edukasi ini bertujuan untuk mengembangkan sensor motoriknya sekaligus mengajarkan untuk berpikir secara logis.

8. Puzzle alfabet dan angka

Jika Anda ingin memperkenalkan huruf serta angka kepada anak dengan cara yang menyenangkan, Anda bisa memberikannya puzzle alfabet dan angka. Permainan ini juga dapat melatih kemampuan berpikir anak dengan cara menyelesaikan puzzle dengan tepat. 

9. Kotak menggambar portabel

Kotak menggambar portabel cocok untuk membuat si kecil menjadi lebih kreatif untuk menggambarkan sesuatu yang mereka sukai dan pahami. Tidak hanya wadah untuk menggambar, kotak ini juga memiliki banyak kantong untuk menempatkan pena, krayon, hingga gunting untuk kebutuhan menggambarnya.

10. Balok kayu geometri

Permainan edukasi untuk anak selanjutnya yaitu balok kayu geometri yang dapat mengenalkan anak mengenai bangun datar seperti segi empat, segitiga, dan lingkaran. Cara memainkannya cukup mudah yaitu anak dapat memasukkan setiap balok kayu ke dalam papannya dengan benar dan tepat.
Itulah 10 rekomendasi permainan edukasi untuk anak bantu lebih kreatif dan pintar. Temukan berbagai produk permainan edukatif lainnya di IKEA. IKEA menawarkan produk permainan edukatif berkualitas, kuat dan tentunya aman dimainkan anak. Mainan juga tidak mudah rusak dan mudah dirawat.

Back to top
cross