Ide mudah untuk bermain – dan alasan mengapa hal itu baik untuk kita

Apa saja jenis permainan? Apa manfaat bermain dalam perkembangan anak? Dan mengapa hak bermain bagi anak itu penting? Ini adalah beberapa pertanyaan dari tiga Play Reports IKEA kami – yang terbaru yang kami buat pada tahun 2017 – yang akan segera dijawab.

Belajar melalui permainan

Tiga Play Reports IKEA merupakan badan penelitian terbesar khusus tentang bermain yang pernah ada di dunia. Pembelajaran dari semua data dan eksplorasi ini akan secara langsung mempengaruhi cara kami dalam mendesain untuk dunia rumah yang indah namun selalu berubah sesuai perkembangan zaman – yang tentu saja termasuk rangkaian produk dunia anak IKEA.

Value of Play Report (PDF)

Manfaat bermain

Penelitian kami mengungkapkan bahwa melalui permainan, kita saling terhubung, menciptakan sesuatu, mengisi ulang energi, melarikan diri dari hal-hal negatif dan menjelajahi sesuatu yang baru. Kelima 'manfaat bermain' inilah yang menjadikan permainan sebagai kebutuhan dasar manusia - bukan kemewahan. Semua itulah yang mendasari mengapa Konvensi PBB tentang Hak Anak menggarisbawahi bermain sebagai hak universal setiap anak.  

Baca lebih lanjut mengenai Konvensi PBB tentang Hak Anak

Memperkenalkan... IKEA Mini Play Guide!

Untuk Let's Play!, kami telah merangkum temuan-temuan dari IKEA Play Report 17 ke dalam IKEA Mini Play Guide menjadi ukuran kecil, yang dapat dicetak, tak hanya untuk membagikan apa yang telah kami pelajari tentang permainan, namun juga memasukkan ide-ide tentang cara bermain di taman bermain paling penting, yaitu di rumah.

“Sebagai anak-anak, kita mengembangkan dunia relasional kita melalui permainan. Ketika kita tumbuh dewasa, kita mulai mengembangkan kekuatan dan kreativitas sebagai ekspresi yang lebih dewasa. Tapi itu tidak berarti kita berhenti bermain!"

Roy Landsmaid, Psikolog
Cara bermain
“Semua orang pasti tahu cara bermain, tetapi ketika kita tumbuh dewasa itu tidak akan lagi mudah bagi kita,” kata Mini Play Guide, yang menawarkan “sebaran benih yang bisa digunakan untuk menumbuhkan ide dan peluang permainan baru.”

Di bawah ini adalah beberapa cara untuk bermain yang dicakup oleh panduan ini – ditambah sebuah ide masing-masing.

Mini Play Guide IKEA (PDF)

Permainan gaya bebas

Tentang: Spontanitas dan kurangnya struktur, di mana kita tenggelam di dunia yang secara alami diciptakan oleh anak-anak saat mereka bermain.
Contoh: Band dapur – ambil panci dan wajan, dan aturlah untuk 'dimainkan' dengan peralatan dapur lainnya. Ingat, semakin keras semakin bagus!

Lihat koleksi panci dan wajan lainnya

Lihat koleksi peralatan dapur lainnya

Permainan membuat sesuatu

Tentang: Membuat sesuatu yang baru bersama anak Anda dengan menjelajahi, bereksperimen dan memecahkan masalah – lalu merayakannya bersama.
Contoh: Siapkan perlengkapan untuk membuat model (lem, gunting, dll.), dan kumpulkan sampah rumah tangga yang bersih untuk digunakan dalam proyek ini.

Permainan dengan mencontoh 

Tentang: Permainan imajinatif yang menginspirasi, ini adalah cara yang menyenangkan bagi orang dewasa dan anak-anak untuk menyelesaikan tugas di rumah dengan mengubahnya menjadi permainan.
Contoh: Memanggang kue dengan resep sederhana dimana anak Anda dapat memimpin. Gunakan gelas ukur sebagai ganti timbangan untuk menghindari jeda yang mengganggu.

Lihat koleksi gelas ukur lainnya

Lihat koleksi timbangan lainnya

Bermain di luar ruang

Tentang: Permainan fisik adalah untuk melepaskan, berlarian bebas, dan menyingkirkan kendala sosial. Energi ditingkatkan, zat endorfin dilepaskan, dan kebahagiaan disampaikan.
Contoh: Atur acara olahraga sederhana, dengan lari sprint seperti balap karung atau balap telur menggunakan sendok.

Permainan menggunakan imajinasi

Tentang: Permainan kreatif di mana, ketika berfokus pada imajinasi, sebuah dunia yang indah di luar segala macam aturan dan kewajiban yang terbuka bebas.
Contoh: Buat coretan-coretan dengan bebas, jangan biarkan pensil Anda terlepas dari kertas. Lalu warnai bentuk-bentuk yang tercipta di antara garis.

Permainan formal

Tentang: Tidak terlalu spontan dan lebih terstruktur, dengan semua pemain menemukan kelonggaran dari kehidupan sehari-hari saat mereka memecahkan tantangan tertentu.
Contoh: Game susun seperti LATTJO, ujian tersulit untuk tangan Anda – dan syaraf baja!



cross