Produk Pembanding

Anda memiliki dari 8 produk yang dapat dibandingkan.

Produk Pembanding

Anda memiliki dari 8 produk yang dapat dibandingkan.


Bandingkan sekarang

Wawancara: keuntungan dikelilingi tanaman

Penelitian menunjukkan bahwa berkebun dan tanaman membawa dampak positif bagi kita. Kami ingin mengetahui lebih banyak tentang hal ini, sehingga kami melakukan sebuah wawancara dengan peneliti bernama Anna María Pálsdóttir.
Large wooden plant crate with plants standing on concrete outdoors, surrounded by rugs, a stool, garden tools.
Small, slimline VARIERA shelf standing on a sunlit window sill and filled with several small flower pots with leafy plants.

Sebuah taman yang menenangkan

Tidak lebih dari sebuah titik di peta, Alnarp adalah sebuah daerah pertanian dengan sedikit bangunan di luar kota  Malmö  bagian selatan Swedia. Di area pusatnya terdapat sebuah kastil kecil abad ke-19 yang tertutup tanaman Wisteria - disebut "hujan biru" oleh masyarakat Swedia -  yang mengubah keseluruhan struktur menjadi warna biru lilac pada musim semi. Namun, itu hanya sebagian kecil dari kehijauan taman di sekitarnya.

Alnarp adalah satu dari pusat kegiatan SLU, Swedish  University of Agricultural Sciences. Oleh karena itu, Alnarp adalah rumah dari populasi tanaman dan pohon terbanyak di Swedia. Secara keseluruhan, desa kecil ini digambarkan sebagai taman botani besar, dihiasi rumah-rumah di berbagai tempat.

Dan juga merupakan tempat kerja Anna María Pálsdóttir.

Ceritakan apa yang Anda kerjakan.
- Saya adalah seorang peneliti di SLU Alnarp, dalam bidang psikologi lingkungan. Rekan saya dan saya belajar tentang interaksi antara manusia dan sekeliling mereka, contohnya efek seperti apa yang bisa ditimbulkan oleh lingkungan alami tertentu pada manusia dan aktivitasnya.

Sesuatu yang disebut sebagai taman rehabilitasi SLU Alnarp memiliki peranan besar dalam penelitian Anda. Bagaimana bisa demikian?
- Taman rehabilitasi adalah sebuah taman yang sesungguhnya, dibuat pada tahun 2002. Taman ini tidak berbeda jauh dengan taman rumah lainnya, mungkin sedikit lebih besar, dengan plant bed, pagar tanaman, dekorasi dan sebuah rumah kaca. Namun, desain taman ini dirancang berdasarkan teori dalam ilmu psikologi lingkungan tentang kemampuan alam, efek restoratif. Di sini kami mengerjakan penelitian mengenai perawatan alami dan rehabilitasi. Secara sederhana, kami melihat bagaimana tanaman dan aktivitas berkebun dapat berpengaruh pada kesehatan mental seseorang.
Small, square, plastic flower pot with tiny shoots, held up to the camera by two cupped hands, their owner seen out of focus.

Sifat multisensor dari berkebun

Apa efek yang sudah Anda lihat dari jenis rehabilitasi ini?
- Sangat menarik melihat bagaimana tanaman - termasuk semua aktivitasnya, mulai dari berada di dekat tanaman, menanam bibit, merawat tanaman, memanen, menggunakan dan membagikan hasil panen - dapat membawa dampak sangat positif bagi subjek kami.

Merawat tanaman sepertinya mengasah panca indera berbeda-beda: Menyentuh tanah, bibit dan tanaman. Melihat, mencium dan merasakan proses dari bibit hingga menjadi bunga atau buah dan sayuran yang dapat dikonsumsi.

Sementara merawat tanaman dapat membantu aspek-aspek rehabilitasi dasar seperti keterampilan motorik, tampaknya aktivitas lainnya juga bekerja pada tingkat psikologis yang lebih dalam.
Bookcases of untreated blond wood standing next to large, latticed windows, the shelves filled with pots and plants.

Mekar atau menjadi kompos - pertumbuhan yang sama-sama menguntungkan

- Proses merawat tanaman selalu mudah dan bermanfaat. Pertama, setiap orang dapat melakukannya dengan caranya sendiri. Dan jika Anda tidak mencapai target, masih ada kesenangan dan tanggung jawab dalam merawat kehidupan, dan melihatnya tumbuh. Bahkan jika benar-benar tidak sesuai keinginan Anda, dan tanaman itu mati, ia dapat dikomposkan dan secara harfiah menjadi sumber kehidupan baru. Semuanya membawa dampak positif melalui proses trial and error. Berkebun adalah kegiatan yang sangat memuaskan.

Pada saat yang sama, penting untuk menunjukkan bahwa jenis penelitian ini menurut definisi sulit ditingkatkan ke tingkat kepastian ilmiah yang diperlukan. Tetapi bahkan jika ini berupa indikasi dan bukan bukti, hasil yang kami lihat mengatakan dengan jelas manfaat dari berkebun.
Portrait image of SLU Alnarp researcher Anna María Pálsdóttir, interviewed for the purpose of this article.

“Tanaman tiruan dapat memiliki banyak efek yang sama dengan tanaman asli. Suatu jenis pengobatan yang menyegarkan, bisa dibilang. ”

Anna María Pálsdóttir, peneliti di SLU Alnarp
Section of a table set with a white, creased cloth, different-size bowl filled with bread, homegrown greens, and flowers.

Sepotong alam, tepat di rumah Anda

Anda bekerja terutama dengan orang-orang yang membutuhkan rehabilitasi. Adakah yang bisa dikatakan tentang efek positif berkebun pada tingkat yang lebih umum?
- Dari apa yang kita lihat - ya, pasti. Temuan kami dapat dengan mudah diterapkan untuk mempromosikan kegiatan berkebun secara keseluruhan.

Selain indah, tanaman juga mudah untuk dibagikan kepada orang lain. Seperti memanen sayuran dan memakannya bersama. Ini adalah praktik bersosialisasi yang dapat menghubungkan setiap orang. Bekerja dengan orang-orang dari latar belakang yang berbeda, kami telah melihatnya menjadi alat komunikasi yang melampaui bahasa - bahkan menjadi bahasa itu sendiri.

Dalam perspektif evolusi, tampaknya benar bahwa tanaman seharusnya memiliki efek menenangkan pada kita. Alam - berbeda dengan suasana kota yang sebagian besar kita tinggali - adalah tempat seharusnya kita berada, itu adalah rumah kita. Dalam pengertian itu, tanaman adalah pengingat yang jelas akan elemen alami kita.

Satu hal hebat yang kita lihat dari hubungan tanaman dan berkebun, adalah bahwa hal itu hanya membutuhkan objek yang sedikit. Hanya beberapa tanaman saja sudah cukup untuk melihat reaksi yang menenangkan pada manusia. Bahkan telah ditunjukkan bahwa tanaman buatan dapat memiliki  efek yang sama seperti tanaman hidup. Suatu jenis pengobatan yang menyegarkan, bisa dibilang.
Lihat tips tentang cara menanam tanaman


Kami senang melihat pelanggan berkreasi dengan produk kami. Silakan saja! Namun perlu diketahui bahwa mengubah atau memodifikasi produk IKEA sehingga tidak dapat dijual kembali atau digunakan seperti tujuan awalnya, berarti jaminan komersial IKEA dan hak Anda untuk mengembalikan produk akan hilang.
 

Dibuat oleh

Penulis: Henrik Annemark