Products comparator

You have of all 8 possible products to compare.


Compare it now

10 model dan desain rumah minimalis populer

Rumah minimalis berawal dari ide kalau less is more. Semakin sederhana sebuah tempat tinggal maka terlihat lebih elegan dan mewah. Gaya minimalis bisa diterapkan pada tempat tinggal beserta perabotan di dalamnya. Jadi, kalau Anda sedang mempertimbangkan sebuah rumah modern yang minim dekorasi berikut adalah inspirasinya.

Kenapa desain rumah minimalis jadi pilihan banyak orang?

Konsep minimalis menghadirkan ruang simple dengan menonjolkan arsitektur yang menarik. Rumah dengan desain minimalis juga menitikberatkan pada fungsi sehingga memberi nilai tambah pada hunian. Berikut adalah beberapa alasan desain rumah minimalis jadi favorit banyak orang. 
 

1. Multifungsi

Setiap bagian rumah ada tujuannya begitu pula perabotan di dalamnya. Penempatan pintu, jendela, tangga dengan gaya minim, selain mengikuti kaidah aesthetic juga memiliki fungsi tertentu. Jendela besar untuk ventilasi dan mendapatkan sinar matahari. Rumah minimalis juga bisa memilih tangga spiral agar hemat tempat dan juga terlihat cantik. 

2. Sesuai kebutuhan

Desain hunian yang minim dekorasi ini juga berarti penghuni rumah diajak untuk memikirkan hal-hal yang penting dan pasti digunakan. Apakah keluarga kecil dengan orangtua dan satu anak membutuhkan sofa dengan jumlah besar? Apakah ruangan kecil cocok dijadikan ruang keluarga dengan perabotan besar-besar? Gaya hidup masa kini lebih cenderung praktis dan sesuai dengan kebutuhan. 

3. Modern

Rumah minimalis digandrungi karena memberikan kesan modern yang berkelas. Hal ini juga lebih mudah diwujudkan karena bentuknya sederhana seperti kubus, kotak atau segitiga. Rumah tidak memakai dekorasi seperti pilar atau lukisan jadi berkesan bersih dan juga mahal. 

Desain tempat tinggal minimalis kerap diaplikasikan secara dinamis mulai dari bentuk rumah, perabotan bahkan sampai desain eksterior. Paduan yang tepat akan memberikan tampilan minimalis yang memukau dan juga memenuhi kebutuhan anak-anak dengan baik. 


 

Tampilan rumah minimalis favorit

Konsep minimalis menghadirkan ruang simple dengan menonjolkan arsitektur yang menarik. Rumah dengan desain minimalis juga menitikberatkan pada fungsi sehingga memberi nilai tambah pada hunian. Berikut adalah beberapa alasan desain rumah minimalis jadi favorit banyak orang. 

1. Model tipe 21 - minim sekat

Sudah menjadi rahasia umum kalau tipe rumah mengacu pada luasnya. Jadi kalau rumah tipe 21 berarti luas bangunan 21 m² walau panjang dan lebar bisa beragam. Model rumah tipe 21 bisa tampil lebih leluasa karena sekatnya sedikit dan sirkulasi udara bisa lebih lancar. 

Tipe 21 juga berarti ada 2 ruangan yang salah satunya adalah kamar tidur. Ruang tamu langsung ke dapur dan sebuah kamar mandi. Rumah minimalis tipe ini cocok diterapkan gaya sedikit perabotan dan dekorasi. Kalaupun ada, usahakan memiliki beberapa fungsi sehingga pas dengan tema minimalis yang diterapkan.

2. Model tipe 36 - perluas ke depan atau belakang

Ini adalah tipe hunian yang paling umum, tidak terlalu kecil dan tidak terlalu besar. Luas bangunannya 36 m². Anda memiliki dua kamar tidur dengan ruang tamu dan ruangan untuk dapur yang biasanya terletak di belakang. Biasanya jenis tipe ini menyisakan ruang sedikit sebagai teras atau halaman belakang. 

Tampilan rumah minimalis bisa lebih lega kalau membuat bukaan ke belakang atau ke depan sehingga rumah jadi lebih luas. Anda dapat membuat sekat kaca yang bisa dibuka-tutup yang menghadap halaman belakang. Untuk area yang lebih luas di depan bisa menyediakan area untuk duduk dan berjemur dengan menambahkan bagian teras jadi lebih lebar dan cocok untuk kumpul keluarga dan teman.

3. Model tipe 45 - bisa memiliki bukaan luas

Tampilan rumah modern yang simple dengan bangunan seluas 45 m² cocok untuk keluarga kecil yang membutuhkan ruangan yang lebih besar. Teras depan rumah muat untuk jadi garasi mobil dan bisa membuat taman kecil di belakang.

Anda bisa memfokuskan rumah minimalis dengan area tambahan di belakang dengan pertimbangan privasi. Bisa juga di depan untuk menampung kendaraan yang Anda miliki. Tampilan untuk rumah ini sangat jelas fungsionalnya karena menambahkan lebih banyak benda ke rumah. 

4. Model rumah tipe 54 - area terbuka

Tipe 54 biasanya memiliki dua lantai. Kesan minimalis tetap bisa diterapkan dengan fokus pada ventilasi. Umumnya lantai atas lebih panas jadi diperlukan area yang semi terbuka seperti jendela besar atau ada area yang bisa dijadikan balkon untuk bersantai dan menyejukan diri. Walau bisa saja Anda memasang AC agar bisa lebih nyaman. 

Ini adalah model rumah minimalis kelas menengah yang unggul dari segi luas bangunan. Model rumah dengan luas 54 m2 ini bisa ditambahkan kamar satu lagi di lantai atas. Tampilannya bisa berupa atas yang segitiga atau kotak dengan fokus utama adalah sistem drainase yang lancar dari atas ke bawah. 

5. Model rumah tipe 60 - perabotan besar

Rumah tipe 60 bisa dibuat lebih banyak ruangan khususnya bila memiliki keluarga yang besar. Tapi bisa juga Anda memfokuskan untuk membuat ruangan yang lebih besar sehingga jauh dari kesan sempit. Dengan ukuran yang luas seperti ini Anda juga bisa memasang peralatan yang berukuran besar dan tetap cocok dengan tema minimalis yang diterapkan. 

6. Model rumah tipe 120 - dua lantai yang luas

Model rumah yang luas ini kerap identik dengan menambah garasi yang muat 2-3 mobil atau tambahan ruangan kamar tidur dan kamar mandi. Perhatikan kemungkinan untuk membuat area tengah kosong dan dipakai sebagai dekorasi dengan atap kaca atau dibuat bolong sehingga air hujan dan matahari bisa masuk kedalam. Jadi, bukaan tidak selalu harus dari jendela dan pintu bisa juga dari tengah rumah.

7. Model modular

Rumah minimalis modular atau rumah rakitan terbuat dari prefabrikasi yang lebih terjangkau dari membangun rumah secara konvensional. Bagian rumah dikirim dan dipasang sesuai dengan desainnya. Jenis rumah bisa dipasang dalam waktu tiga bulanan dan bisa dibongkar dan dipindahkan bila diinginkan. 

Dari segi arsitektural, model ini pas dengan aksen minimalis yang modern dan ramah lingkungan. Kepopulerannya memang kian meluas tapi sebagai investasi atau dijual lagi, model rumah ini belum cukup terkenal untuk menarik minat pembeli. 
 

8. Rumah kontainer yang ramah lingkungan dan praktis

Anda tentu pernah melihat stand kopi dengan memakai kontainer. Tapi bagaimana dengan rumah kontainer atau kargo tekstur ? Bentuknya persegi panjang dan pas untuk keluarga kecil. Anda bisa menambahkan ruangan dengan menambah kontainer. 

Beberapa desain bahkan menunjukkan kontainer yang disusun menjadi satu. Ini adalah pilihan minimalis modern yang ramah lingkungan yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan. 

9. Model rumah trailer

Walau tidak terlalu populer di Indonesia, beberapa orang sudah mulai tinggal di trailer mobil dan membawa rumah mereka kemanapun pergi. Isinya berupa kabin kecil yang dilengkapi area tempat tidur, kamar mandi dan tempat duduk yang multifungsi sebagai ruang makan atau ruang belajar. Ini adalah rumah minimalis pilihan untuk keluarga yang suka berpetualang atau jalan-jalan untuk waktu lama. 

10. Model rumah berdasarkan material

Anda bisa menonjolkan elemen material bangunan untuk memberikan kesan kombinasi antara modern dengan tradisional atau industrial. Memakai batu alam besar dan kayu pada hunian modern akan memberikan kesan rumah liburan yang nyaman. 

Anda juga bisa memakai besi atau lempengan stainless steel dan membuat fasad yang atraktif. Umumnya hunian minimalis memakai bentuk geometris seperti garis, kotak atau bulatan. Dengan demikian rumah Anda jadi atraktif tanpa berkesan terlalu ramai. 


Itulah beberapa tipe model rumah minimalis yang menjadi favorit banyak penghuni rumah. Ada rumah dengan tipe tertentu yang bisa didesain sedemikian rupa sehingga leluasa dan nyaman ditempati. Hal seperti ventilasi dan rumah yang cukup pencahayaan adalah ciri desain hunian yang minim ornamen ini. Rumah Anda jadi enak ditempati karena tidak penuh sesak dan memberikan banyak area bagi penghuni rumah untuk bergerak. 

Back to top
cross