Products comparator

You have of all 8 possible products to compare.


Compare it now

10 Model Rumah Minimalis untuk Keluarga Kecil

Model rumah minimalis menjadi sangat populer di kalangan masyarakat Indonesia karena penggunaannya yang dinilai lebih efisien meskipun memiliki lahan sempit. Konsep rumah yang satu ini berasal dari Jepang yang menjadi kiblat rumah minimalis. Pasalnya negara tersebut cenderung mengusung gaya hidup sederhana yang ikut mempengaruhi struktur desain rumah.

Pada dasarnya konsep rumah sederhana modern lebih mementingkan fungsional dan efisiensi, tetapi penggunaannya tetap bisa memenuhi kebutuhan penghuninya. Uniknya gaya rumah minimalis ini tidak hanya mengangkat bentuk arsitektur rumah saja, tetapi termasuk ke dalam interior, perabotan, cahaya, warna, hingga tanaman penghias.

Mendapatkan konsep rumah menggunakan gaya ala Jepang memang tidak mudah, tetapi Anda bisa melihat inspirasi dari arsitek yang pernah membangun gaya rumah seperti ini. Dengan demikian, langsung saja simak ulasan yang akan kami bahas di bawah tentang 10 inspirasi model rumah minimalis yang bisa Anda pertimbangkan.

Memiliki rumah dengan konsep dan gaya yang diinginkan pastinya membutuhkan effort tinggi. Mulai dari perencanaan, biaya, hingga tenaga kerja harus Anda perhatikan dengan baik agar nantinya bisa membangun rumah impian.

Untuk membantu Anda mendapatkan inspirasi dalam membangun rumah, Anda wajib menyimak setiap informasi yang akan kami berikan di bawah ini. 

1. Desain rumah 1 lantai

Sesuai dengan namanya, model rumah minimalis didesain hanya untuk satu lantai. Jangan khawatir takut ketinggalan zaman, pasalnya rumah satu lantai bisa dibuat lebih modern mungkin meskipun memiliki konsep mini yang terkesan sederhana. Jika memiliki luas tanah yang lumayan besar Anda bisa membuat dua kamar sekaligus, tetapi jika tidak memungkinkan maka satu kamar saja sudah cukup. 
Ruangan dekat pintu masuk bisa dijadikan sebagai ruang tamu yang menyatu dengan ruang makan atau dapur. Lalu dilanjutkan dengan ruangan bagian tengah yang dapat dibangun menjadi kamar tidur serta toilet. Namun bagian tengah rumah ini juga bisa dijadikan sebagai ruangan bermain dan bersantai sesuai dengan konsep yang diinginkan.

2. Desain rumah 2 lantai

Siapa yang tidak ingin memiliki rumah 2 lantai? Pastinya semua orang menginginkannya karena rumah dengan model rumah minimalis ini lebih menyenangkan dan bisa menyimpan banyak barang. Rumah dengan 2 lantai juga lebih cocok digunakan dengan konsep minimalis karena bisa menghemat lahan yang ada.
Anda tidak perlu memiliki luas lahan yang besar, pasalnya rumah berlantai 2 cenderung menghabiskan tempat ke atas bukan ke samping. Untuk lantai dasar dapat jadikan sebagai ruang makan, ruang tamu dan kamar mandi. 

Sedangkan untuk lantai dua bisa dimanfaatkan sebagai kamar tidur, kamar mandi, dan ruangan bersantai jika diperlukan. Bagian ini bisa dibagi menjadi tiga kamar tidur dan satu toilet. Namun dalam membuat model rumah minimalis ini harus tetap memperhatikan kebutuhan Anda.

3. Desain rumah 1 lantai, 1 kamar

Model rumah minimalis yang selanjutnya mengusung konsep 1 lantai dengan 1 kamar saja. Biasanya rumah jenis ini cocok digunakan untuk pengguna yang lebih senang menghabiskan ruangannya sebagai tempat serba guna atau mereka yang tinggal sendiri sehingga tidak membutuhkan kamar lain.
Model rumah minimalis yang satu ini sangat nyaman dan luas untuk digunakan karena memiliki konsep ruangan terbuka, ruang tamu besar, dan toilet yang bisa menampung banyak keperluan. Bahkan ruang bekerja yang dimiliki pun bisa menyimpan banyak peralatan yang diperlukan. 

4. Desain rumah 3 lantai, 2 kamar

Desain rumah 3 lantai 2 kamar lebih efisien digunakan untuk pengantin baru. Tidak hanya itu model rumah minimalis juga dapat digunakan sebagai tempat tinggal sekaligus tempat bekerja. Apalagi bagi Anda yang senang bekerja di dalam rumah daripada di luar ruangan.
Lantai satu dan dua bisa dijadikan sebagai ruangan pribadi, nah untuk lantai tiga disarankan untuk dijadikan sebagai ruang kerja seperti ruangan meeting atau usaha start-up. Bagi perusahaan kecil, ruangan ini sangat efektif digunakan.

5. Desain rumah tipe 21

Tahukah Anda apa itu tipe rumah 21? Nah jadi model rumah minimalis dengan tipe 21 ini merupakan bangunan yang tidak terlalu luas dan hanya berukuran sekitar 3x7 meter persegi. Biasanya jenis rumah 21 ditawarkan oleh para pengembang perumahan dan cocok untuk keluarga kecil atau kalangan yang belum memiliki banyak anggota keluarga.

Meskipun terbilang kecil, tetapi rumah tipe 21 mampu memenuhi semua kebutuhan. Dengan ukuran ini Anda bisa membangun ruang tamu, dua kamar tidur, dapur, toilet, dan juga carport. Pastikan dalam pembuatannya Anda menggunakan desain atau konsep yang sesuai dengan matang agar bisa terealisasikan.

6. Desain rumah tipe 36

Selain model rumah minimalis tipe 21, ada juga tipe lainnya yaitu tipe 36 dengan ukuran 6x6 meter persegi. Jenis rumah yang satu ini sangat ideal karena tidak terlalu kecil dan tidak terlalu luas. Anda bisa menggunakan model rumah tipe 36 jika baru pertama kali membeli atau membangun rumah.

Pasalnya harga rumah tipe 36 lebih terjangkau dengan luas yang pas. Rumah tipe 36 bisa menampung dua kamar tidur dengan ruang tamu yang luas, toilet, dan dapur minimalis. 

7. Desain rumah tipe 72

Tidak kalah efisiennya dari model rumah minimalis di atas, tipe rumah 72 juga wajib dipertimbangkan untuk keluarga kecil yang belum memiliki banyak anggota keluarga. Rumah dengan tipe 72 memiliki luas sekitar 72 meter persegi.

Bangunan ini biasanya memiliki kamar mandi, tiga kamar tidur, ruangan keluarga, dapur, hingga ruang tamu yang luas. Tidak hanya itu, Anda juga bahkan bisa membangun taman kecil di depan rumah jika diinginkan. 

8. Desain rumah tipe 90

Model rumah minimalis tipe 90 memiliki luas yang sama dengan namanya, yaitu 90 meter persegi sehingga cocok untuk membangun rumah impian yang Anda inginkan. Dengan ukuran yang mumpuni, Anda bisa mendapatkan  ruangan yang sesuai dengan kebutuhan keluarga.

Beberapa ruangan yang bisa dibangun adalah kamar tidur, ruang tamu, dapur, toilet, hingga ruangan keluarga. Anda pun bisa menambahkan  tanaman cantik di depan atau di belakang rumah agar terkesan lebih nyaman ditempati.

9. Desain rumah industrial

Desain rumah gaya industrial merupakan alternatif hunian dengan konsep sederhana yang berbeda dari gaya lainnya. Pasalnya model rumah minimalis industrial identik dengan desain yang unfinish. Dengan menggunakan gaya bangunan seperti ini Anda bisa mengekspos beberapa material dasar bangunan seperti besi atau bata sebagai sisi uniknya.

Selain diaplikasikan pada bangunan, Anda juga dapat menggunakannya pada desain interior ruang tamu, dapur, hingga kamar tidur agar memiliki konsep unik. Menarik bukan?

10. Desain rumah gaya jepang

Seperti yang kita ketahui bahwa model rumah minimalis berasal dari Jepang, oleh karena itu Anda bisa menggunakan konsep asal dari negara sakura tersebut. Budaya Jepang lengket dengan kerapihan sehingga cocok diaplikasikan pada gaya rumah minimalis yang Anda inginkan.

Uniknya konsep rumah Jepang ini akan menempatkan ornament khas dengan furniture yang berbahan dasar alam serta kayu atau bambu. Umumnya rumah jenis Jepang menggunakan warna pastel yang akan membuat pengunjung merasakan sensasi layaknya berada di Jepang saat masuk ke rumah Anda.

 
Nah selain mengetahui inspirasi model rumah minimalis, Anda juga harus mulai mempersiapkan perabotan yang cocok untuk konsep rumah sederhana modern ini. Bersama IKEA, Anda akan terbantu dengan berbagai pilihan perlengkapan rumah tangga yang super lengkap dan sesuai dengan konsep rumah yang diusung.

Mulai dari sofa, lemari, meja TV, dan perabotan rumah tangga lainnya bisa Anda temukan di IKEA dengan kualitas yang terjamin dan tentunya memiliki harga yang murah di kantong. Bahkan Anda pun bisa mendapatkan voucher menarik lainnya untuk satu pembelian produk di IKEA.

Jadi yuk segera siapkan model rumah minimalis yang diinginkan dan jangan lupa untuk membeli peralatan rumah tangga hanya di IKEA agar mendapatkan produk yang berkualitas. 

Back to top
cross