Produk Pembanding

Anda memiliki dari 8 produk yang dapat dibandingkan.

Produk Pembanding

Anda memiliki dari 8 produk yang dapat dibandingkan.


Bandingkan sekarang

Wawancara: dampak besar dari penataan rumah

Wanita duduk dekat meja sambil tersenyum ke arah kamera, sambil melipat tekstil.
Sebuah metode merapikan rumah yang diperkenalkan oleh Marie Kondo, akan mengajarkan Anda cara menciptakan rumah yang sangat teratur. Kami berbincang dengan ahli metode KonMari, Eva Uppsäll, untuk mendengar ceritanya tentang bagaimana menata rumah dapat membuka jalan untuk kehidupan sehari-hari yang lebih baik.
Bagian dari lemari pakaian dengan beberapa alternatif penyimpanan dan urutan detail: rak celana, laci untuk ikat pinggang, satu dengan kaus kaki terlipat.

Pekerjaan yang tidak pernah selesai

Bagi IKEA, tentu saja, cara menata rumah akan selalu berkembang. Kami tidak cukup hanya mendengar tentang tantangan yang dihadapi setiap orang, dan kemudian belajar lebih banyak tentang apa yang dapat kami lakukan untuk meningkatkan kualitas hidup di rumah. Eva Uppsäll, seorang pengusaha yang tinggal di Swedia bagian selatan, menceritakan tentang manfaat rumah yang terorganisir. Perjalanannya memiliki alur cerita sebelum-dan-sesudah yang jelas.

Bagaimana semua ini dimulai?
- Saya berada di titik dalam hidup saya yang, yah, lumayan menjenuhkan. Saya baru saja memulai bisnis saya sendiri, memiliki pekerjaan paruh waktu dan tiga anak yang masih kecil, tinggal di sebuah rumah dengan dua renovasi yang sedang berlangsung – dan merasakan frustrasi terus-menerus karena tidak pernah bisa menata barang saya sendiri. Seluruh kamar dipakai sebagai tempat pembuangan, diisi dengan barang-barang yang tidak memiliki tujuan yang jelas. Saya berusaha membereskannya namun sia-sia. Tiga jam kemudian, setelah memindahkan barang-barang, rumah tetap terlihat kacau.
 

Barang yang berantakan dan bagaimana semuanya terkoneksi

Dan kemudian...
- Lalu suatu hari saya menemukan metode KonMari, yang menyajikan pendekatan yang sangat terstruktur untuk masalah tersebut. Sebagai orang yang berorientasi pada sesuatu yang ilmiah, aspek dari metode KonMari sangat menarik bagi saya. Saya melakukan riset online dan merasa hal ini patut dicoba.

Apa yang membuat metode ini berbeda?
- Saya akan mengatakan metode ini bukan hanya tentang rangkaian cara penataan, tetapi juga pola pikir baru tentang barang-barang Anda. Prinsip-prinsip yang dapat diterapkan pada hidup Anda dalam arti yang lebih luas bukan hanya sekedar merapikan secara acak. Sebelumnya, kesalahan saya adalah merapikan satu tempat pada suatu waktu. Tentu itu berfungsi untuk saat ini, tetapi hal tersebut berefek sementara. Sebagai gantinya, saya menata rumah dengan kategori: pakaian, buku, peralatan dan sebagainya. Butuh waktu sedikit lebih lama, dan komitmen, tetapi memiliki efek yang lebih tahan lama. Bagi saya, ada perbedaan yang jelas dari sebelum dan sesudah melakukan metode ini. Kami berhasil melalui tantangan besar ini dengan satu kali metode – dan kami sudah lebih atau kurang berhasil mempertahankan metode tersebut.
Rak yang dipasang di dinding merangkap sebagai ruang kerja kecil; berbagai penyimpanan, lampu meja, kursi kantor, wallpaper bermotif grafis.

Ketika setiap barang di rumah memiliki tempat

Eva menjelaskan bagaimana keluarganya jadi lebih memperhatikan barang mereka. Prinsip utama dari metode ini adalah peduli dengan apa yang Anda miliki. Jika suatu barang tidak lagi berharga untuk Anda, apakah barang tersebut masih layak dipertahankan? Metode ini juga menciptakan sistem yang dibangun berdasarkan keputusan positif – Anda secara aktif memilih pemilik baru, daripada membuang barang tersebut. Mereka akhirnya memberikannya pada orang lain, mendaur ulang, dan baru membuang barang yang memang sudah rusak. Yang kemudian memungkinkan membuat sistem di mana hampir setiap barang di rumah memiliki tempatnya.

Bagaimana jika Anda membandingkan situasi lama Anda dengan hari ini?
- Ini seperti dua rumah yang berbeda. Semua barang memiliki tempatnya sekarang. Dan selalu terlihat rapi! Secara keseluruhan, proses ini telah menghasilkan beberapa hasil yang tidak terduga. Seperti pola pikir anak-anak kami yang berubah. Karena mereka juga terlibat, kini mereka memiliki inisiatif untuk merapikan barang – selanjutnya mereka seperti tidak mau lagi membuat rumah terlihat berantakan Selain itu, menjadi jauh lebih mudah untuk menghindari membeli barang baru kecuali kami benar-benar membutuhkan atau menginginkannya. Mungkin terdengar seperti kami telah membuang semuanya dan beralih ke kehidupan minimalis, tetapi bukan itu masalahnya sama sekali. Memiliki lebih sedikit barang bukan tujuan, itu hanya bonus.
 

Pesan yang perlu disebarkan

- Hal ini sangatlah perlu. Menghabiskan waktu lebih sedikit untuk membereskan rumah adalah hal yang bagus, tetapi itu hanya sebagian saja. Perubahan terbesar ada di pikiran. Tidak ada lagi rasa frustrasi yang saya sebutkan sebelumnya yang menghabiskan waktu dan energi. Pikiran saya menjadi lebih jernih, saya dapat menyelesaikan lebih banyak hal, dan menghabiskan lebih banyak waktu dengan – dan lebih fokus pada – keluarga saya. Bahkan telah menjadi bagian dari pekerjaan saya untuk mengajar orang lain tentang bagaimana mengatur segalanya. Saya ingin lebih banyak orang sadar betapa bermanfaatnya mengatur rumah Anda.
Praktik penataan – ciptakan keseimbangan di lemari pakaian Anda

Kami yakin kreativitas selalu menginspirasi, dan IKEA bangga menjadi bagian dari kreasi dekorasi rumah Anda. Namun, jika perabot dimodifikasi sehingga mengubah fungsi asli, maka ini akan mengakhiri masa garansi.
 

Dibuat oleh

Penulis: Henrik Annemark