Produk Pembanding

Anda memiliki dari 8 produk yang dapat dibandingkan.

Produk Pembanding

Anda memiliki dari 8 produk yang dapat dibandingkan.


Bandingkan sekarang

10 desain kamar tidur sempit yang nyaman

Desain kamar tidur sempit saat ini menjadi populer seiring semakin sulitnya menemukan rumah dengan kamar tidur yang cukup luas, apalagi jika Anda harus tinggal di sebuah apartemen dengan luas terbatas. Tidak hanya desain, tapi kini sudah banyak perabot serbaguna untuk menyiasati kamar tidur sempit.

Untuk sebagian besar orang, kamar tidur adalah ruang ternyaman dan paling pribadi di rumah, tidak peduli seberapa luas ruangannya. Kamar tidur yang sempit dapat tetap terasa nyaman jika ditata dengan perabot yang tepat. Masuklah dan temukan inspirasi dari beberapa ide desain kamar tidur sempit berikut ini.
 

Desain kamar tidur sempit dengan kombinasi rangka tempat tidur dan penyimpanan

Kamar tidur yang sempit berarti tidak banyak ruang untuk menempatkan banyak perabot. Desain kamar tidur sempit ini memanfaatkan kombinasi rangka tempat tidur dan solusi penyimpanan yang tentunya akan menghemat penggunaan ruang di dalam kamar – dan juga menghemat anggaran karena Anda tidak perlu membeli banyak perabot. Anda tidak hanya dapat tidur dengan nyaman namun juga dapat memastikan setiap barang tersimpan dengan rapi.
Dengan penyimpanan di tempat tidur, Anda tidak perlu lagi beranjak keluar dari selimut untuk mengambil buku favorit karena semuanya ada dalam jangkauan. Selain buku, letakkan barang apa pun yang dibutuhkan untuk menemani Anda sebelum tidur.
 

Siasati kamar tidur sempit dengan ranjang tumpuk

Saat memikirkan desain kamar tidur sempit, yang terpenting adalah pemilihan perabot. Ketika luas kamar terbatas, perabot yang dapat berperan ganda sangat penting, seperti tempat tidur tumpuk ini. Saat ditumpuk, tempat tidur dapat menjadi tempat tidur tunggal dan sofa. Jika tidak ditumpuk, Anda akan mendapatkan dua tempat tidur ukuran twin untuk tamu yang datang menginap. Anda tidak perlu membeli dua perabot karena dengan tempat tidur tumpuk Anda dapat memiliki ranjang serta sofa yang nyaman sekaligus. Tentunya hal ini akan lebih menghemat anggaran Anda.
Tempat tidur tumpuk sangat cocok digunakan di kamar kos atau apartemen tipe studio di mana Anda hanya memiliki satu ruangan saja untuk tidur dan menerima tamu. Pastikan perabot dibuat dari material yang ringan untuk memudahkan Anda mengubah fungsi perabot sesuai kebutuhan dengan mudah dan cepat. 
 

Penyimpanan dinding yang sempurna di kamar super kecil

Selamat datang di kamar super kecil yang pas untuk ranjang saja. Jika kamar Anda tidak memungkinkan untuk menambah lemari, maka perabot penyimpanan dinding dapat Anda manfaatkan, terutama jika Anda memiliki plafon yang cukup tinggi. Rak dan kabinet dinding dapat Anda gunakan untuk menyimpan berbagai barang penting. Pastikan Anda memilih kabinet dinding yang cukup dalam agar Anda dapat memuat lebih banyak barang. Jika Anda menggunakan kabinet atau rak dinding, pastikan Anda telah mengencangkannya pada tembok untuk menghindari resiko kabinet dan rak terjatuh.

Penyimpanan dinding memang sempurna digunakan ketika Anda merancang desain kamar tidur sempit karena tidak membutuhkan ruang di area lantai. Ada banyak pilihan penyimpanan dinding yang dapat Anda manfaatkan seperti kabinet dinding, rak dinding, ambalan rak, hingga papan berlubang.
 
 

Manfaatkan area plafon sebagai ruang penyimpanan

Banyak cara memanfaatkan setiap area untuk membuat desain kamar tidur sempit terasa lebih luas, salah satunya menggunakan area plafon sebagai tempat penyimpanan. Anda dapat menggunakan penyimpanan dinding dengan cara berbeda untuk menyimpan barang yang jarang terpakai. Pastikan Anda mengencangkan bautnya pada plafon agar tetap aman.
Gunakan kain panjang dan pengait untuk membuat sebuah kanopi tempat tidur yang menutupi area penyimpanan dan menciptakan kesan gaya di area plafon.
 

Tempat tidur tinggi, solusi cerdas untuk desain kamar tidur sempit

Bukan rahasia lagi kalau tempat tidur tinggi adalah solusi sempurna untuk desain kamar tidur sempit. Anda dapat memanfaatkan bagian bawah tempat tidur untuk banyak hal, mulai dari tempat belajar, tempat bersantai hingga sebagai lemari pakaian terbuka. Meski sering dianggap sebagai tempat tidur untuk anak-anak, namun tempat tidur tinggi juga dapat digunakan oleh orang dewasa. Namun, Anda perlu memastikan tempat tidur tinggi yang Anda beli sanggup menopang berat badan orang dewasa.
Anda dapat memasang pegboard atau ambalan rak di samping tempat tidur untuk meletakkan berbagai keperluan agar Anda tidak perlu menuruni tangga lagi setelah berada di atas ranjang.
 

Berbagi kamar tidur namun tetap terasa pribadi

Berbagi kamar tidur dapat memunculkan masalah privasi. Dengan menempatkan pembatas ruang, Anda dapat menciptakan sedikit privasi di kamar bersama ini. Tidak perlu membuat sekat, sebuah rak pakaian atau rak buku dapat menjadi pembatas ruang yang fungsional. Dengan memiliki pembatas ruang, Anda dapat tetap mengkreasikan ‘kamar pribadi’ meski harus berbagi ruangan. Cara ini dapat Anda gunakan ketika harus berbagi kamar kos atau saat Anda sedang merancang kamar bersama untuk anak-anak.
 

Simpan semuanya di bawah tempat tidur

Perabot multifungsi memiliki peran besar saat Anda merancang desain kamar tidur sempit. Misalnya rangka tempat tidur dengan ruang penyimpanan di dalamnya memungkinkan Anda untuk menyimpan seprai atau sarung bantal tambahan hingga pakaian musiman yang tidak muat di dalam lemari. Tempat tidur dengan ruang penyimpanan ini memungkinkan Anda untuk tidak membeli terlalu banyak perabot sehingga desain kamar tidur sempit Anda dapat terasa lebih luas.

Agar ruang penyimpanan di dalam tempat tetap rapi, Anda dapat memasukkan barang-barang ke dalam kotak sebelum menatanya di ruang penyimpanan tempat tidur. Dengan menggunakan kotak, Anda dapat mengelompokkan barang-barang agar lebih mudah ditemukan, misalnya kotak berisi pakaian dipisahkan dengan kotak berisi sarung bantal tambahan.
 

Jendela agar kamar sempit Anda tidak terasa pengap

Ketika merancang desain kamar tidur sempit, tidak hanya fungsi perabot namun unsur kesehatan dari ruangan juga perlu diperhatikan. Ruangan yang kecil kerap membuat udara di dalamnya menjadi pengap. Untuk itu diperlukan jendela sebagai sarana sirkulasi udara agar kamar Anda tetap terasa segar.

Selain menjaga sirkulasi udara, jendela juga memungkinkan cahaya matahari masuk ke dalam kamar. Pencahayaan alami tentunya sangat bermanfaat bagi ruangan Anda. Selain membuat kamar tidur menjadi tidak lembab, cahaya matahari juga dapat menghilangkan jamur hingga membunuh bakteri dan virus. Jika sedang tidak menginginkan sinar matahari atau membutuhkan privasi, Anda dapat menambahkan tirai pada jendela.
 

Warna putih untuk menciptakan kesan ruang lebih luas

Saat merancang desain kamar tidur sempit, pemilihan warna juga menjadi hal yang penting. Membuat kesan lega di sebuah kamar yang sempit dapat dimulai dengan pemilihan warna. Dominasi warna putih pada suatu ruangan terbukti dapat menciptakan kesan luas. Gunakan warna putih sebagai warna dinding dan perabot utama di kamar agar ruangan terlihat lebih lapang. Anda dapat menambahkan detail warna lain untuk membuat kamar terlihat lebih hidup.

Tak hanya menciptakan kesan luas pada ruangan, warna putih juga mudah dipadu-padankan dengan perabot serta aksesoris warna lainnya sehingga dapat selalu mengikuti perubahan selera desain Anda.
 

Pilih perabot multifungsi dan hemat ruang

Merancang desain kamar tidur sempit membutuhkan pemikiran seperti seorang minimalis. Pilihlah perabot yang benar-benar penting seperti tempat tidur dan lemari pakaian. Lebih baik lagi jika Anda memiliki perabot yang dapat berperan ganda, seperti tempat tidur yang memiliki ruang penyimpanan untuk menyimpan pakaian Anda. Dengan meminimalisir penggunaan perabot, Anda dapat menikmati ruangan yang lebih lega dan nyaman.
Merancang desain kamar tidur sempit mudah untuk dilakukan selama Anda dapat menyesuaikan perabot dengan rutinitas Anda di kamar. Ayo mulai rancang desain kamar tidur sempit versi Anda sendiri. Temukan berbagai perabot serta aksesoris yang Anda butuhkan di IKEA.
Kami yakin kreativitas selalu menginspirasi, dan IKEA bangga menjadi bagian dari kreasi dekorasi rumah Anda. Namun, jika perabot dimodifikasi sehingga mengubah fungsi asli, maka ini akan mengakhiri masa garansi.
 

Dibuat oleh

Penulis: Anita