Products comparator

You have of all 8 possible products to compare.


Compare it now

Mudah! 10 Menu Sahur Bergizi untuk Keluarga

Biasanya, tidak ada semangat untuk bangun dan makan sahur. Namun, hal itu tidak akan terjadi jika Anda membuat menu sahur yang masih hangat. Nuansa sahur pasti berbeda.

Yang membuat orang malas bangun sahur adalah menu makanan yang mungkin sudah dingin karena sisa menu buka puasa. Sementara itu, memasak lagi di saat sahur sepertinya repot sekali. Tidak ada cukup waktu untuk memasak lagi.

Sebenarnya, bisa saja Anda membuat menu sahur lagi. Asalkan menu tersebut sederhana namun tetap bergizi, sangat disarankan agar Anda masak lagi di saat sahur tiba. Ini akan membuat anggota keluarga semangat untuk sahur.
 

10 Inspirasi Menu untuk Sahur di Bulan Ramadhan

Mau tahu menu sahur apa saja yang mudah dibuat tapi tetap memiliki nilai gizi yang tinggi? Ini dia 10 menu untuk sahur yang bisa Anda pilih:
 

1. Cah Jamur

Salah satu menu masakan sahur yang bergizi tapi mudah dibuat adalah cah jamur. Hanya butuh sekitar 15 menit saja untuk menyiapkan menu makanan ini.
 
Pertama-tama, siapkan jamur tiram lalu rendam ke dalam air sekitar 3 menit. Angkat lalu suwir jamur sesuai dengan keinginan. Langkah berikutnya, hidupkan kompor dengan api kecil dan siapkan wajan untuk menumis bumbu. Anda bisa menggunakan pisau dapur dari IKEA untuk memotong-motong bawang putih. Tumis bawang putih sampai harum. Jika ingin masakan sedikit pedas, tambahkan cabai.
Selanjutnya, masukkan jamur ke dalam wajan. Aduk pelan-pelan sambil memasukkan garam, gula, merica, dan kecap asin. Tambahkan kaldu bubuk agar lebih gurih.

Jika jamur sudah matang, tambahkan potongan daun bawang. Angkat dan sajikan dengan menaburi bawang goreng di atas cah jamur.

2. Cah Tauge

Jika tidak ada persediaan jamur di rumah, Anda bisa gunakan lainnya seperti tauge. Caranya memasaknya hampir sama.

Pertama, tumis bumbu yang sudah diiris halus, seperti cabai dan bawang putih. Kemudian, Anda bisa memasukkan tauge. Agar lebih enak, Anda bisa tambahkan tahu atau tempe ke dalamnya. Tambahkan sedikit gula, garam, kaldu bubuk, dan merica. Aduk hingga merata.
Ketika tauge dan bahan lainnya sudah terlihat matang, masukkan sedikit kecap manis. Aduk sebentar lalu angkat. Cah tauge bisa disajikan untuk menu sahur. Agar terlihat cantik, sajikan ke dalam piring saji dengan taburan bawang merah goreng di atasnya.

3. Tahu Kecap

Ini menu untuk sahur yang bisa dikatakan paling murah dan mudah untuk dibuat. Bahan utamanya hanya tahu. Boleh juga Anda tambahkan sedikit tempe.
 
Pertama, potong tahu dan tempe jika Anda menambahkan tempe dengan ukuran sesuai dengan yang Anda inginkan. Goreng sebentar hingga warna kecoklatan. Agar lebih cepat matang, gunakan kompor yang memiliki api biru. Inilah yang membuat makanan matang merata. Setelah matang, Angkat lalu tiriskan.
Berikutnya adalah menyiapkan bumbu. Siapkan bawang putih yang dicincang halus kemudian cabai yang diiris serong. Tumis hingga harum lalu masukkan air. Tunggu hingga air sedikit mendidih. Baru kemudian Anda bisa masukkan garam, merica bubuk, kaldu bubuk, dan kecap manis. Masukkan tahu lalu diamkan hingga kurang lebih 3 menit. Menu sahur tahu kecap ini siap untuk disajikan dengan nasi hangat.

4. Tempe Sambal Teri

Punya teri medan di kulkas? Kenapa tidak dipakai untuk memasak sambal teri dan tempe. Caranya sangat mudah. Potong dadu tempe lalu goreng. Begitu juga dengan teri medan. Goreng sebentar saja dengan api sedang.
Setelah itu, Anda siapkan sambalnya. Siapkan bawang putih, bawang merah, dan cabai. Goreng sebentar. Siapkan blender untuk menghaluskan bahan-bahan tersebut.

Langkah berikutnya, siapkan wajan lagi dengan sedikit minyak. Masukkan bumbu yang sudah dihaluskan lalu goreng hingga bau harum terasa. Masukkan garam dan sedikit gula. Lalu campurkan teri dan tempe yang sudah digoreng sebelumnya. Aduk hingga merata. Tempe sambal teri siap disajikan sebagai menu sahur yang enak.

5. Sayur Baby Sawi

Jika Anda suka sayur-sayuran hijau, Anda bisa memasak menu untuk sahur yang satu ini. Namanya sayur baby sawi.

Pertama, Anda perlu menyiangi baby sawi sebentar saja. Lalu cuci dengan air bersih dan tiriskan. Kemudian, hidupkan kompor dan taruh wajan di atasnya. Masukkan sedikit minyak lalu tumis bawang putih yang sudah diiris kecil.
Setelah tercium aroma wangi, masukkan baby sawi ke dalam wajan. Tambahkan sedikit air, garam, gula, kaldu, dan saus tiram. Aduk hingga merata. Di akhir, masukkan larutan maizena sedikit saja. Angkat lalu sajikan menu sahur ini di mangkuk dari IKEA.

6. Telur Dadar Kuah Saus Tiram

Telur dadar pasti sudah biasa. Bagaimana dengan telur dadar saus tiram? Ini yang luar biasa.

Cara memasaknya mudah. Sama seperti ketika Anda memasak telur dadar. Anda bisa menggoreng telur dadar biasa atau Anda buat adonan telur dadar yang ditambah sayur seperti oncang, wortel, dan lain sebagainya. Pilih saja sesuai selera.

Setelah telur dadar sudah jadi, lanjut dengan membuat kuat saus tiram. Caranya, siapkan teflon dan taruh di atas kompor. Gunakan teflon yang tepat untuk membuat saus ya. Misalnya saja teflon dari IKEA yang tidak hanya terlihat modern tapi juga anti lengket.
Kemudian, masukkan saus tomat dan saus tiram. Tambahkan juga sedikit air, garam, dan gula. Agar lebih enak, geprek jahe lalu masukkan ke dalam teflon tersebut. Tunggu hingga matang.

Selanjutnya, Anda bisa siramkan saus yang baru selesai Anda buat ke atas piring yang sudah ada telur dadarnya. Menu sahur lezat ini siap dihidangkan.

7. Geprek Tempe

Jika mendengar kata geprek, umumnya orang akan mengaitkannya dengan ayam. Namanya ayam geprek. Namun, kali ini bukan ayam yang digeprek melainkan tempe.
 
Ini mirip dengan ayam geprek biasa. Pertama-tama, siapkan cobek untuk membuat sambalnya. Anda bisa menggunakan cobek. Masukkan cabai setan, bawang putih, garam, dan gula secukupnya. Uleh sampai semua bahan tersebut hancur merata.
 
Selanjutnya, Anda siapkan tempe-nya. Ambil tepung krispi instan. Celupkan tempe ke dalam wadah yang berisi air dan penyedap rasa. Lalu, masukkan tempe tersebut ke dalam wadah yang sudah ada tepung krispi. Goreng hingga matang.
 
Setelah semua tempe sudah digoreng, taruh tempe di atas cobek lalu geprek dengan menggunakan ulekan. Angkat dan taruh geprek tempe ke piring saji. Menu sahur siap untuk disantap.

8. Oseng tahu Tempe

Ada banyak sekali pilihan menu makanan untuk sahur jika di rumah ada tempe dan tahu. Yang paling mudah untuk dibuat adalah oseng tahu dan tempe.
 
Pertama-tama, potong tempe dan tahu berbentuk dadu dengan ukuran sesuai selera. Kemudian, goreng dengan api sedang. Setelah matang, angkat dan tiriskan.
 
Untuk bumbunya, Anda perlu bawang merah, bawang putih, cabai, kecap manis, gula, garam, dan penyedap rasa. Bawang putih bawang merah, dan cabai harus diiris kecil-kecil. Tumis sebentar sampai harum lalu masukkan tempe. Aduk sebentar lalu masukkan garam, gula, penyedap rasa, dan sedikit kecap. Aduk hingga warnanya kecoklatan.
 
Setelah matang, angkat dan hidangkan di atas piring dari IKEA yang estetik. Taburkan bawang goreng atau seledri di atasnya agar terlihat semakin cantik.

9. Sosis Tumis

Tak ada tempe, sosisnya jadi. Ini menu sahur paling mudah selanjutnya yang bisa Anda buat. Anda hanya perlu sosis yang dipotong sesuai dengan selera. Lalu, siapkan bumbunya yang relatif sama seperti ketika Anda membuat oseng tahu dan tempe.
 
Hanya saja, agar lebih lezat, tambahkan kecap saus tiram ya. Ini akan membuat sosis tumis terlihat memiliki sedikit kuat yang kental.

10. Sambal Terong Tempe

Tempe tidak harus selalu disandingkan dengan tahu lho. Bisa juga Anda memasak tempe yang dipadukan dengan terong.
 
Pertama-tama, bersihkan terong lalu potong sesuai dengan selera. Begitu juga tempe. Goreng keduanya. Jika sudah matang, angkat dan tiriskan.
 
Minyak goreng tidak perlu dibuang karena nanti akan digunakan untuk menggoreng bahan untuk sambal. Bumbunya sederhana, yaitu bawang putih, bawang merah, serta cabai. Setelah digoreng, angkat dan masukkan ke dalam cobek dari IKEA. Uleg sampai halus. Tambahkan sedikit gula, garam, penyedap rasa, dan terasi. Uleg lagi hingga semuanya merata.
Jika sambalnya sudah siap, masukkan ke dalam wajan kembali. Goreng sebentar lalu masukkan terong dan tempe. Aduk kurang lebih 2 menit agar semuanya merata. Angkat lalu sajikan.

Nah, itulah beberapa menu sahur bergizi yang mudah sekali untuk Anda buat. Agar anggota keluarga semangat saat sahur, tidak ada salahnya jika Anda buatkan makanan yang masih hangat. Toh menu makanan tersebut di atas tidak menyita banyak waktu.

Back to top
cross