Products comparator

You have of all 8 possible products to compare.


Compare it now

10 Ide Taman Minimalis untuk Lahan Terbatas

Memiliki area hijau di dalam rumah menjadi sebuah impian bagi banyak orang terutama yang tinggal di tengah kota. Dengan adanya taman minimalis di rumah ini dapat memberikan berbagai manfaat seperti mempercantik rumah hingga memberi efek udara segar dan lebih sehat.
Namun tidak jarang keterbatasan lahan ini menjadi kendala untuk membuat taman minimalis di dalam rumah. Pasalnya, membuat taman minimalis lebih merepotkan karena harus berkutat dengan keterbatasan lahan. Nah, untuk menjawab rasa penasaran dan kebingungan Anda, terdapat beberapa ide taman minimalis untuk lahan terbatas sebagai solusi Anda.

Memilih perabot taman untuk lahan terbatas

Dalam membuat taman minimalis untuk lahan terbatas di rumah, Anda perlu menggabungkannya dengan perabot taman unik yang dapat mempercantik hunian Anda. Simak 10 ide taman minimalis untuk lahan terbatas berikut ini!
 

1. Taman teras depan rumah

Lahan terbatas bukan menjadi masalah untuk membuat taman untuk mempercantik pemandangan di rumah Anda. Salah satu area rumah yang sering menyisakan ruang kosong adalah teras depan rumah. Anda bisa menaruh beberapa pot tanaman hias yang diletakkan di pinggir area teras. 
Selain itu Anda juga dapat menggunakan pot gantung teras rumah untuk memaksimalkan ruang yang ada. Dalam memaksimalkan ruang, letakkan pot kecil secara berdempetan yang diisi dengan beberapa jenis tanaman dengan ukuran tidak besar.

2. Taman tangga teras

Setiap rumah dijadikan lebih tinggi, pasti pada bagian teras memiliki tangga yang mengarah ke bagian inti rumah. Hal ini dilakukan untuk menghindari banjir yang bisa saja terjadi pada musim hujan.
Dalam memaksimalkan ruang kosong pada bagian tangga teras ini, Anda dapat meletakkan pot kecil beserta tanaman hias pada setiap sudut tangga. Hal ini akan lebih baik jika Anda menggunakan rerumputan pada setiap sela tangga untuk menambah kesan area hijau pada setiap sudut rumah.

3. Taman di dalam rumah (indoor garden)

Solusi menangani kejenuhan di dalam rumah adalah memiliki taman minimalis di dalam rumah (indoor garden). Indoor garden ini menjadi ide terbaik untuk memaksimalkan ruang yang ada untuk menciptakan area hijau yang cantik. 
Selain itu, indoor garden penting untuk sirkulasi udara hingga dapat mempermudah sistem pencahayaan alami rumah agar tanaman dapat hidup. Untuk memaksimalkannya, Anda hanya perlu meletakkan tanaman hias baik dalam pot maupun di tanam langsung dalam tanah, diberi sentuhan rerumputan hijau dan susunan batuan atau kerikil untuk mempercantik taman Anda.

Indoor garden ini juga dapat berfungsi menjadi ruang makan terbuka yang dapat membuat suasana makan lebih menyenangkan. Anda dapat meletakkan meja dan kursi kayu untuk membuat suasana lebih alam.

4. Taman pot gantung

Salah satu hal yang paling memungkinkan jika rumah Anda tidak memiliki ruang untuk area hijau dapat memanfaatkan pot gantung sebagai ide taman minimalis. Rumah Anda akan tampak lebih hijau dan cerah dengan adanya pot gantung yang cantik. Tanaman pot gantung dapat diletakkan di teras, balkon maupun ruangan yang masih memiliki sirkulasi udara yang baik. Gunakan gantungan pot tanah liat berwarna merah untuk memberikan kesan taman minimalis.

5. Taman minimalis balkon

Balkon menjadi salah satu area di dalam rumah yang paling pas untuk dikunjungi untuk mencari udara segar. Daripada balkon hanya dibiarkan kosong, Anda dapat memanfaatkan balkon sebagai taman minimalis di rumah.
Tanaman hias dalam pot menjadi pilihan tanaman yang paling tepat untuk membuat taman minimalis. Anda juga dapat meletakkan pot yang berisi tanaman yang mengelilingi balkon maupun menggantungkannya pada dinding, kanopi atau langit-langit balkon.

6. Taman dengan pot semen

Pilihan lain selain menanam tanaman dalam pot, Anda juga menggunakan pot semen sebagai media tanam. Pot semen ini cocok diletakkan pada sudut-sudut luar rumah seperti teras. Selain itu, Anda dapat menyesuaikan bentuk pot semen dengan bentuk ruangan yang tersedia di rumah.

7. Taman minimalis vertikal

Selain taman pot gantung sebagai ide dekorasi dalam menciptakan area hijau di dalam rumah, Anda dapat memanfaatkan taman vertikal. Taman vertikal ini memanfaatkan dinding kosong untuk meletakkan tanaman hias di dalam pot gantung maupun tanaman hias merambat. 
Jika Anda menggunakan pot, gunakan kayu atau besi penyangga yang berisikan pot - pot kecil yang berisi tanaman. Apabila menggunakan dinding, gunakan tanaman hias merambat baik tiruan maupun asli. Pastikan dinding pada taman vertikal Anda mendapatkan pencahayaan sinar matahari yang baik untuk menjaga kualitas tanaman.

8. Taman penghias pagar

Pagar tidak hanya digunakan sebagai pembatas antar rumah maupun sebagai garda pengamanan rumah, pagar juga dapat dimanfaatkan sebagai taman minimalis dengan lahan terbatas. Anda dapat menggunakan pot tanaman hias di sela pagar atau menggunakan tanaman rambat yang berbunga. Namun Anda wajib untuk memangkas tanaman dengan gunting bunga apabila terlihat sudah terlalu lebat.

9. Taman dan kolam air mancur

Selain dipenuhi dengan tanaman hijau, Anda juga dapat meletakkan kolam air mancur kecil di area teras maupun taman di dalam rumah (indoor garden). Suara gemericik dari air mancur ini mampu menciptakan ketenangan dan kedamaian di dalam rumah. Jika kolam air mancur tidak memungkinkan untuk digunakan karena lahan sangat sempit, Anda dapat menggunakan air terjun buatan.

Agar kolam air mancur Anda terlihat lebih hidup, Anda dapat memasukkan beberapa jenis ikan hias dan biarkan berenang sesuka hati. Tapi jangan lupa dikasih makan ya!

10. Taman jalan setapak

Jika halaman Anda hanya dipenuhi dengan rumput dan tanaman, Anda dapat membuat jalan setapak untuk menghindari merusak halaman. Anda dapat menggunakan batu koral untuk mempermudah perawatannya. Tak hanya itu, Anda juga dapat mempersiapkan meja dan kursi teras yang berfungsi untuk bersantai di sore hari.

Menciptakan area hijau di dalam rumah yang memiliki lahan terbatas bukan menjadi masalah. Taman minimalis ini dapat membantu Anda untuk menciptakan suasana yang lebih damai ketika berada di rumah. Pastikan untuk senantiasa menjaga sirkulasi udara dan pencahayaan matahari agar kualitas tanaman Anda tetap terjaga.

Itulah 10 ide taman minimalis untuk lahan terbatas yang bisa menjadi referensi untuk Anda. Dalam memaksimalkan ruang yang ada untuk membuat taman, pilihlah dekorasi terbaik dan terlengkap hanya dengan produk dari IKEA!

Selain dekorasi taman, IKEA juga menyediakan beragam furnitur untuk mengisi interior rumah sesuai selera Anda. Jika masih bingung dalam merancang desain interior agar sesuai dengan impian Anda, kami menyediakan layanan desain interior yang dapat menginspirasi Anda. Jadi tunggu apalagi, temukan solusi interior rumah Anda hanya di IKEA!

Back to top
cross