Produk Pembanding

Anda memiliki dari 8 produk yang dapat dibandingkan.

Produk Pembanding

Anda memiliki dari 8 produk yang dapat dibandingkan.


Bandingkan sekarang

Ide dekorasi Hari Valentine untuk rumah Anda

Bulan Februari adalah bulan yang istimewa karena selalu dihubungkan dengan hari Valentine, yaitu hari kasih sayang. Bila Anda bosan merayakan Valentine hanya dengan makan malam di restoran, Anda dapat mencoba hal baru dengan menghadirkan suasana hangat dan romantis ke dalam rumah Anda. 

Berikut adalah tips dekorasi dengan ide sangat sederhana maupun ide unik yang membutuhkan daya imajinasi dan kreasi untuk mewujudkan nuansa hangat Valentine yang berkesan:   

1. Rangkaian bunga cantik sebagai pernyataan cinta 

Hari Valentine sangat identik dengan bunga yang melambangkan cinta. Bunga juga menjadi pilihan utama karena keindahan dan aromanya.
Bila Anda ingin ide dekorasi yang mudah dan sederhana, tempatkan bunga dalam vas kaca bening agar segala sisi kecantikan bunga dapat terlihat dan letakkan di beberapa tempat di rumah Anda, seperti di atas meja makan untuk menambah suasana romantis ketika candle light dinner dan juga di ambang jendela agar dapat terlihat indah dari luar rumah.

Bila Anda tidak ingin menggunakan bunga alami karena mudah rusak, Anda bisa memilih menggunakan bunga tiruan yang tampak asli dan akan selalu terlihat segar. Kelebihannya adalah Anda tak perlu repot untuk merawatnya. Anda dapat pula menyesuaikan bunganya karena kawat baja di batangnya dapat dibengkokkan dan dipotong sesuai keinginan. Ketika Anda bosan, Anda dapat merangkai lagi untuk membuat tampilan yang baru. Jadikan rumah Anda dipenuhi cinta di setiap harinya. 
Bila vas kaca bening terlalu klasik untuk Anda, coba alternatif lain dengan menggunakan kubah kaca dengan dasar berwarna keemasan ini, yang dapat menambah kecantikan untuk memajang rangkaian bunga. Potong tangkai bunga, asli ataupun tiruan, sehingga dapat muat ketika ditempatkan dalam kubah kaca, lalu Anda akan mendapatkan dekorasi unik Valentine untuk rumah Anda. 
Bila Anda senang berkreasi dengan ide-ide Do-It-Yourself yang tak biasa, coba letakkan rangkaian bunga di tempat-tempat yang tak terduga untuk memberi nuansa Valentine yang berbeda. Lupakan vas bunga konvensional. Dinding dan bingkai jendela dapat menjadi kanvas untuk memajang bunga-bunga cantik untuk meriahkan rumah Anda. Coba gunting tangkai bunga dan tempelkan menggunakan selotip di dinding, atau gantung tangkai bunga dan buat menyerupai rangkaian dengan menggunakan tali di bingkai jendela. Suasana Valentine di rumah Anda akan terasa menarik dan semarak.

2. Suasana menenangkan untuk panca indera

Hadirkan nuansa romantis yang nyaman dan menenangkan pada malam hari dengan menggunakan lilin aromaterapi untuk menciptakan hari Valentine yang lebih berkesan.
Cahaya lilin cantik yang berkelap-kelip dapat menggantikan peran cahaya lampu dan membuat suasana ruangan Anda temaram dan syahdu. Anda dapat menggunakan tempat lilin untuk mengelompokkan sekaligus mempercantik tampilan lilin-lilin Anda. Cahaya yang berkilauan dan aroma yang manis akan mengaktifkan panca indera dan menambah kehangatan di rumah Anda.
Selain lilin, Anda dapat menggunakan potpourri dan tongkat beraroma sebagai alternatif dekoratif lainnya. Potpourri adalah sebuah dekorasi yang berasal dari bunga-bunga dan tumbuhan yang dikeringkan dan diberi wewangian, yang biasanya diletakkan di dalam mangkuk atau vas untuk memberi keharuman ke dalam rumah Anda.

Tongkat beraroma dengan vas juga dapat Anda tambahkan untuk menciptakan suasana nyaman dan menyenangkan di berbagai ruangan di rumah Anda, misalnya di meja tamu ruang keluarga dan di kamar tidur. Potpourri dan tongkat beraroma dapat Anda kombinasikan dengan lilin beraroma dan warna yang sama untuk menciptakan tampilan cantik yang terkoordinasi. Aroma manis yang segar dan juga wangi yang hangat akan membuat hari Valentine di rumah Anda tak terlupakan.
Bila Anda ingin berkreasi dengan pencahayaan baru selain menggunakan lilin, lampu rantai dapat menjadi pilihan menarik. Gunakan kubah kaca dengan dasar berwarna keemasan dan letakkan lampu rantai berukuran kecil di dalamnya. Kilauan cahaya yang terpancar dari dalam kaca bening, dan bagian bawah kubah kaca yang berwarna emas juga memantulkan kilauan. Tampilan cantiknya akan menambah nuansa hangat di rumah Anda.

3. Kenangan khusus yang indah

Tampilkan kenangan indah Anda dan pasangan dengan menggunakan bingkai foto. Abadikan kolase foto berisi hal-hal yang tak boleh dilupakan dan yang selalu ingin Anda ingat, misalnya foto ketika Anda dan pasangan kencan pertama, makan malam romantis, jalan-jalan seru, dan banyak lagi. Gunakan beberapa bingkai sekaligus untuk menciptakan suasana manis yang dapat menginspirasi kenangan tertentu.
Tambahkan dimensi kreatif untuk dekorasi unik dinding Anda. Dengan menggunakan kotak display ini, Anda dapat memajang foto, surat cinta, tiket nonton bioskop ketika kencan pertama, lirik lagu romantis, atau cinderamata perjalanan penuh kenangan yang menjadi favorit Anda dan pasangan. Dengan bagian depan kotak display yang dapat dibuka dan ditutup dengan mudah, Anda dapat mengubah dan mengatur isinya sesuka Anda. Dapat digantung mendatar atau tegak menyesuaikan ruangan Anda.
Tampilkan kumpulan kenangan romantis Anda dan pasangan yang penuh makna. Anda dapat menggunakan papan memo dengan klip sebagai alternatif dekorasi dinding unik lainnya. Ciptakan kesan romantis dengan menampilkan potongan bunga cantik, surat cinta, kolase foto, dan benda-benda kenangan lainnya yang Anda dan pasangan sukai. 

Baca juga artikel lainnya: Cara mendekorasi dengan menggunakan lilin untuk musim perayaan

4. Sarapan sederhana namun spesial 

Sarapan bisa menjadi kegiatan yang romantis jika Anda dan pasangan melakukannya dengan tepat di hari yang spesial. Di hari Valentine ini, cobalah sesuatu yang baru dengan mempersembahkan ‘breakfast in bed.’ 
Siapkan menu sarapan favorit Anda dan pasangan, yang sederhana namun beri garnish agar terlihat tidak biasa. Anda juga tak perlu repot untuk menghias bakinya. Cukup gunakan tempat serbet dengan desain yang unik dan kombinasikan dengan baki berwarna senada. Untuk alternatif lainnya, Gunakan baki dengan model yang cantik maka tampilan keseluruhannya juga akan terlihat cantik. Sajikan di tempat tidur untuk mengawali hari Valentine dengan penuh cinta.  

5. Sentuhan elemen manis yang hangat

Hadirkan suasana Valentine yang manis dan nyaman ke dalam kamar tidur Anda. Fokuskan pada tempat tidur dan beri sentuhan warna romantis. Anda tak perlu mengubahnya secara berlebihan, cukup dengan mengubah tampilan bedding Anda, seperti sprei, sarung bantal tidur, sarung quilt, dan selimut menggunakan warna-warna putih dengan aksen merah muda. Pastikan secara keseluruhan terlihat senada dan terorganisir. Gunakan beberapa jenis kain dengan bermacam tekstur untuk menghangatkan malam Valentine di kamar tidur Anda.

6. Makan malam romantis yang tak terlupakan

Hari Valentine sangat identik dengan acara makan malam romantis, lengkap dengan bunga dan lilin-lilin yang berkelap-kelip dengan cantik. Ciptakan momen yang sama di rumah Anda dengan membangkitkan daya kreativitas dan imajinasi Anda untuk mendekorasi meja makan di hari Valentine.
Hadirkan suasana unik dan menarik dengan membuat hiasan manis yang meriah. Anda dapat membuat dekorasi dengan cara memotong tangkai bunga dan daun lalu gantungkan dengan seutas tali. Pasang tali tepat di atas meja makan sehingga rangkaian bunga akan membuat meja makan terlihat manis dan meriah.
Bila Anda ingin mendekor meja makan dengan unik namun tak ingin menggunakan banyak biaya, cara yang satu ini bisa menjadi pilihan tepat. Anda hanya membutuhkan piring makan polos tanpa motif, setangkai bunga yang dipotong sesuai keinginan, lalu letakkan diatas piring makan Anda dan pasangan. Tambahkan serbet dengan motif kontras sebagai aksen. Ide ini sangat sederhana namun terlihat cantik dan menarik. 
Anda tidak perlu berpikir terlalu keras untuk menciptakan suasana hangat dan romantis. Cara sederhana yang satu ini sangat mudah dan juga tak membutuhkan banyak biaya. Gunakan lilin LED yang dapat memberikan cahaya kelap-kelip yang cantik selayaknya lilin asli. Ini dapat menjadi alternatif yang aman dan dapat digunakan di mana saja tanpa resiko kebakaran. Lilin LED ini memiliki pengatur waktu built-in yang dapat menyalakan lampu secara otomatis pada saat bersamaan dan dapat menyala hingga 6 jam. 

Bila Anda ingin membuat sebuah acara makan malam romantis, Anda dapat mengatur lilin LED-nya agar menyala pada waktu yang Anda inginkan untuk memberi kejutan manis pada pasangan Anda. Lilin ini dapat digunakan di luar ruang dan dipastikan aman bila Anda merencanakan candle light dinner di balkon atau di halaman belakang rumah Anda. Keuntungan lainnya adalah menggunakan LED dapat menghemat listrik hingga 85% dan tahan 10 kali lebih lama dibandingkan lampu pijar.   
Kami yakin kreativitas selalu menginspirasi, dan IKEA bangga menjadi bagian dari kreasi dekorasi rumah Anda. Namun, jika perabot dimodifikasi sehingga mengubah fungsi asli, maka ini akan mengakhiri masa garansi.
 

Dibuat oleh

Penulis: Ayu Nindyakirana